Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Keywords:

Reward, Punishment, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui esensi sebuah reward dan punishment dalam khazanah pendidikan Islam. Kesalahan dalam memberikan reward dan punishment terkadang membuat rusaknya interaksi pedagogis antara guru dan juga siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitain kualitatif dengan pendekatan library research. Karena penelitian ini dalam bentuk penelitian pustaka, maka data diambil dari sumber-sumber buku ataupun jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa dalam menggunakan metode reward dan punishman haruslah mengikuti rambu-rambu dan juga aturan-aturan yang ada. Pemberian reward dan punishment yang tidak mengikuti aturan akan menimbulkan suatu konflik antara siswa dan siswa bahkan antara siswa dengan guru itu sendiri. Dalam pemberian reward haruslah murni sebagai motivasi bagi peserta didik. Motivasi yang mengantarkan jauh lebih baik dalam menjalani proses belajar mengajar. Demikian pula dalam pemberian punishment kepada peserta didik haruslah dilakukan dalam upaya pencegahan dari berbuat salah dan kelalaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuni, Qurrata. "Urgensi Reward dalam Pendidikan." Serambi Tarbawi 1.1 (2013).

Bafadhol, Ibrahim. "Sanksi dan Penghargaan dalam Pendidikan Islam." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 4.08 (2017): 15.

Baroroh, Umi. "Konsep Reward Dan Punishment Menurut Irawati Istadi (Kajian Dalam Perspektif Pendidikan Islam)." Jurnal Penelitian Agama 19.2 (2018): 48-64.

Fauzi, Muhammad. "Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan Islam." Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam 1.1 (2016): 29-49.

Hamid, Rusdiana. "Reward dan punishment dalam perspektif pendidikan islam." Ittihad: Jurnal Komunikasi dan Informasi Antar PTAIS-KOPERTAIS XI 4.5 (2006): 65-76.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. "Heuristik dalam pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya di sekolah dasar." Jurnal Elektronik. Universitas Pendidikan Indonesia (2011): 1-11.

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Karya, 1985.

Rakhil, Fajrin. "Urgensi Reward dan Punishment dalam Pendidikan Anak Perspektif Psikologi Perkembangan." Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan dan Hukum Islam 1.1 (2015): 31-47.

Salminawati. "Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Di Madrasah Se-Kota Medan." Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 2.1 (2019): 1-13.

Setiawan, Wahyudi. "Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam." Al-Murabbi 4.2 (2018): 184-201.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

21-06-2020

How to Cite

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882