Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School di Sekolah Umum

Authors

  • Abdul Rahim Karim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).5082

Keywords:

Reafirmasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap bagaimana pendidikan agama Islam dalam sistem boarding school di sekolah yang bercirikan umum yaitu di SMA Negeri 5 Parepare dan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Metode yang digunakan untuk mejawab permasalahan penelitian ini adalah kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induksi analitis termodifikasi dan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data melalui kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman bahwa program penguatan yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan boarding school terdiri dari program harian, program mingguan, dan program tahunan. Selain itu, upaya penguatan yang dilakukan dalam menguatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan boarding school terdapat di dalam kelas serta di lingkungan sekolah dan asrama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Asrori, Muhammad Ali dan Mohammad. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Biklen, Robert Bogdan dan Sari Knopp. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn Bacon Inc, 1982.

Djamas, Nurhayati. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo, 2009.

Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Maslihah, Sri. “Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat.” Jurnal Psikologi Undip 10.2 (2011): 103-114.

Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Muhaimin. et. al. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nazarudin. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2007.

Qomar, Mujamil. Pesantren dan Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2006.

Rizkiani, Anisa. “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut).” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 6.1 (2012): 10-18.

Shadily, John M. Echols dan Hassan. Kamus Inggris-Indonesia. Cet. XXVI, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Tafsir, Ahmad. Berbagai Permasalahan Dalam Pendidikan Agama Islam. Bandung: IAIN Sunan Gunung Djati, 1997.

Ulfatin, Nurul. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative, 2015.

Wijaya, Cece. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Zakiyah, Naili, Frieda Nuzulia Ratna Hidayati, dan Imam Setyawan. "Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang." Jurnal Psikologi Undip 8.2 (2010): 156-167.

Zamzami, M. Cholid. "Penguatan pengalaman keagamaan di sekolah." J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.2 (2015). 293-310.

Downloads

Published

05-07-2020

How to Cite

Karim, A. R. (2020). Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).5082