Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Fikih Tentang Haji Melalui Metode Pembelajaran Aktif di MTsN 1 Kota Blitar

Authors

  • Mukhammad Luqman Hakim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Di’ama Farida Muharina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4259

Keywords:

Laerning, Learning Interest, Learning Outcomes, Fikih

Abstract

Keberhasilan pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil akhir saja, tetapi proses dalam pembelajaran juga menjadi penentu keberhasilan pembelajaran. Proses pembelajaran bisa dilakukan dengan menciptakan pembelajaran menyenangkan sehingga siswa merasa senang dan bahagia ketika belajar. Berdasarkan hasil observasi di MTsN 1 Kota Blitar dapat diketahui bahwa ada penurunan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Penurunan minat belajar berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dilapangan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D MTsN 1 Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini, minat dan hasil belajar siswa megalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan metode pembelajaran aktif. Hal ini terlihat dari data minat belajar Fikih meningkat dari pra siklus minat belajar sebesar 7,4%, siklus I minat belajar sebesar 23,5 %, siklus II minat belajar sebesar 33,1%, sedangkan untuk rata-rata hasil belajar Fikih meningkat dari pra siklus sebesar 54,70, siklus I hasil belajar sebesar 80, siklus II hasil belajar sebesar 84,61. Saran untuk peneliti lain agar bisa melakukan inovasi baru menemukan solusi permasalahan yang terjadi terkait pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Minat dan Hasil Belajar, Pembelajaran Fikih

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Di’ama Farida Muharina, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

mukh.luqman@iainkediri.ac.id

References

Allen, Peter J., and Frank D. Baughman. "Active Learning in research methods classes is associated with higher knowledge and confidence, though not evaluations or satisfaction." Frontiers in psychology 7 (2016): 279.

Azizy, Qodri. Islam dan Permasalahan Sosial: Mencari Jalan Keluar. Pustaka Pelajar, 2003.

Daradjat, Zakiah. Dasar-dasar agama Islam: buku teks pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Bulan Bintang, 1984.

DePorter, Bobbi. Quantum Teaching. PT Mizan Publika, 2000.

Elliott, Lisa Jo, dkk. “Research Participation versus Classroom Lecture: A Comparison of Student Learning.” Teaching of Psychology 37.2 (2010): 129-131.

Gagne, Robert M., dan Karen L. Medsker. The Conditions of Learning: Training Applications. 1 edition, Wadsworth Publishing, 1995.

Hamalik, Oemar. Belajar Mengajar Fiqih. Buku Beta, 2010.

Semiawan, Conny R. Penerapan pembelajaran pada anak. Indeks, 2009.

Silberman, Melvin L. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani, 2009.

Published

30-12-2019

How to Cite

Hakim, M. L., & Muharina, D. F. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Fikih Tentang Haji Melalui Metode Pembelajaran Aktif di MTsN 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 10–23. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4259