Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854Keywords:
Orang Tua, Guru, Karakter IslamiAbstract
PAUD Sekato merupakan lembaga PAUD dengan kurikulum umum, namun lingkungan daerah tersebut penduduknya mayoritas beragama Islam, materi pendidikan agama Islam hanya diberikan dalam materi umum untuk menunjang pemahaman siswa secara sederhana. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kontribusi peran orang tua dan guru dalam pembentukan karakter Islami serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif. Subyek penelitian yaitu orang tua, guru dan kepala sekolah PAUD Sekato Desa Mandiangin, Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Penelitian ini memaparkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang mendalam untuk dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi peran orang tua dan guru dalam pembentukan karakter Islami siswa PAUD Sekato dengan mengajarkan menerapkan nilai-nilai karakter yang berlandaskan Islam, dan memantau perkembangan siswa, (2) Faktor yang mempengaruhinya adalah dukungan orang tua, kedisiplinan, profesionalisme guru, keteladanan, dan media sosial. Sedangkan faktor penghambatnya, adalah media massa, belum terselenggaranya program parenting, ada sebagian siswa yang lingkungannya tidak menceriminkan karakter Islami.
Downloads
References
Alwi, B. Marjani.. Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpang Anak, Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Billah, Arif. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, 1.2 (2016): 243-272.
Getting, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Beretika. Yogyakarta: Graha Guru, 2014.
Ismail, Muhammad Ilyas. Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Kementerian Agama. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Darus Sunnah, 2015.
Khan, Sumbul Ansar. Role of Islamic Education in character building of the young generation: A case study from secondary level institutes of Karachi. Educational Research International 3.2 (2014): 97-105.
Kusumandari, Rafika Bayu. Character Education Model for Early Childhood Based on E-Learning and Culture of Java. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 2.1 (2013): 20-28.
La Fua, Jumarddin, et al. Strategy of Islamic Education in Developing Character Building of Environmental Students in Indonesia. In: IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing, 2018. p. 012149.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Nadlifah, Suismanto, Hafidh ‘Aziz. Pengantar ke Arah Ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Kajian Normatif Ayat dan Hadis Tarbawi tentang Pendidikan Anak. Yogyakarta: Istana Agenc, 2019.
Najib, M., Novan Ardy Wiyani, Sholichin. Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016.
Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitriani. "Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas)." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.1 (2018): 13-19.
Salim, Moh. Haitami. Pendidikan Agama Dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Satriani, Andi. Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Kota Makasar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2017.
Sriwahyuni, Ery. Pembentukan Karakter Islami pada Anak Putus Sekolah (Studi Kasus di Pondok Pesantren API Darussalam Pulungsari Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Fakultas Ilmu Sosial, 2015.
Ulya, Machya Afiya. Penanaman Karakter Islami melalui Program Hafalan Takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang Tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walosongo Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015.
Wahyuni, Ida Windi. "Penerapan Nilai-Nilai Moral pada Santri TPQ Al-Khumaier Pekanbaru." Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1.1 (2018): 51-61.
Zaedi, Muhamad, and Redha Dwi Rizkia. "Analisis Model Pembelajaran Berkarakter dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa)." Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 5.2 (2019): 20-39.