Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru

Authors

  • Yenni Yunita Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Ismail Akzam Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Rojja Pebrian Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4288

Keywords:

Pendidikan Karakter, Sepuluh Muwashafat, Murid SDIT Bunayya

Abstract

Pendidikan karakter murid di SDIT Bunayya Pekanbaru intinya bagaimana pendidik mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai islami kepada peserta didik kemudian membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah dengan mengacu kepada 10 muwassafat. Kemudian membiasakannya dalam kehidupan keseharian anak baik di rumah maupun sekolah dengan berpedoman pada 10 muwasafat, yaitu: “Sali>mul Aqi>dah (Aqidah yang bersih), Shahi>hul Ibadah (Ibadah yang benar), Mati>nul Khuluq (Akhlak yang kokoh), Qowiyyul Jismi (kuat jasmani), Mus|aqqoful Fikri (Intelek dalam berpikir), Muja>hadatul Linafsihi (Berjuang Melawan hawa nafsu), Haris}un ‘Ala Waqtihi (Pandai menjaga waktu), Munazzamun fi Syu>nihi (teratur dalam urusan), Qodirun ‘Alal Kasbi (mampu berusaha sendiri atau mandiri), Nafi’un Ligoirihi (bermanfa’at bagi orang lain)”. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan angka dalam menyajikan data dan analisis yang menggunakan uji statistika. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik yang diambil dari hasil pengamatan mengenai sepuluh muwashafat pada murid sekolah Islam terpadu Al-Bunayya atas penilaian guru. Faktor yang mempengaruhi karakter murid di SDIT Bunayya Pekanbaru diantaranya orang tua, keluarga, teman, dan lingkungan serta media elektronik seperti internet, handphone, gadget, dan tayangan TV. Adapun faktor yang paling penting adalah sepuluh muwashafat yang dimiliki oleh murid sekolah dasar Islam terpadu Bunayya Pekanbaru.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sepuluh Muwashafat, Murid SDIT Bunayya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafino Persada, 2012.

Aeni, Ani Nur. "Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam." Mimbar Sekolah Dasar 1.1 (2014): 50-58.

Ainiyah, Nur. "Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam." Al-Ulum 13.1 (2013): 25-38.

Al-Banna, Hasan Majmu’atu Rasail Hasan Al-Banna. (Kumpulan Risalah Dakwah Hasan Al-Banna) Jilid 2. Penerjemah, Khozin Abu Faqih, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2006.

Faturrohman, Pupuh, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: PT Alfabet, 2014.

Hakim, Rosniati. "Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis Al-Quran." Jurnal Pendidikan Karakter 4.2 (2014).

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2016.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter konstrusi Teoretik & Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Mukminin, Amirul. "Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri." Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam) 19.02 (2014): 227-252.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Nasir, Haidar. Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Kebudayaan. Yogykarta: Multi Presindo, 2013.

Nata, Abuddin. Karakter Mulia Edisi Revisi, Jakarta: Raja Grafinda Persada, 2013.

Samani, Muchlas. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Subianto, Jito. "Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas." Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8.2 (2013).

Sulistyowati, Endah. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta: PT Citra Aji Parama, 2012.

Sutiyono, Sutiyono. "Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas." Jurnal Pendidikan Karakter 3.3 (2013). 309-320.

Syafe'i, Imam. "Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8.1 (2017): 61-82.

Downloads

Published

06-03-2020

How to Cite

Yunita, Y., Akzam, I., & Pebrian, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 54–62. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4288