Kontribusi Pelatihan Berkisah Tema Keislaman Kepada Kompetensi Guru dan Siswa Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Bahril Hidayat Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Dian Tri Utami Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4248

Keywords:

Teknik Berkisah, Kompetensi Guru, Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Abstract

Kualitas guru Taman Kanak-Kanak (TK) atau Raudhatul Athfal (RA) yang profesional akan menentukan perkembangan anak usia dini. Guru juga harus memiliki kreativitas dan seni yang mendidik sebagai bentuk keahlian dalam mengajar. Belajar yang diharapkan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, yaitu belajar melalui bermain atau bermain sambil belajar. Bercerita merupakan salah satu yang termasuk ke dalam kegiatan bermain. Artikel ini berisikan hasil penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan 5 orang responden yang mengungkapkan bahwa teknik berkisah meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Peningkatan kompetensi khusus lainnya yang diperoleh guru setelah mengikuti pelatihan teknik berkisah adalah peningkatan kompetensi moral dan semakin peka untuk memahami tahap perkembangan anak, khususnya perkembangan bahasa anak. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Kompetensi Keislaman pada guru dan anak didik dengan cara guru mengangkat atau memilih kisah-kisah nyata nabi dan rasul dalam memberikan teknik berkisah kepada siswa atau peserta didik anak usia dini.

Kata Kunci: Teknik Berkisah, Kompetensi Guru, Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. A., Supriyono, W. Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta. 1991.

Amalia, Taranindya Zulhi. "Bercerita Sebagai Metode Mengajar Bagi Guru Raudlatul Athfal Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di Desa Ngembalrejo Bae, Kudus." ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3.2 (2015): 334-353.

Andi Yudha, Asfandiyar. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Mizan Budaya Kreativa. 2007.

Atkinson, R. L & Atkinson, C. A. tt. Pengantar Psikologi Penerjemah: Widjaja Kusuma. Judul Asli “Introduction to Psychology”. Batam: Interakasara.

Azis, Abdul dan Abdul Majid. Mendidik dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2008.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1999.

Berry, J. W., Poortinga, Y. H., Segall, M. H., Dasen, P. R. Psikologi Lintas Budaya. Penerjemah: Edy Suhardono. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Percetakan Utama. 1999.

Chaplin, J. P. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah: Dr. Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 1999.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Drever, J. Kamus Psikologi. Penerjemah Nancy Simanjuntak. Jakarta: Bina Aksara. 1988.

Fitroh, Siti Fadjryana, and Evi Dwi Novita Sari. "Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak usia dini." Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2.2 (2015): 95-105.

Hall, S.C dan Lindzey, G. Teori-Teori Sifat dan Behavioristik. Penerjemah Supratiknya, A. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. 1993.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Hijriati. Analisis Kompetensi Guru Paud Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta. (Magister dissertation, UIN Sunan Kalijaga). 2016.

Larkin, Chuck. What is Storytelling (http://www.eldrbarry.net/roos/st_is.htm). Accessed on 12-08-2017 (22:15).

Latif, Muhammad Abdul. "The miracle of story telling." Jakarta: Zikrul Hakim (2012).

Leavitt, H. J. Psikologi Manajemen. Penerjemah Dra.Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga. 1997.

Leicester, Mal. Early years stories for the foundation stage: ideas and inspiration for active learning. Routledge, 2006.

Lubis, Layla Takhfa, et al. "Peningkatan Kesehatan Mental Anak dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 16.2 (2019): 120-129.

Miles, M.M dan Huberman, A.M. Analisis Data Kualitatif. (Penterjemah: Rohidi.Tj.R) Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. 1992.

Moeslichatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2004.

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. 2001.

Nurbiana, Dhieni, et al. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2005.

Poerwandari, E. K. Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. 1998.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka. 1996.

Riyadh, Sa’ad. Melatih Otak dan Komunikasi Anak, Meningkatkan Kecerdasan dan Kemampuan Anak Lewat Cerita. Jakarta: Akbar Media. 2011.

Rohayu, Aprianti Yopita. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Bercerita. Jakarta: Indeks. 2013.

Sardiman A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2007.

Schultz, D. Psikologi Pertumbuhan. Penterjemah: Yustinus. Jogyakarta: Percetakan Kanisius. 1993.

Slavin, Robert. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Sonawat, Reeta, and Jasmine Maria Francis. "Language development for preschool children." Mumbai: Multi-Tech Publishing co (2007).

Suyatinah. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY. 2000.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2010.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Published

21-02-2020

How to Cite

Hidayat, B., & Utami, D. T. (2020). Kontribusi Pelatihan Berkisah Tema Keislaman Kepada Kompetensi Guru dan Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 41–53. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4248