Penanaman Sikap Amanah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara

Authors

  • Ahmad Nizar Rangkuti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Indonesia
  • Fawziyah Tansyah Siregar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cendekia Tapanuli Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).3736

Keywords:

Penanaman, Amanah, Sikap Amanah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penanaman sikap amanah dalam proses pembelajaran, evaluasi, dan pelaksanaan salat berjamaah oleh Peserta Didik di MTs. Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan  metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap amanah terhadap peserta didik yang dilakukan di MTs. Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli dilakukan oleh kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan pegawai. Sikap amanah yang ditanamkan pada peserta didik berkaitan dengan amanah kepada Allah SWT, amanah kepada orang lain dan amanah terhadap diri sendiri dengan memberikan keteladanan dan nasehat kepada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. M. & D. H. Pengukuran Konsep Amanah dalam Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Psikologi43.3 (2016): 194–206.

Al-Ghazali, M. Aqidah Muslim. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1986.

Al-Hufiy, A. M. Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2000.

Alwi, H. KBBI (Edisi Keenam). Jakarta: Balai Pustaka, 2013.

Amirin, T. Kepemimpinan yang amanah. Jurnal Dinamika Pendidikan1.14(2007): 1–11.

Arisanti, D. Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah2.2(2017): 207.

Azwar, S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Haeruddin, Bahaking Rama, & W. N. Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nuriyah Bonto Cini Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah4.1(2019): 60–73.

Hamka. Tasauf modern. Jakarta: Pustaka Panji Mas, 1990.

Katsir, I. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafii, 2013.

Nudin. Urgensi Penanaman Sifat Amanah pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Wadiabero Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah. Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2018.

Pulungan, S. Wawasan Tentang Amanah dalam Al-Quran. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2006.

Purwanto, M. N. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya., 2006.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Sugiyono. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Yunita, Yenni, Ismail Akzam, &Rojja Pebrian.Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.2 (2020): 54-62.

Downloads

Published

17-04-2020

How to Cite

Rangkuti, A. N., & Siregar, F. T. (2020). Penanaman Sikap Amanah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Swasta Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).3736