Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa

Authors

  • Syahraini Tambak Universitas Islam Riau
  • Mawardi Ahmad Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Abd. Rahman bin Abd. Ghani Sultan Idris Education Unviersity, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885

Keywords:

Akhlak Aktual, Nilai-nilai Islam, Internalisasi, Guru Profesional, Madrasah

Abstract

Penelitian tentang akhlak telah banyak dilakukan, namun internalisasi nilai Islam dalam pengembangannya masih belum ditemukan. Penelitian ini bertujuan mengeksplor upaya guru madrasah menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam mengembangkan akhlak aktual siswa. Menggunakan penelitian studi kasus, dan wawancara mendalam pada 12 guru madrasah tsanawiyah, serta menganalisisnya dengan analisis kualitatif. Penelitian menghasilkan; Shalat dhuha dan fardhu berjamaah untuk mengelola jiwa syahwiya mengembangkan ’iffah, jud, syakha’, qana’ah, amanah, zuhud, rahmah, hilm, dan al-afwu; Shiyam sunnah dan tahfiz al-Qur’an untuk mengekang jiwa hammiya mengembangkan syaja’ah,adalah, ihsan, insyaf, rahmah, dan hilm; Muhadharah dan internalisasi Islam dalam pembelajaran, mendidik jiwa mufakkara, mengembangkan hikmah dan fathanah. Simpulannya, shalat dhuha, shalat fardhu berjamaah, shiyam sunnah, tahfiz al-Qur’an, muhadharah, dan internalisasi Islam dalam pembelajaran, mengembangkan ’iffah, jud, syakha’, qana’ah, amanah, zuhud, rahmah, hilm, al-afwu, syaja’ah, adalah, ihsan, insyaf, mujahadah, sabr, hikmah, fathanah, dan insyaf. Hasil penelitian ini berimplikasi pada teori upaya guru dalam internalisasi pengembangan akhlak di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Isfahani, al-Isfahani. al-Dhari’a ila Makarim al-Syari’ah. Abu Yazid al-“Ajmy (ed.). Kairo: Dar al-Wafa’, 1987.

Amri, Rido. Dampak pembiasaan Shalat Dhuha terhadap Akhlak Karimah Siswa di SMK Plus Al-Ghifari Bandung. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Amril. Akhlak Tasawuf: Meretas Jalan Menuju Akhlak Mulia. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Amril. Etika Islam: Telaah Pemikiran Filsafat Moral Raghib al-Isfahani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bekerjasama dengan LSFK2P, 2002.

Asyifa, Atinal. Pembiasaan Berpuasa Sunnah di Kalangan Santri Pondok Pesantren Putri Ath-Thohiriyyah Parakanonje Karangsalam Kidul Kedungbanteng Banyumas. Diss. IAIN Purwokerto, 2019.

Avivah, Nur. Pengaruh Zikir dan Shalat Fardhu Berjamaah terhadap Spiritual Quotient Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo, 2020.

Ayu, Sovia Mas, and Junaidah Junaidah. "Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini." Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8.2 (2018): 210-221.

Ayunda, Anisa Putri. Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Diss. IAIN, 2019.

Basuki, Danang Dwi, and Hari Febriansyah. "Pembentukan Karakter Islami melalui Pengembangan Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Najah Bekasi." Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 10.2 (2020): 121-132.

Bermi, Wibawati. "Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi." AL-LUBAB: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam 2.1 (2016): 1-18.

bin Abdul Rashid, Muhammad Shawal, and Tengku Aisha Tengku Mohd Azman. "Predicting the intention to cyberbully and cyberbullying behaviour among the undergraduate students at the International Islamic University Malaysia." International Journal of Education 2.5 (2017): 257-270.

Budianto, Ahmad. "Implementasi Shalat Dhuhur Berjamaah untuk Membentuk Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan." Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.1 (2020): 11-26.

Chen, Wei-Lin, and Yun-Wen Chan. "Can higher education increase students’ moral reasoning? The role of student engagement in the US." Journal of Moral Education (2020): 1-17.

Dian, Wahyu Binti Nurohmah. Peran Guru dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah di Mi Ma'arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo, 2018.

Firdaus, Rizki. Implikasi Shalat Sunah Dhuha pada Akhlak Siswa: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kota Bandung. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019.

Ganjvar, Mahdi. “Islamic Model of Children’s Spiritual Education (CSE); its influence on improvement of communicational behaviour with non-coreligionists.” International Journal of Children's Spirituality 24.2 (2019): 124-139.

Haibah, Mujahidatul, et al. "Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 23-32.

Hakim, Lukman. "Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya." Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim 10.1 (2012): 67-77.

Hartini, Nyimas. Pengaruh Kedisiplinan Salat dan Pembiasaan Puasa Sunah terhadap Akhlak Peserta Didik di MTs Al Mubaarak Kota Bengkulu. Diss. IAIN Bengkulu, 2015.

Husna, Asmaul. Pembiasaan Puasa Sunat dan Korelasinya dalam Membentuk Karakter Anak. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2016.

Ibnu Miskawaih, Abi ‘Ali Ahmad bin Muhammad bin Ya’kub. Tahzib al-Akhlak; Dirasatu wa Tahqiq ‘Imad al-Hilali. Bairut-Libanon: Jami’ Huquq al-Thab’i wa al-Nayr wa al-Iqtibas bi al-Lughat al-Arabiyah Mahfuzat Limansyurat al-Jamal, 2011.

Ibrahim, Anwar, Muhammad Sarbini, and Ali Maulida. "Implementasi Metode Pembiasaan Shalat Tahajud dan Puasa Senin-Kamis pada Pembentukan Akhlak Karimah di Sekolah Unggulan Islami Leuwiliang Bogor." Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1.2B (2019): 130-143.

Ikhsan, Muhammad. Pembinaan Pelaksanaan Shalat Fardhu Berjamaah bagi Siswa SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy di Aceh Besar. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2017.

Karim, Abdul. Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa di MTs PAB 2 Sampali. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2017.

Karjanto, Yusup. "Signifikasi Shalat Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro." EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya 1.1 (2018): 36-48.

Khoirum, Umi. Muhadharah sebagai Training Public Speaking di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Diss. IAIN BENGKULU, 2019.

Kurnia, Agnes Rizki. Strategi Pelatihan Muhadharah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kemampuan Dakwahbi Al-Lisan Santriputra. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

Laeheem, K. "Islamic Background of Thai Muslim Youth with Islamic Ethical Behaviour: A study of Muslim Youth in Three Southern Border Provinces of Thailand." Journal of Social Sciences & Humanities (2017): 1625.

Laila, Zahrah Nurnajmi. Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Akhlak Siswa di SMP Negeri 11 Kota Bogor. BS Thesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Maghfuroh, Annis. Pembiasaan Puasa Sunnah Senin Kamis pada Siswa Smp Alam Al Aqwiya Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Diss. IAIN, 2019.

Mamat, Mohd Nor, and Siti Fatahiyah Mahamood. "Islamic philosophy on behaviour-based environmental attitude." Asian Journal of Environment-Behaviour Studies 2.2 (2017): 81-91.

Maulida, Ali. "Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2.4 (2017): 414-423.

Md, Ak Mohd Aiman Pg Hj. "Personalities Development and Role of Teachers for Visual Impairment Student at Institute Tahfiz Quran Sultan Haji Hassanal Bolkiah." Journal of Quran Sunnah Education & Special Needs 4.1 (2020): 28-41.

Merriam, Sharan B. Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1998.

Miles, Matthew B, and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis:An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks.: Sage, 1994.

Mohamed, Sofiah, Kamarul Azmi Jasmi, and Muhammad Azhar Zailaini. "Akhlak Guru dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam." Akademika 86.2 (2016): 292-311.

Mu’awanah, Elfi. "Psychology Counseling of Sufistic Method for an EX-Hoodlum and Prostitute to Be Islamic Behaviour Shift (Quran Memorizers)." Psychology Research 8.11 (2018): 558-566.

Muspiroh, Novianti. "Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran IPA di sekolah." Quality 2.1 (2014): 168-188.

Ningsih, Wiji Astuti. Pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah kelas V di SD Islam Al-Madina Kota Semarang tahun 2016/2017. Diss. UIN Walisongo, 2017.

Nurani, Nira. "Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An Nuur Tahun Ajaran 2018-2019." Utile: Jurnal Kependidikan 5.2 (2019): 98-103.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation and Research Methods. London: Sage Publications, 2002.

Rosad, Wahyu Sabilar. “Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan.” Al-Muqkidz: Jurnal Kajian Keislaman 8. 1 (2020): 23-42.

Saani, Kholilur Rohman. Pengaruh Pembiasaan Shalat Fardhu Lima Waktu Berjamaah dalam Mencegah Kenakalan Santri Di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Sapitri, Indah Suci. “Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha Dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5. 1 (2020): 31-48, doi:10.35316/jpii.v5i1.246.

Seidman, I. E. Interviewing as a Qualitative Research: A Guide for Researches in Education and the Social Sciences. New York: Teachers College, Columbia Unversity, 1991.

Strauss, A. & J. Corbin. Basic Qualitatif Research: Grounded theory Procedures and Techniques. Newbury Park: Sage Publication, 1990.

Sulistiawati, Nengsih. Muhadharah Sebagai Latihan Pengembangan Kemampuan Berbicara Siswa (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lebak). Diss. Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN, 2017.

Tambak, Syahraini and Desi Sukenti. “Strengthening Islamic Behavior and Islamic Psychosocial in Developing Professional Madrasah Teachers.” Cakrwala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66.

Tambak, Syahraini, et al. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism." Akademika: Journal of Southeast Asia Social Sciences and Humanities 90.2 (2020): 27-38.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga“ Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20.

Usman, Muhammad, and Anton Widyanto. "Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe." DAYAH: Journal of Islamic Education 2.1 (2019): 36-52.

Vojdani, Fatemeh, and Kavoos Roohi Barandagh. "Respect for Others from Attitude to Behaviour an Islamic View." European Journal of Science and Theology 14.4 (2018): 151-164.

Warasto, Hestu Nugroho. "Pembentukan Akhlak Siswa." Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi 2.1 (2018): 65-86.

Zahara, Aulia. Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Diss. IAIN BENGKULU, 2020.

Zainuddin, Zainuddin. "Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3.2 (2019): 216-229.

Zuhdi, Muhammad, Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Shalat Dhuha di SMP Muhammadiyah 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas. Diss. IAIN, 2019.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

Tambak, S., Ahmad, M., Sukenti, D., & Abd. Ghani, A. R. bin. (2020). Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 79–96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885