Upaya Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Melalui Strategi Pembelajaran PAI Berbasis DDCT Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam

Authors

  • Nur'aini Nur'aini Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina-Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4682

Keywords:

Metakognisi, Strategi Pembelajaran, Deep Dialog Critical Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi mahasiswa melalui strategi pembelajaran PAI berbasis DDCT. Dengan demikian masalah utama yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan metakognisi mahasiswa melalui strategi pembelajaran PAI berbasis DDCT pada mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina-Batam. Melalui pendekatan kuantitatif, pretes dan postes desain diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan metakognisi mahasiswa secara umum berada pada kategori “tinggi”, yaitu sebanyak 18 orang atau sekitar 47,37%, adapaun mahasiswa dengan kategori “sedang” sebanyak 11 orang atau sekitar 28,94%. Sedangkan kelompok mahasiswa dengan kategori ‘rendah” sebanyak 9 orang atau sekitar 26,68%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan metakognisi mahasiswa sudah sangat baik. Data tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran DDCT secara efektif mampu meningkatkan kemampuan metakognisi mahasiswa. Terkait dengan hasil penelitian ini, maka diakhir penelitian perlu disarankan antara lain perlu dilakukan peningkatan kemampuan metakognisi melalui mata kuliah yang lain guna memastikan bahwa setiap sarjana memiliki kemampuan metakognisi sebagai bagian dari karakter seorang sarjana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuni, A. Q., & Budiwibowo, S. "Pengaruh Metode Diskusi Dengan Model Pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue-Critical Thinking) Dengan Pemberian Penguatan Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi Smkn 1 Geger Madiun". Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan 3.2 (2014): 75-84.

Agustina, Mahromah, L. "Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Mathedunesa 2.1. (2013): 1-8.

Aini, Q. "Pengaruh Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Ekonomi Di MA NW Suralaga". JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) 2.1. (2018): 60-71.

Ainun, Fauziah, H., Putri Setyowati, A., Dewantari, R., Dwi Wulandari, A., & Adi Prayitno, B. "Profil Kesadaran Metakognisi Siswa di salah satu SMA Swasta di Sragen". Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 3. 2 (2019): 21-19.

Anggo, M. "Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika". Edumatica 1.1. (2011): 25-32.

Anggo, M., Salam, M., Suhar, dan Santri, Y. "Strategi Metakognisi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa". Jurnal Pendidikan Matematika 5.2. (2014): 84-91.

Anita, A.-, & Assagaf, S. L. H. "Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Calon Guru". VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 10.1. (2019): 61-65.

Ardhianingtyas, N., dan Susilo, H. M. "Hubungan Konsep Diri dan Metakognitif dengan Prestasi Belajar Di AKBID Ummi Khasanah". Prosiding: Seminar Nasional Dan Presentasi Hasil - Hasil Penelitian Pengabdian Masyarakat (2017): 189-198.

Artelt, C., dan Neuenhaus, N. "Metakognition und Leistung. Schulische Lerngelegenheiten Und Kompetenzentwicklung". Jerman: Festschrift Für Jürgen Baumert, 2010.

Artelt, C., Weinert, S., dan Händel, M. "Assessing metacognitive knowledge: Development and evaluation of a test instrument Erfassung metakognitiven Wissens: Entwicklung und Evaluation eines Testinstruments usammenfassung". Journal for Educational Research Online Journal Für Bildungsforschung Online 5.2. (2013): 162-188.

Arthana, K. P. "Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking". Jurnal Teknologi Pendidikan 10.1 (2010): 16-21.

Brüchner, K. "Metakognition und Lernen in Chemie Studien zur Domänengeneralität versus Domänenspezifität und Förderung der Metakognition beim Lernen in Chemie". Philosophische Fakultät. 2007.

Cubukcu, F. "Metacognition in the classroom". Procedia - Social and Behavioral Sciences 1 (2009): 559–563.

Danial, M. "Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar". Jurnal Ilmu Pendidikan 17.3 (2010): 225-229.

Danial, M. "Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa". Chemica 11.2 (2010b): 1-10.

Erwinsyah, E. "Pengembangan Modul Fisika Materi Momentum dan Impuls Berbasis Metakognisi untuk Siswa Kelas XI SMA PGRI Tanjung Pandan Belitung". Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika 2.2 (2015): 29-34.

Hanafy, M. "Konsep Belajar Dan Pembelajaran". Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. 17.1 (2014): 66-79.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi. 27.2. (2019): 187 – 203.

Kunci, K. "Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif Dalam Perspektif Al-Qur’an". At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. 2.2. (2014): 117-136.

Labuhn, A. S., Zimmerman, B. J., dan Hasselhorn, M. "Enhancing students’ self-regulation and mathematics performance: The influence of feedback and self-evaluative standards". Metacognition and Learning. 5 (2010): 173–194.

Lai, E. R. "Metacognition: A Literature Review Research Report". Research Reports, 2011.

Mochammad, Arif. "Pendidikan Agama Islam". Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 2017.

Moritz, S. "Metakognition — Psychologie. In Neuropsychologie der Schizophrenie", 2017.

Rhodes, M. "Metacognition. Teaching of Psychology.", 2019.

Romli, M. "Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika". Aksioma. 1.2 (2012): 1-16.

Saemah, R., John Arul Philips. "Hubungan antara kesedaran metakognisi, motivasi dan pencapaian akademik pelajar universiti" 1 (2006): 21-39.

Utama, F. "ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak". Journal of Early Childhood Care and Education. 1.1 (2018): 7-12.

Yuliani dan Indah, N. K. "Validitas dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Strategi Belajar Metakognisi KWL (Know-Want-Learned) Pada Submateri Katabolisme Karbohidrat". BioEdu. 5.3. (2016): 314-320.

Zahary, M. "Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Self Regulated Learning". Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny. M.35. (2015): 231-236.

Katsir, I. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafii, 2013.

Nudin. Urgensi Penanaman Sifat Amanah pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Wadiabero Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah. Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2018.

Pulungan, S. Wawasan Tentang Amanah dalam Al-Quran. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2006.

Purwanto, M. N. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya., 2006.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Sugiyono. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Downloads

Published

16-06-2020

How to Cite

Nur'aini, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Melalui Strategi Pembelajaran PAI Berbasis DDCT Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4682