Konstruksi Manajemen Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama Islam

Authors

  • Irma Suryani Siregar Sekolah Tinggi Agama Islam Mandailing Natal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5632

Keywords:

Konstruksi, Manajemen, Kurikulum

Abstract

Kurikulum merupakan instrumen penting dalam sebuah perguruan tinggi, karena kurikulum tersebut merupakan salah satu aspek penting untuk bisa melahirkan lulusan yang berkompetensi yang dilandasi iman dan takwa serta berakhlakul karimah. dengan kata lain menghasilkan mahasiswa yang memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, afektif, psikomotorik dan spiritual. Oleh karena itu PTAI termasuk UIN Malang harus bisa memenej kurikulumnya dengan baik dan benar supaya mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, afektif, psikomotorik dan spiritual.  Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Data diperiksa apakah sudah benar, cocok dan handal melalui proses kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian ini adalah bahwa manajemen kurikulum di UIN Malang adalah dengan menerapkan integrasi ilmu dan Islam dalam tahapan-tahapan manajemennnya, baik dalam perencanaan, pengimplementasian dan evaluasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.F, Stoner James. Manajemen. Terj. Alfonsus Sirait. Jakarta: Erlangga, 1996.

Al-Thabrani. Mu'jam Al-Ausath, juz 2, Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005.

Antonio, Muhammad Syafi’i dan Tim Tazkia, Kepemimpinan dan Pengembangan Diri; Self Leadership dan Personal Development; Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW “The Super Leader Super Manager”. Jakarta Selatan: Tazkiyah Publishing, 2011.

Fathani, Abdul Halim. Ensiklopedi Hikmah; Memetik Buah Kehidupan di Kebun Hikmah. Yogyakarta: Darul Hikmah, Tt.

Firdaus, Firdaus. "Dasar Integrasi Ilmu dalam Alquran." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 16.1 (2019): 23-35.

Hamalik, Oemar. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran; Dasar dan Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Bandung: Trigenda Karya, 1994.

Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 1986.

Hasan, S Hamid, Evaluasi Kurikulum. Bandung: SPS UPI kerjasama dengan Remaja Rosdakarya, 2008.

Hidayat, Fahri. "Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan." Jurnal Pendidikan Islam 4.2 (2015): 299-318.

Kartanegara, Mulyadhi. Kata Pengantar, dalam Zaghul An-Najjar. Sains dalam Hadits; Mengungkap Fakta Ilmiah dari kemukjizatan Hadits Nabi. Jakarta: Amzah, 2011.

Kunaefi, Tresna Dermawan, et. al. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum). Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2008.

Muhaimin, dkk, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Muhaimin, Pengembangan Pendidikan Ulul Albab di UIN Malang dalam M.Zainuddin dkk. Memadu Sains dan Agama Menuju Universitas Islam Masa Depan. Malang: UIN Malang Press, 2004.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nasution S., Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Richard, L. Daft, Manajemen, Terj. Emil Salim, et. al. Jakarta: Erlangga, 2002.

Rusman, Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Syarifuddin, Yahya Ibn, Hadits Arba’in Annawawi Nomor 17.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bandung: Fokusmedia.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 19.

Usman, Husaini, Manajemen; Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2001.

Downloads

Published

14-12-2020

How to Cite

Siregar, I. S. (2020). Konstruksi Manajemen Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 43–55. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5632