Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5838Keywords:
Metode Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah al-KalamAbstract
Maharah al-kalam merupakan kemahiran yang sifatnya produktif, menyampaikan informasi kepada orang lain dalam bentuk bunyi bahasa, untuk mewujudkannya di butuhkan suatu metode yang tepat yaitu metode komunikatif. Di FAI UIR ada lembaga pusat bahasa yang merupakan sarana untuk pengajaran dan pengembangan bahasa asing diantaranya bahasa Arab yang bernama CELAD. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tutor pusat bahasa CELAD yang berjumlah 5 orang dan objeknya adalah Mahasiswa FAI terdiri dari program studi PAI, Ekis, PIAUD dan PBSy yang berjumlah 327orang. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab CELAD FAI UIR menggunakan metode komunikatif, yang menekankan aspek keaktifan mahasiswa dalam berbicara, lebih banyak praktis secara lisan dibandingkan tulisan, dan menghafalkan mufradat kemudian mempraktekkannya. Proses Pembelajarannya sangat kreatif, Inovatif dan menyenangkan sehingga mahasiswa bisa lancar dan mahir dalam berbahasa Arab. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu Pimpinan (Kebijakan), Tutor (Metode), Mahasiswa (Motivasi), Modul (Buku Teks).
Downloads
References
Ahmad, Mawardi, Ismail Akzam, and Yenni Yunita. "Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 16.1 (2019): 58-77.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Arsyad, A. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003.
Cahyani, Isah dan Dari Hadianto “Rekonstruksionisme: Metode komunikatif dalam Pemerolehan dan pembelajaran bahasa untuk mengembangkan Kemampuan berbahasa. “ Jurnal KATA: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra 2.2 (2018): 118-123.
Effendy, A. F. Metode Pengajaran. Malang: Misykat, 2005.
Hamid, M,.& Fatimah, S.” Development of Arabic Conversation Material Based on Communicative-Interctive Approach.” Journal Of Arabic Learning, (2002): 46-63.
Hamzah. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hermawan, Acep. Metode Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora. 2011.
Makinuddin, M. “Metode Pengajaran Bahasa.” Jurnal Studi Islam, MIYAH: (2017).
Mawanti, D.” needs analysis of the islamic arabic material teaching based on communiative for university students.” jurnal pendidikan Islam, (2019): 253-274.
Minatullah, Minatullah. Upaya Meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa melalui penerapan metode komunikatif (studi kasus di SDI Surya Buana Malang) Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.
Nalole,D.“Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah AL-Kalam) Melalui metode Muhadtsah dalam Pembelajran bahasa Arab.”Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, (2018): 129-145.
Pebrian, Rojja. et al. "Efektifitas Penggunaan Direct Method dalam Pengajaran Bahasa Arab di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau." El-Ibtikar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9.1 (2020): 196-211.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Wahab, A. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. (2015).
Wahab, Muhbib Abdul. "Peran bahasa Arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam." Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1.1 (2014): 1-20.
Yunita, Yenni, Ismail Akzam, and Rojja Pebrian. "Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.2 (2019): 54-62.
Yunita, Yenni, Rojja Pebrian, and Ismail Akzam. "Pembentukan Karakter Murid Pada SDIT Bunayya Pekanbaru melalui Program Monitoring Sekolah." Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2019): 134-139.