Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341Keywords:
Pendidikan, Karakter, Peserta DidikAbstract
Masalah penelitian ini adalah mengungkapkan masalah yang terjadi tentang beberapa karakter peserta didik di madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembiasaan dalam membentuk karakter peserta didik di madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Kemudian metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Maka dari itu didapatkan hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan karakter ini meliputi menerapkan pertama, nilai peribadahan seperti sholat berjama’ah, sholat sunnah, membaca Al-Qur’an, dan bersholawat. Kedua, pembiasan kepribadian individu seperti berbicara jujur, sopan santun, disiplin, dan suka menolong. Ketiga faktor yang mendukung yaitu dari Usaha pendidik dan kemauan peserta didik dengan cara metode keteladanan. Faktor penghambatnya yaitu dari lingkungan dan individu yang belum bisa mengontrol kemauannya untuk hidup bebas. Kesimpulannya yaitu dengan demikian ditambah memaksimalkan pembiasaan pembentukan karakter dengan cara menerapkan pembiasaaan nilai peribadahan dan kepribadian di kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Abbdullah, Yatimin. Studi Akhlak Dalam Prespektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2007.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Basri, Hasan. Penanaman Nilai-nilai Multicultural Melalui Pendidikan Agama Islam di SMK Triatma Jasa Semarang. Tesis, UIN Walisongo Semarang, 2017.
Chemamad, MR Chemuhammad. Keteladanan guru dalam membentuk Akhlak karimah peserta didik TPQ Al-Falah Perrumahan Bakti Persada Indah (BPI). Semarang, 2017.
Fajrussalam, Hisny, Uus Ruswandi, Mohammad Erihadiana. “Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Di Jawa Barat.” Jurnal Edueksos 9.1 (2020) : 4-5.
Haeruddin. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” al-thariqah 4.1 (2019): 2-6.
Hakim, Rosniati. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Karakter IV.2, (2014) : 1-2.
Hasan Baharun dan Mahmudah. “Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren”. Jurnal Mudarrisuna 8.1 (2018): 2-4.
Hendriana, Evinna Cinda, Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1.2 (2016): 4-7.
Hidayat, Nur. “Implementasi Pendidikan Karakterr Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2.1 (2016): 9-11.
Isna Aunillah, Nurla. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana, 2011.
Jusar, Ira Rahmayuni. “Implikasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta”. Artikel.
Miftah Syarif, Hamzah, Mustofik. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMK Hasanah Pekanbaru”. Jurnal Al-Thariqah 1.1 (2016): 6-8.
Muntaqo, Rifqi. “Tradisi Isra’ Mi’raj Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Millenial.” Jurnal Paramurobi 1.2 (2018): 4-7.
Qonita, Alya. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta : PT indah jaya, 2011.
Rosikum. “Peran Keluarga Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak”. Jurnal Kependidikan 6.2 (2018): 12-13.
Sa’adillah, Rangga. “Pendidikan Karakter Menurut Kh. Wahid Hasyim.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3.2 (2015): 6-7.
Soleha, Adian Husaini, Endin Mujahidin, Didin Saefuddin. “Implementasi Pengembangan Karakter Keagamaan Dan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini.” Ta’dibuna 4.2 (2015): 5-6.
Sugiono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Tarsono. “Character Building Pada Manusia”. Jurnal Ilmiah Psikolog 1.1 (2014): 3-4.
Undang- Undang Ri No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendiidkan Nasional RI, 2013.
Zakky Mubarok, Ahmad. “Model pendekatan pendidikan karakter di pesantren terpadu”. Jurnal Ta’dibuna 8.1 (2019): 1-2.