Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami

Authors

  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079

Keywords:

Falsafah Pendidikan, Pendidik, Murabbi, Mu‘allim, Mu’addib

Abstract

Artikel ini mengkaji perspektif falsafah pendidikan Islami tentang hakikat pendidik. Studi ini penting dilakukan mengingat konsep pendidikan di dunia Islam dipengaruhi oleh pandangan dunia Barat yang sekular. Padahal, kaum Muslim memiliki pandangan dunia yang khas yang bersumber dari al-Qur’an, hadis dan ijtihad para ulama. Studi ini merupakan hasil riset kepustakaan dimana data diperoleh melalui kegiatan studi dokumen yang dianalisis dengan analisis isi. Studi ini mengajukan temuan bahwa dalam pandangan Islam, hakikat pendidik adalah Allah Swt., para Nabi dan Rasul dan para ulama. Karena itu, para pendidik Muslim wajib meneladani sifat-sifat mereka dan meneruskan tugas-tugas mereka sebagai pendidik terideal dalam pandangan Islam.

Kata Kunci: Falsafah Pendidikan, Pendidik, Murabbi, Mu‘allim, Mu’addib

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maisyaroh Maisyaroh, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

References

Aceh, Abubakar. Pengantar Ilmu Tarekat: Kajian Historis tentang Mistik. Solo: Ramadhani, t.t.

Al-Jazairi, Thahir ibn Shaleh. Jawahir Kalamiyah: Ilmu Tauhid, terj. Ja’far Amir. Pekalongan: Raja Murah, 2000.

Al-Syaibani, Omar Muhammad al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, terjemahan Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Arbi, Sutan Zanti. Pengantar Kepada Filsafat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, 1988.

Asrul dan Ja’far. “Pengantar Editor,” dalam Asrul Daulay & Ja’far (ed.), Falsafah Pendidikan Islami: Menguak Nilai-nilai Pendidikan dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1984.

Dewey, John. Democracy and Education. New York: The Free Press, 1944.

Gibbs, P., dan E. Blakely. Gatekeeping in BSW Programs. New York: Columbia University Press, 2000.

Huges, Thomas Patricks. Dictionary of Islam. New Delhi: Adam Publisher & Distributors, 2002.

Ja‘far, Ja‘far. "Tarekat dan Gerakan Sosial Keagamaan Shaykh Hasan Maksum." Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam 5.2 (2015): 269-293.

Ja’far, Ja’far. “Falsafah Pendidikan Al Jam’iyatul Washliyah,” dalam Asrul dan Ja’far. Falsafah Pendidikan Islami. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Ja’far, Ja’far. “Peran Al Jam'iyatul Washliyah Dalam Merevitalisasi Madhhab Shafi'i Di Era Kontemporer.” Justicia Islamica: Jurnal Kajian Hukum dan Sosial 13.1 (2016): 1-29.

Jafar, Jafar. "Al Jam’iyatul Washliyah dan Problem Kepemimpinan Non Muslim dan Perempuan." Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 17.2 (2017). 413-434.

Muin, M. Taib Thahir Abd. Ilmu Kalam. Jakarta: Widjaya, 1986.

Murata, Sachiko. The Tao of Islam: Kitab Rujukan tentang Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam. Bandung: Mizan, 2004.

Musa, Ali Masykur. Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam terhadap Isu-isu Aktual. Jakarta: Serambi, 2014.

Netton, Ian Richard. A Popular Dictionary of Islam. USA: Curzon Press, 1997.

Rasyidin, Al. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami. Bandung: Citapustaka media, 2018.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2018.

Siddik, Dja’far. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media, 2010.

Syafaruddin dan Al Rasyidin. Filsafat Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press, 2001.

Syafaruddin, et al.Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta: Hijri, 2014.

Downloads

Published

04-12-2019

How to Cite

Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079