Sistem Boarding School Dalam Membentuk Kemandirian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Pekalongan

Authors

  • Muhammad Khoiruzzadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Luqmanul Hakim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4607

Keywords:

Boarding School, Siswa, Kemandirian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang ada dalam sistem boarding school, dan bentuk kemandirian siswa di boarding school di MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data didapat dari hasil wawancara dengan kepala asrama, pengasuh asrama putra dan 3 siswa boarding school, dan hasil observasi terkait pembelajaran guru dan kemandirian siswa. Analisis data yang digunakakan menurut Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa boarding school bertujuan membentuk siswa yang mandiri, baik secara emosional, ekonomi, intelektual, dan sosial. Bentuk kemandirian siswa di boarding school seperti mencuci pakaian, mencuci peralatan masak, membersihkan tempat tidur sekaligus kamarnya. Kemandirian siswa dibentuk karena pembiasaan dari seluruh kegiatan yang ada di boarding school dan pengulangan-pengulangan sebagai penguat dari sikap mandiri yang sudah dimiliki siswa. Sehingga diharapkan, ada penelitian khusus kesadaran diri siswa selama di boarding school MAN 1 Kota Pekalongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifudin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

A’la, Abd. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Antonious, Gea. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Gramedia, 2002.

Badan Pusat Statistik. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2019 mencapai 71,92,” 2020. Daring. Internet. 5 Mei 2020. . Available: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/02/17/1670/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-pada-tahun-2019-mencapai-71-92.html.

Behaghel, Luc, Clément de Chaisemartin, dan Marc Gurgand. “Ready for Boarding? The Effects of a Boarding School for Disadvantaged Students.” American Economic Journal: Applied Economics 9.1 (2017): 140–164.

Busyairi AS, M. “Education Unit Transformation for Maintain Its Existence in Islamic Boarding School (Multi-Case Study on Tebuireng Islamic Boarding School, Gading Islamic Boarding School Malang, and Sidogiri Islamic Boarding School Pasuruan).” Journal of Education and Practice 8.5 (2017): 56–64.

Das, St Wardah Hanafie, Abdul Halik, dan Amaluddin. “Paradigm of Islamic Education in the Future: The Integration of Islamic Boarding School and Favorite School.” Information Management and Business Review 8.4 (2016): 24–32.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rosda Karya, 2010.

Evans-Campbell, Teresa dkk. “Indian Boarding School Experience, Substance Use, and Mental Health among Urban Two-Spirit American Indian/Alaska Natives.” The American Journal of Drug and Alcohol Abuse 38.5 (2012): 421–427.

Fathonah, Dewi Yulia, Taty Hernawaty, dan Nita Fitria. “Respon Psikososial Siswa Asrama di Bina Siswa Sma Plus Cisarua Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 3.1 (2017): 69–77.

Haeruddin, Bahaking Rama, dan Wahyuddin Naro. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 60–73.

Keller, Chad J., dan Chris Brown. “Conflictual Independence, Adult Attachment Orientation, and Career Indecision Among Asian American Students.” Journal of Career Development 41.5 (2014): 426–444.

Mander, David J, Leanne Leaster, dan Donna Cross. “The social and emotional well-being and mental health implications for adolescents transitioning to secondary boarding school.” Int J Child Adolesc Health 8.2 (2015): 131–140.

Martin, Andrew J. dkk. “Boarding School, Academic Motivation and Engagement, and Psychological Well-Being: A Large-Scale Investigation.” American Educational Research Journal 51.5 (2014): 1007–1049.

Nasir, M. Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Purnama, Dian. Cermat Memilih Sekolah Yang Tepat. Jakarta: Gagas Media, 2010.

Qomar, Mujamil. Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Emir Cakrawala Islam, 2015.

Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi, Metodelogi Menuju Demokrasi Institusi. Bandung: Erlangga, 2008.

Rajab, Khairunnas. “Methodology of Islamic psychotheraphy in Islamic boarding school Suryalaya Tasik Malaya.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 4.2 (2014): 257–289.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Sawaluddin. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.1 (2018): 39–52.

Schaverien, Joy. “Boarding School Syndrome: Broken Attachments a Hidden Trauma.” British Journal of Psychotherapy 27.2 (2011): 138–155.

Siregar, Eveline, dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Susanto, Tutut dkk. “School health promotion: A cross-sectional study on Clean and Healthy Living Program Behavior (CHLB) among Islamic Boarding Schools in Indonesia.” International Journal of Nursing Sciences 3.3 (2016): 291–298.

Susiyani, Andri Septilinda, dan Subiyantoro. “Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 2.2 (2017): 327–347.

Sutyawan, Sutyawan, dan Budi Setiawan. “Penyelenggaraan Makanan, Daya Terima Makanan, dan Tingkat Asupan Siswa Asrama Kelas Unggulan SMA 1 Pemali Bangka Belitung.” Jurnal Gizi dan Pangan 8.3 (2013): 207–216.

Tafsir, A. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.

Usman, Nasir, Murniati Ar, dan Marzuki Marzuki. “The Influence Of Leadership In Improving Personnel Performance At Traditional Islamic Boarding School (Dayah).” Jurnal Ilmiah Peuradeun 4.2 (2016): 205–216.

Yin, Xue-Qin, et al. "The Promotive Effects of Peer Support And Active Coping on the Relationship Between Bullying Victimization And Depression Among Chinese Boarding Students." Psychiatry research 256 (2017): 59-65.

Zulhammi, Zulhammi. "Teori belajar behavioristik dan humanistik dalam perspektif pendidikan Islam." Darul 'Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman 3.1 (2015): 105-125.

Downloads

Published

15-08-2020

How to Cite

Khoiruzzadi, M., & Luqmanul Hakim, M. (2020). Sistem Boarding School Dalam Membentuk Kemandirian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4607