Membedah Corak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Konsep Pendidik Muhammadiyah)

Authors

  • Yunita Furi Aristyasari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Restu Faizah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5872

Keywords:

Konsep Filsafat, Pendidik Muhammadiyah, Ahmad Dahlan

Abstract

Salah satu yang menjadi persoalan filosofis pendidikan adalah perbincangan mengenai pendidik. Muhammadiyah yang lebih dari satu abad belum memiliki sebuah rumusan ideal yang terkonsep dengan jelas dan tersistematis mengenai pendidik. Tulisan yang berkaitan dengan topik ini masih tersebar dalam beberapa dokumen Muhammadiyah maupun tulisan dari beberapa ahli atau pemerhati pendidikan Muhammadiyah. Tulisan ini bertujuan untuk membedah corak filsafat pendidikan Muhammadiyah sehingga dapat ditemukan corak pendidik Muhammadiyah sekaligus mengelaborasi sebuah tawaran konsep pendidik Muhammadiyah. Tulisan ini merupakan hasil penelitian dengan metode kualitatif menggunakan kajian kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis hermeneutis untuk menguji pandangan filosofis. Temuannya adalah bahwa pendidik Muhammadiyah dapat dikatakan bercorak Islamis rasional dan pragmatis. Dari perspektif teori kontemporer, ia memiliki corak esensialis, progresif, dan rekonstruksionis. Pendidik haruslah orang yang memiliki keikhlasan, berorientasi pada amal nyata dan kebermanfaatan bagi orang lain, dan memiliki karakter inovatif, kreatif dalam menghadapi tantangan dan problema kehidupan, terutama di era digital seperti saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammadiyah di Tengah Pandemi-Berita Muhammadiyah.” Menjaga Kualitas Pendidikan Muhammadiyah di Tengah Pandemi-Berita Muhammadiyah, 2020.

Indonesia, Presiden Republik. "Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen." (2006).

Al Faruq, Umar. “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, vol. 18, no. 1, 2020, pp. 013–030.

Ali, Mohamad, and Marpuji Ali. "Filsafat Pendidikan Muhammadiyah: Tinjauan Historis Dan Praksis." (2004).

Ali, Mohamad. "Menyemai guru Muhammadiyah berkemajuan di sekolah Muhammadiyah." Ishraqi 1.1 (2017): 1-10.

Al-Syaibany. Omar Muhammad al-Toumy. Falsafah Pendidikan. Bulan Bintang, 1979.

Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan Pengantar Mengenai Sistem Dan Konsep. 1982.

Boiliu, Noh Ibrahim. “Peran Pendidik Terhadap Kelakuan Murid Dalam Perspektif Filsafat Esensialisme.” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2, Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Kristen lndonesia, July 2013, pp. 65–71.

Hamdan. Paradigma Baru Pendidikan Muhammadiyah. Ar-Ruzz Media, 2009.

Izzan, Ahmad. Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Humaniora, 2016.

Jamali, Arif, and Lantip Diat Prasojo. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 1, 2013, pp. 8–21.

K.R.H. Hadjid. Ajaran K.H. Ahmad Dahlan Dengan 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an. PWM Jawa Tengah, 2004.

Knight, George R. Filsafat Pendidikan (Issues and Alternatives in Educational Philosphy). Translated by Mahmud Arif, Gama Media, 2007.

Kurniawan, Asep. Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, 2018.

Majid, Nuur Wachid Abdul. “Pendidikan Berkemajuan: Konsep Pemikiran KH Ahmad Dahlan dalam Menghadapi Era Multidigital Artikel Muhammadiyah, 2020.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.” Yogyakarta: PP Muhammadiyah, 2010.

Muhmidayeli. FIlsafat Pendidikan. Refika Aditama, 2013.

Mulkhan, Abdul Munir, and Robby Habiba Abror. Jejak-Jejak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah: Membangun Basis Etis Filosofis Bagi Pendidikan. Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, 2019.

Mulkhan, Abdul Munir. Memahami Fungsi FPI Dan FPM. Webinar “FIlsafat Pendidikan Islam Berkemajuan,” Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Muttaqin, Labib. "Aplikasi Teori Double Movement Fazlur Rahman Terhadap Doktrin Kewarisan Islam Klasik." Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 7.2 (2013): 195-206.

Nasional, Kementrian Pendidikan. “Permendiknas No. 16 Tahun 2007.” Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas, 2007.

Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2015.

Ridla, Muhammad Jawwad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis -Filosofis. Translated by Mahmud Arif, Tiara Wacana, 2002.

Sayuti, Muhammad, et al. Adab Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Dan ’Aisyiyah. Majelis Diktilitbang PP Muhammadiya, 2020.

Setiawan, Farid. "Kebijakan pendidikan Muhammadiyah terhadap ordonansi guru." Jurnal Pendidikan Islam 3.1 (2014): 47-70.

Suara Muhammadiyah. “Pendidikan dan Keadaban Bangsa.” Suara Muhammadiyah, vol. 12, June 2019, p. 08.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Rosdakarya, 1994.

Downloads

Published

22-12-2020

How to Cite

Aristyasari, Y. F., & Faizah, R. (2020). Membedah Corak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Konsep Pendidik Muhammadiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 129–143. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5872