Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal dalam Pembelajaran Fiqh di Masa Pandemi Covid-19

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Halim Purnomo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Guru Pendidikan Islam, Pembelajaran Fiqh, Covid-19

Abstract

Penulisan ini bertujuan menganalisis peran dan strategi guru dalam pembelajaran fiqh pada masa pandemi saat ini. Produktifitas pembelajaran guru PAI biasa dipengaruhi pada efektivitas penggunaan strategi belajar. Pada pembelajaran fiqh memiliki corak tersendiri, sehingga guru PAI harus benar-benar dapat menentukan model dan strategi yang tepat dan efektif. Selain itu, pola efektivitas belajar yang diterapkan saat ini belum sepenuhnya efektif, bisa disebabkan kurangnya kreativitas atau strategi yang mempuni untuk diterapkan saat pembelajaran. Saat pandemi saat ini, banyak sistem pembelajaran yang dilakukan secara virtual atau online, yang memiliki berdampak positif untuk berlangsungnya pembelajaran, namun di lain sisi juga memiliki dampak negatif, disebabkan karena beberapa faktor yang menghambat proses pembelajaran secara virtual tersebut. Maka, penulisan  ini bermaksud untuk mengetahui bentuk optimalisasi guru PAI yang ideal dalam penerapan pembelajaran fiqh khususnya di masa pandemi saat ini dengan aktualisasi pembelajaran secara produktif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Ema, and Ibrahim Ibrahim. “Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dengan Mengunakan Metode Demonstrasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 3.1 (2017): 98–107.

Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8.2 (2017): 227–47.

Hikmat Kamal. “Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Rausyan Fikr 14.1 (2018): 19–29.

Imam Hanafi. “Orientasi Fikih Dalam Pendidikan.” Al-Fikra, Ilmiah Keislaman 11.1 (2012): 16–35.

Khusna, Nidhaul. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi.” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8.2 (2016): 173.

Mansir, Firman, and Halim Purnomo. "Islamic Education Learning Strategies Based on Multiple Intelligences in Islamic School." Psikis: Jurnal Psikologi Islami 6.1 (2020): 48-57.

man, Halim Purnomo, and Tumin Tumin. "Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sains Budaya Lokal Di Sekolah Dan Madrasah." Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 7.1 (2020): 70-79.

Mawarni, Sella, and Ali Muhtadi. "Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4.1 (2017): 84-96.

Ainiyah, Nur. "Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam." Al-Ulum 13.1 (2013): 25-38.

Nurlindah, Muh. Khalifah Mustamin, Musdalifah. “Manajemen Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Idaarah 4.1 (2020): 40–51.

Purnomo, Halim, et al. "Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19." Jurnal Tarbiyatuna 11.1 (2020): 91-100.

Saleh, Marhamah. “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning.” Jurnal Ilmiah Didaktika 14.1 (2013): 190–220.

Shaifudin, Arif. “Fiqih Dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat Dan Objek Ilmu Fiqih.” Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam 1.2 (2019): 197–206.

Siswadi. “Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Life Skill di MI Al-Hasan Kec. Sumpiuh Kabupaten Banyumas.” JPA 17.2 (2016): 251–71.

Susilo, Adityo et al. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7.1 (2020): 45.

Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i 7.5 (2020): 395–402.

Published
2020-12-21
Abstract viewed = 811 times
PDF downloaded = 1006 times