Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Yoga Anjas Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Abstract

Teori belajar behaviorisme dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Namun diketahui bahwa banyak percobaan dalam teori behaviorisme dilakukan dengan menggunnakan hewan sehingga menimbulkan pertanyaan, apakah teori belajar behaviorisme sejalan dengan ajaran agama Islam dan dapat digunakan dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan adanya relevansi antara teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan Islam, sebagai berikut: (1) Teori belajar behaviorsime dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran pendidikan Islam (2) Teori belajar behaviorsime merupakan teori belajar yang sejalan/berkaitan dengan ajaran agama Islam (3) Adanya pengkondisian (clasical conditioning), pengulangan dan penguatan dalam teori behaviorsime yang juga digunakan dalam pembelajaran pendidikan Islam (4) Teori belajar behaviorsime menurut Edward Lee Thorndike mengandung empat hukum, yaitu: law of radiness (hukum kesiapan), law of exercise (hukum latihan), law of effect (hukum latihan), dan law of attitude (hukum sikap), yang sejalan/berkaitan dengan proses pembelajaran pedidikan Islam.

Kata Kunci: Relevansi, Teori Belajar Behaviorisme, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, Fera. “Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik.” Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 10.2 (2015): 165-180.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011.

Djiwandono, Sri Esti Mulyani. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, 1989.

Hergenhahn, B. R.& Olson, Matthew H. Theories Of Learning: Teori Belajar, Jakarta: Kencana Media Group, 2008.

Irwan. “Teori Belajar Aliran Behavioristik Serta Implikasinya dalam Improvisasi Jazz Jurnal.” Jurnal PPKN dan Hukum, 10.2 (2015): 95-117.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’anul Karim dan Terjemah. Surakarta: Az-Ziyadah, 2014.

Moelong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Muchith, M. Saekhan. Issu-Issu Kontemporer dalam Pendidikan Islam, Kudus: STAIN Kudus, 2009.

Muflihin, Muh Hizbul. "Aplikasi dan Implikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran)."Khazanah Pendidikan, 1.2 (2009). 1-11.

Nahar, Novi Irwan. "Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran." Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1.1 (2016). 64-74.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Pratama, Yoga Anjas. Penggunaan Media Komik dalam Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 1 Sukabumi Bandar Lampung, Skripsi: FTIK UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Rahyubi, Heri. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis, Bandung: Nusa Media, 2014.

Ratnawati, Etty. "Karakteristik Teori-Teori Belajar dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis dan Aplikasi). "Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4.2 (2016). 1-23.

Rufaedah, Evi Aeni. “Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam.”Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4.1(2017): 14-30.

Rusuli, Izzatur. “Refleksi Teori Belajar Behavioristik dalam Persepektif Islam.” Jurnal Pencerahan, 8.1 (2014): 38-54.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Siregar, Eveline & Nara, Hartini. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Sudiyono, M. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Suyono. dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Winataputra, Udin S. dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Yuningsih, Aryani. Penerapan Teori Belajar Behavioristik (Thorndike) Melalui Teknik Drill and Pratice Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia dalam Manteri Mengarang Siswa Kelas V SDN 023 Sedinginan Kecamata Tanah Putih, Skripsi: FITK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2011.

Zulhammi. “Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Islam.” Jurnal Darul Ilmi, 3.1 (2015): 105-127.

Published

02-06-2019

How to Cite

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718