Menguatkan Arah Pendidikan Islam Era Globalisasi: Menginternalisasi Nilai Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin

Authors

  • Irma Suryani Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  • Eva Dewi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Islam , khulafaur rasyidin, era globalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang internalisasi nilai pendidikan Islam masa khulafaur rasyidin dalam menguatkan  arah pendidikan Islam di era globalisasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konsep, dan dinalisis dengan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan Islam pada masa khulafaur rasyidin sangat memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan Islam di era globalisasi. Hal tersebut dapat dilihat melalui bagaimana kepemimpinan berbasis nilai-nilai islam, pendidikan holistik, pengembangan kepribadian yang Islami, pengajaran nilai-nilai kepemimpinan, serta keterlibatan aktif dalam komunitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan pandangan baru dalam mengembangkan sistem pendidikan yang berwawasan di zaman saat ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Adib. “Pola Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin.” Industry and Higher Education 3. 1 (2024): 1689–99. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.

Ajeng, Linda Liswandari. “Kecerdasan Spiritual, Kepatuhan Peraturan Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Fenomenologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7. 2 (2022): 478–90. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6219.

Arifuddin, A, and A R Karim. “Konsep Pendidikan Islam; Ragam Metode PAI Dalam Meraih Prestasi.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 10. 1 (2021): 13–22. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/76.

Arifuddin, Arifuddin, and Abdul Rahim Karim. “Konsep Pendidikan Islam.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 10. 1 (2021): 13–22. https://doi.org/10.58230/27454312.76.

Auliyah, Diva Dhiyaul, Sevia Rahayu, Nur Habibah, and Mahfud Ifendi. “Keteladanan Akhlak Khulafaur Rasyidin Dalam Pengembangan Karakter Muslim” Jurnal Ulimuna 01. 01 (2024): 23–38.

Barella, Yusawinur. “The Concept of Islamic Education During the Period of the Khulafaur Rasyidin A Comprehensive Approach in Forming Intellectual, Spiritual, and Moral Development.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 15. 2 (2023): https://doi.org/10.30596/16835.

Dwistia, Halen, Meilisa Sajdah, Octa Awaliah, and Nisa Elfina. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1. 2 (2022): 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33.

Erfinawati, Zuriatin, and Rosdiana. “Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin (11-41 H/632-661 M).” Jurnal Pendidikan Ips 9. 1 (2019): 29–40. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.172.

Farid Efendi, Ahmad. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 1. 2 (2024): 131–37.

Fathoni, Tamrin. “Mengintegrasikan Konsep Vygotsky Dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua Dalam Memaksimalkan Potensi Anak.” Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1. 1 (2023): 31–38. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/3194.

Gultom, Amalia Nurhanisah. “Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 6. 2 (2022): 167–80. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13159.

Harapan, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Repository.Uinsaizu.Ac.Id 5. 2 (2024): 29-42. http://repository.uinsaizu.ac.id/3872/2/COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Henry, Khairil. “Konsep Ekonomi Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Dengan Teori Ekonomi Modern (Studi Analisis Konsep Ekonomi Dalam Kitab Muqaddimah).” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 19. 1 (2020). https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10064.

Husni Hamim, Ahmad. “Pengembangan Potensi Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 2. 1 (2023). https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5288.

Ika, Ika, Asyifa Wasmin, Sastia Oktori, and Siti Nurhalimah. “Kewajiban Menuntut Ilmu Mengembangkan Dan Mengamalkannya.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1. 3 (2023): 110–17. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.319.

Indah Daratista, and Jaenullah Jaenullah. “Pengembangan Metode Pembelajaran Nilai Agama Dan Moral Di Era New Normal: Studi Kasus Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7. 2 (2022): 428–43. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6860.

Kuckartz, Udo, and Stefan Rädiker. Qualitative content analysis: Methods, practice and software. Sage, 2023.

M. Ramdhani, Eyva Dewi, Ellya Roza. “Relevansi Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin Terhadap Pendidikan Indonesia” 2. 12 (2023): 243–55.

Margareth, Helga. “No Title طرق تدريس اللغة العربية.” Экономика Региона 3. 1 (2017): 32.

Muhammad Haris. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin.” Ummul Quro Jurnal Ummul Qura 6. 2 (2015): 1–19. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.

Muhtadi, Asep Saeful, and Aan Hasanah. “Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin.” Sejarah Pendidikan Islam 1. 1 (2019): 1–13.

Munawaroh, Nur, and Muhammad Kosim. “Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin Dan Perannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam.” Jurnal Kawakib 2. 2 (2021): 78–89. https://doi.org/10.24036/kwkib.v2i2.25.

Mustafa, Pinton Setya. “Statistika Inferensial Meliputi Uji Beda Dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 28. 2 (2022): 71–86. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166.

Muthoharoh, Miftakhul, and Achmad Lazim. “Memahami Pola Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW Dan Khulafaur Rosyidin.” Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 29. 2 (2022): 40–56. https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i02.176.

Rachman, Utomo, and Agus Widodo. “Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin Dan Kontekstualisasinya Pada Pendidikan Islam Masa Kini.” AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4. 1 (2023): 250–59. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3355.

Romansah, Reza, Raudina Rihhadatul Aisy, Wahyu Hidayat, and Dina Indriana. “Pendidikan Islam : Konsep Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam Imam Ghazali Islamic Education : Concept Of Thoughts From Imam Ghazali" Philosophy of Islamic Education (2024): 2824–32.

Sabtina, Desi. “Problematika Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dan Alternatif Solusinya.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 7. 2 (2023): 95. https://doi.org/10.47006/er.v7i2.13181.

Shofyan, Ahmad. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1. 2 (2022): 126–40. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24.

Siti Rohmah Kurniasih, Erni Haryanti, and A. Heris Hermawan. “Integrasi Ilmu Dan Iman Dalam Kurikulum: Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu.” Jurnal At-Thariqah 8. 2 (2023): 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11607.

Suryani, Irma. “The Influence of BPI Program Activity and Discipline” 8. 1 (2024): 1–16.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Islamic Teacher's Ethical Behavior, Identity Formation, and Writing Assessment: A Phenomenological Inquiry." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4943-4952. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4570

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Case-Based Learning Method in Learning: Is it Effective to Improve Teaching Skills of Madrasa Teachers in Indonesia?." Journal of Learning for Development 11.1 (2024): 151-164. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.763

Tambak, Syahraini, et al. "Development of Madrasah Teacher Leadership Competency: Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning." Pegem Journal of Education and Instruction 14.3 (2024): 243-255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Student Involvement Within Islamic Teacher Education: For a Future Profession." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.2 (2024): 317-352. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i2.8141

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Uliyah, Taqwatul. “Pola Pendidikan Dalam Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin.” Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 7. 1 (2021): 216–29. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/71/61.

Wajdi, Muhammad Farid. “Pendidikan Moral Menurut Imam Al Ghazali Dan Emile Durkheim Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Pembentukan Karakter dan Moralitas Individu” 2. 3 (2024). https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3698.

Yetti, Febri Delmi, Jasmina Syafe, Nadia Putri, Sahbila Aura, and Zeni Mahmuda. “Studi Sejarah Kebudayaan Islam Dari Zaman Rasulullah Saw , Khulafaur Rasyidin , Bani Umayyah Dan Bani Abassiyah.” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 3. 2 (2024): 477–507.

Zaini Miftach. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Keragaman Karakteristik Peserta Dididk Dalam Pemenuhan Target Kurikulum” 3. 1 (2024): 53–54.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4. 1 (2020): 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.

Zebua, Rony Sandra Yofa, Miftahul Ihsan, and Neneng Nurjannah. “Perkembangan Pendidikan Islam Periode Khulafāur Rāsyidīn.Pdf.” Pendidikan Islam Indonesia 5. 2 (2020). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.228.

Additional Files

Published

30-06-2024

How to Cite

Irma Suryani, & Eva Dewi. (2024). Menguatkan Arah Pendidikan Islam Era Globalisasi: Menginternalisasi Nilai Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 123–139. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/16782