Relevansi Konsep Nilai Petatah Petitih Sunan Gunung Djati dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Hanif Cahyo Adi Kistoro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Aminah Nur Latifa Sibarani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4125

Keywords:

Relevansi, Konsep Petatah-Petitih Sunan Gunung jati, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi konsep petatah petitih/nasehat sunan gunung jati dengan nilai–nilai pendidikan islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).  Sumber data utama dari penelitian ini adalah prasasti, buku, jurnal dan karya lainnya. Sumber sekunder didapatkan dari informan melalui wawancara. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis) dengan melakukan kritik sumber, interpretasi dan  histroriografi. Dari hasil penelitian, ditarik kesimpulan bahwa metode Sunan Gunung Jati dalam pendidikan agama melalui konsep petatah-petitih. Relevansi petatah petitih dengan pendidikan islam adalah adanya keseimbangan nilai Tauhid dan kemanusiaan (tajug dan fakir miskin), shalat adalah tiang agama (yen sembahyang kungsi pucuke panah, puasa mendidik untuk sabar, jujur dan mengendalikan hawa nafsu (yen puasa den kungsi tetaling gundewa), konsisten dalam ibadah (Ibadah kang tetap), takut larangan Allah (Wedi ing Allah), mensyukuri nikmat yang diberikan (Manah den syukur lan Allah), dan selalu meminta ampunan (Kudu ngakehaken pertobat).

Kata Kunci: Relevansi, Konsep Petatah-Petitih Sunan Gunung jati, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi. & Noor Salimi, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Aljauziah, Ibn Qayyin Majaridus Salikin (Pedakian Menuju Allah) terjemahan Kathur Surhardi cet. 1, Jakarta: Pustaka Al-Khausat, 1998.

Atja. Tjarita Purwaka Tjaruban Nagari, Seri Monografi No. 5, Jakarta: Ikatan Karyawan Museum, 1986.

Azizi. Abdul Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Gagasan Membangun Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2009.

Daradjat, Zakiah. Dasar-dasar Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Ekadjati. Sunan Gunung Jati dan Pengembangan Islam di Daerah Cirebon. Cirebon: Laporan Penataran Filosogi, 1974.

Gottschalk, Louis. Mengerti Sejarah. Terjemahan. Nugroho Notosusanto, Jakarta: UI Press, 1986.

Hardi. Titan Rokhmutiana dan Rohman, M. Nur, Dakwah Sunan Gunung Jati Dalam Proses Islamisasi di Kesultanan Cirebon Tahun 1479-1568. (2014): Jurnal Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta,1-9.

Husna, Aura (Neti Suriana). Kaya dengan Bersyukur: Menemukan Makna Sejati Bahagia dan Sejahtera dengan Mensyukuri Nikmat Allah, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Irawan, Prasetyo. Metode Penelitian Jakarta: Universitas terbuka, 2009.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’anul Karim dan Terjemah. Surakarta: Az-Ziyadah, 2014.

Kistoro, Hanif Cahyo Adi. Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Islam,”Jurnal Pendidikan Agama Islam”. XI.1 (2014): 1-18.

Kurnia, Dadang. “Metode Da’wah Sunan Gunung Jati (Suatu Tinjauan dari Sudut Antropologi Pendidikan)”, Jurnal Pendidikan Dasar, Volume V, No.7, (2007): 1-4.

Madjid. Pesan-Pesan Takwa, Jakarta: Paramadina, 2003.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

Nawawi. Kepemimpinan yang Efektif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Perss, 1992.

Published

17-02-2020

How to Cite

Adi Kistoro, H. C., & Sibarani, A. N. L. (2020). Relevansi Konsep Nilai Petatah Petitih Sunan Gunung Djati dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 24–40. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4125