Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis)

Authors

  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768

Keywords:

Manusia, Kurikulum

Abstract

Peneitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara manusia dan kurikulum serta bagaimana bentuk kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan manusia itu sendiri.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam penyusunan sebuah kurikulum haruslah mengacu kepada apa yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk menjawab apa yang dibutuhkan oleh manusia maka haruslah digali siapa manusia itu sebenarnya melalui term-term yang digunakan dalam Al-Quran. Banyak istilah yang digunakan Al-Quran untuk menunjukkan manusia seperti al-Ins, al-Insan, al-Basyar, Bani Adam. Term-term ini memberikan pengaruh dan dampak dalam penyusunan kurikulum. Karena jika tidak bertolak dari term ini dalam penyusunan kurikulum, kurikulum itu sendiri akan kurang bermanfaat bagi peserta didik. Penyusunan kurikulum yang berdasarkan terminolog manusia menurut Al-Quran akan dapat meminimalisir kesalahan dalam penyusunan kurikulum itu sendiri. Dengan menggunakan pendekatan terminology yang berasal dari Al-Quran, maka kurikulum tersebut akan sejalan dengan fitrah yang ada pada diri manusia itu sendiri. Sehingga kurikulum pendidikan tersebut dapat mengakomodir nilai-nilai insaniyah yang ada pada manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahid, Nur. "Konsep dan teori kurikulum dalam dunia pendidikan." Islamica: Jurnal Studi Keislaman 1.1 (2006): 12-29.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. "Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA." Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6.1 (2020): 41-53.

Asri, M. "Dinamika kurikulum di Indonesia." Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 4.2 (2017): 192-202.

Bahri, Syamsul. "Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya." Jurnal Ilmiah Islam Futura 11.1 (2017): 15-34.

Ibrahim, R. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

Lazwardi, Dedi. "Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan." Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7.1 (2017): 119-125.

Marzuki, Bakri. "Falsafah Kurikulum Dalam Pendidikan Islam." Hunafa: Jurnal Studia Islamika 5.1 (2008): 23-36.

Nahdiyyin, Khairon. "Struktur Semantik Konsep Manusia Dalam Al-Qur'an." Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 4.2 (2009).

Ritonga, Maimuna. "Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Hingga Masa Reformasi." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5.2 (2018).

Rizal, Syamsul. "Melacak Terminologi Manusia Dalam Alquran." At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir 2.2 (2017): 221-232.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. "Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA." Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6.1 (2020): 41-53.

Siregar, Eliana. "Hakikat Manusia (Tela’ah Istilah Manusia Versi Al-Qur’an dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam)." Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 20.2 (2017): 48-67.

Subiyantoro, et.al. Pengembangan Kurikulum: Suatu Kajian Teori dan Praktik Pada Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Samodra Ilmu, 2015.

Syafei, Isop. "Hakikat Manusia Menurut Islam." Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 6.1 (2013): 743-755.

Zed, M. Metode peneletian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

21-12-2020

How to Cite

Firdaus, F. (2020). Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Aksiologis). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768