Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tgk. Chiek Oemar Diyan
DOI:
https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2278Keywords:
Kompetensi, Pedagogik, Guru PAI, Pembelajaran, Madrasah AliyahAbstract
Artikel ini berupaya untuk menyajikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pembelajaran PAI. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya,pengaruh dalam pembelajaran dan hambatan yang dialami oleh guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik.Penelitian ini bersifat mixmethoddengan metode analisis deskriptif di Madrasah Aliyah Swasta Tgk. Chiek Oemar Diyan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAI di madrasah berusaha untuk memupuk kompetensi pedagogik dalam pembelajaran namun dari segi teori masih rendah. Walaupun demikian terdapat pengaruh dalam pembelajaran PAI karena guru-guru mempunyai semangat yang besar dalam pengajaran meskipun tidak memahami kompetensi pedagogik yang mantap. Sementara faktor pendukungadalah kemudahan fasilitas dan terdapat berbagai pelatihan untuk pengembangan guru. Sedangkan faktor penghambatadalah keterbatasan guru dalam penerapan kurikulum. Sistem perpaduan kurikulum di pesantren dan madrasah sehingga menyebabkan pembagian waktu yang tidak sesuai.
Downloads
References
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1999.
Ar, Muhammad. Pendidikan di Alam Baru: Rekonstruksi Moralitas Pendidikan,Jakarta: Prismasophie Press, 2003.
Arikunto, Suharsini. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Darajdat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Departemen Agama RI, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, 2003.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset, Yogyakarta: Andi Offset, Cet. 1, 1990.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta:Bumi Aksara, 2002.
Kamaruddin. Kamus Riset, Bandung: Angkasa, 1984.
Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1977.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, Cet. 1, 2010.
Pohan, Rusdin. Metode Penelitian Pendidikan, Banda Aceh: Al-Rijal Institute, 2008.
Ramayulis. Metodelogi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Media, 2005.
Sadulloh, Uyoh. Pedagogik :Ilmu Mendidik, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sahertian, Piet A.. Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2011.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Suparlan. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat, 2005.
Surachmat, Winarmo. Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsino, 1986.
Surahman, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Tehnik, Bandung: Tarsito, Cet. 1, 1992.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Syeafuddin, Udin. Pengembagan profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2011.
Tika, Moh. Pabunda. Metodologi Risa Bisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Umar, Husen. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada, 2008.