Pengembangan Perilaku Sosial Santri Madrasah: Analisis Pengaruh Ketaatan Ibadah dalam Pembelajaran

Authors

  • Abdul Rohim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Ali Iskandar Zulkarnain Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Aghnaita Aghnaita Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Keywords:

Pengaruh, Ketaatan Ibadah, Perilaku Sosial, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketaatan ibadah terhadap perilaku sosial santri Zawiyah Miftahus Shudur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (Mixed Methods), dengan sampel sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara ibadah salat terhadap sikap sosial santri. Nilai Coefficients Constant sebesar 0.451, dengan nilai ketaatan beribadah sebesar 0.263, menandakan bahwa setiap peningkatan 1% dalam nilai ketaatan beribadah mengakibatkan peningkatan sebesar 0.451 dalam sikap sosial santri. Selanjutnya, signifikansi hasil penelitian adalah 0.000, menunjukkan bahwa ketaatan beribadah memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap sosial santri. Santri di Zawiyah Miftahus Shudur Palangka Raya Raya menunjukkan kedisiplinan dan sikap taat terhadap ibadah salat fardhu. Mereka mempersiapkan salat fardu dengan baik, menunjukkan kesabaran dalam pelaksanaannya, menghormati ritual salat dengan membersihkan diri dan menjaga konsentrasi, serta menunjukkan kepedulian terhadap sesama dengan memperhatikan ketersediaan sajadah dan menunggu untuk salat berjamaah. Dengan demikian, praktik ibadah salat bukan hanya berdampak pada dimensi ritual, tetapi juga membentuk sikap sosial yang positif dalam kehidupan santriSaran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti lebih mendalam terkait ketaatan ibadah agar mampu mendeklerasikan lebih mendalam pengaruhnya terhadap sikap sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirza, Dwini„Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas Vii Mts Al-Fajar Sei Mencirim“. Review Pendidikan dan Pengajaran, том 7, 2024, с-ци 377–80, http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp.

Ali Anhar Syi’bul Huda, Gusti Putri Khairina, Hamdi. „Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang Sd Dalam Mewujudkan Generasi Emas Berdaya Saing GLOBAL“. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 2023, https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=4UKQPRsAAAAJ&citation_for_view=4UKQPRsAAAAJ:YsMSGLbcyi4C.

Ali Anhar Syi’bul Huda, Hamdi, Muhammad Noor Ridani, Abid Nurhuda. „Reorientasi Dikotomis Ilmu Agama dan Umum Melalui Pendekatan Analisis Bibliometrik“. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, том 7, 2024, с-ци 155–68, https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya 155.

Aly, Siti Maesaroh, Muhammad IsaAnshory. „Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Sosial Keagamaan Anak Santri“. Tsaqofah, том 4, бр 2, 2024, с-ци 787–800, https://doi.org/https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2572.

Aminah, Siti. „Tingkat Ketaatan Siswa Dalam Menjalankan Ibadah Di Smp Negeri 3 Turi Sleman“. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, том 4, бр 2, 2020, с-ци 212–16, https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.806.

Budiarso, Aji, Magister PendidikanDasar. „Sikap Dan Profesionalisme Guru“. Semnaspa : Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, том 3, бр 2, 2022, с-ци 196–205.

Dhiya Tarisa Nurshabrina, Dwi Fitri Wiyono, Moh Eko Nasrulloh. „Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai2 Moral Pada Siswa Dan Siswi Di Mts Nu Miftahul Huda Ledug Dhiya“. Jurnal Pendidikan Islam, том 8, бр 8, 2023, http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index.

Farizal, Ahmad. „Peranan Guru Fiqih dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat MTs Al Ihsan“. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, том 1, бр 5, 2023, с-ци 333–34.

Hamdi, Setria Utama Rizal, Muhammad Redha Anshari, Nurul Hikmah. Utilization of Digital Learning Media in Islamic Education to Increase Literacy and Innovation in the Era of Modern Technology. 2022, с-ци 1–11, https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/icon-tress/article/view/228.

Hamdi, Setria Utama Rizal, Siti Norhidayah. „Improvisasi Pendidikan melalui Modul Ajar Berbasis Digital dalam Meningkatkan Intelektual Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Furqan Palangka Raya“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 2024, с-ци 536–45.

Hamdi, Jumrodah. „Development of E-Modules in Increasing Digital Literacy in Islamic Religious Education Subjects : An Effort to Support the Implementation of the Kurikulum Merdeka“. Al-Thariqah, том 8, бр 1, 2023, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11953.

Hariyani, Dewi, AinurRafik. „Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah“. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, том 2, бр 1, 2021, с-ци 32–50, https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72.

Hikmah Hikmah, „Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar: Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik“. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, том 7, бр 2, 2022, с-ци 340–58, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10555.

Huberman, Miles and. Analisis Data Qualitatif. : UI-Press, 1992.

Idhar, Idhar. „Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter pada Peserta Didik“. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), том 3, бр 1, 2022, с-ци 23–29, https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.108.

Iman, Bustanul. „Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara“. Of Islamic Education, бр April, 2021, с-ци 5–24.

Isnaini, Wafiqoh Nur. SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam Oleh : Luqyana Lailatus Safitri. 2023.

Kundari, Nurul Fadhillah, и съавт. „Hubungan dukungan sosial dan keterpaparan media sosial terhadap perilaku pencegahan COVID-19 pada komunitas wilayah Jabodetabek tahun 2020 [The relationship of social support and social media exposure to COVID-19 prevention behavior in the Jabodetabek are“. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, том 30, бр 4, 2020, с-ци 281–94.

Liastamin Anwar.„Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Perilaku Sosial Santri (Studi Di Pondok Pesantren Darul Mihajirin Praya Praya, Lombok Tengah“. Juranal Imliah Pendidikan dasar, том 08, бр September, 2023.

Listari, Lasmida. „Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah)“. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, том 12, бр 1, 2021, с 7, https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46320.

Lutfi, Saiful, Hamdi, Norhidayani. „Profesionalisme Guru dalam Mendidik Pola Perilaku Siswa pada Sekolah Penggerak di MA Darul Ulum Palangka Raya“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 2024, с-ци 525–35, http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/502.

Lutfi, Saiful, Hamdi, Ubaidah NurulAminah. „Profesionalisme Guru : Aktivitas Pembelajaran dalam Menghadapi Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Hidayatul Insan Fii Ta ’ limiddin“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 2024, с-ци 339–47.

Maulida Matondang, Atiqah Yunita Putri, иAhmed FernandaDesky. „Perubahan perilaku sosial pada santri dalam menggunakan gadget di pesantren al-munawarah“. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, том 9, бр 2, 2023, с 863, https://doi.org/10.29210/1202323249.

Mazrur, Hamdi, Putri, Titania Amilia. „Pembelajaran Berbasis Media Mobile Learning : Sebuah Improvisasi Guru dalam Pemanfaatan Teknologi pada Pembelajaran PAI“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 2024, с-ци 202–08, http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/463.

Meilani, Riska Putri, Perilaku Sosial Peserta Didik dalam Budaya Etika Sopan Santun pada Guru di SD Negeri Baturejo 03“. Jurnal Prosiding Mateandrau, том 2, бр 2, 2023, с-ци 90–102, https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i2.1409.

Muqoddimah, Faizatul, Jumari. „Peningkatan Perilaku Sosial Santri Melalui Program Bantuan Infaq Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Diwek Jombang“. EL-Islam, том 3, бр 1, 2021.

Mustofa, Ali, Ali FirmanAli Firman. „Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Siswa di Mts Ma’arif Karangasem Bali“. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, том 12, бр 1, 2021, с-ци 76–99, https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.43.

Namora, D.A Kompetensi Kepribadian Berbasis Makarim Al-Syari’ah serta Implikasinya pada Profesionalisme Guru Madrasah“. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al …, том 8, бр 2, 2023, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).14619.

Ningrum, Vena Zulinda, TotokRochana. „Perilaku Sosial Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muballighin Desa Reksosari“. Solidarity, том 8, бр 2, 2019, с-ци 749–61.

Puspika Sari, Herlini. „Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih“. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, том 8, бр 2, 2023, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).15026.

Putri, Esa Claudia, „Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Imam Ghazali“. Cendekia (Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran), том 9, бр 1, 2022, с-ци 16–27, https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=w2MH0-8AAAAJ&pagesize=80&citation_for_view=w2MH0-8AAAAJ:zYLM7Y9cAGgC.

Rahmatullah, Azam Syukur, Muhammad EkoAtmojo. „Homoseksual Kaum Santri di Pesantren (Antara Patologi Sosial dan Perilaku Abnormal)“. Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, том 6, бр 1, 2019, с-ци 37–54.

Rizal, Setria Utama, Hamdi, Nurul Hikmah. „Digitalisasi Pembelajaran PAI dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar“. Prosiding The 3nd Annual Conference on Islamic Religious Education, бр 3, 2023, с-ци 1–9, http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied.

Setiawan, Dede, „Sistem Pendidikan Karakter Sosial Santri Ditinjau Dari Perspektif Perilaku Manusia Dalam Organisasi“. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, том 7, бр September, 2023.

Suharyat, Yayat. „Hubungan Pengetahuan Agama Islam Generasi Milenial dengan Ketaatan Menjalankan Ibadah Sholat“. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, том 6, бр 12, 2023, с-ци 9832–9830, https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2890.

Sulfemi, Wahyu Bagja, OktiYasita. „Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying“. Jurnal Pendidikan, том 21, бр 2, 2020, с-ци 133–47, https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020.

Syadi, Filza, AlIkhlas. „Problematika Ketaatan Siswa Kelas X IIS 2 Dalam Menjalankan Ibadah Salat Fardu“. An-Nuha, том 2, бр 3, 2022, с-ци 623–35, https://doi.org/10.24036/annuha.v2i3.239.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Al-Fahad, Muhamad Firman, et al. “Analisis Penyuntingan Aspek Kebahasaan dalam Karya Ilmiah.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2023, doi:10.31943/bi.v8i1.421.

Askarial, Askarial, et al. “Upaya Penanaman Nilai Pancasila melalui Pendekatan Budaya Melayu.” BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2022, doi:10.36378/bhakti_nagori.v1i2.2613.

Aslan, Aslan, and Ari Yunaldi. “Budaya Berbalas Pantun sebagai Media Penyampaian Pesan Perkawinan dalam Acara Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sambas.” Transformatif, 2019, doi:10.23971/tf.v2i2.962.

Assyahbana, Gadies Malina. “The Implementation of Project-Based Learning through Poster in Teaching Writing Narrative Text for Senior High School.” Retain Journal, 2019.

Basri, Fairuzah, et al. “Cabaran Dan Pemantapan Budaya Melayu Dalam Penerusan Tamadun Melayu.” Researchgate, 2019.

Finndahl, Ingela. Young Students’ Language Choice in Swedish Compulsory School–Expectations, Learning and Assessment. 2023.

Hardiyanto, Farudin Eko. “Model Penilaian Produktif Mata Kuliah Menulis Berbasis Nilai Humanis.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2020, doi:10.15294/jpbsi.v9i1.38686.

Huang, Sharron, and Annette Shideler. “Leveraging Student Strengths through Project-Based Learning and Authentic Assessment in an Integrated ENL Classroom.” Journal Leadership and Instruction, 2021.

Janah, Radikah Roudhotul, and Vevy Liansari. “Pengaruh Media Quiziz Terhadap Aspek Menulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2023, doi:10.33084/tunas.v8i2.5105.

Kristiyani, Ary. “Penilaian Aktif Produktif Kompetensi Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa: Suatu Kajian Deskriptif.” Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 2023.

kurniati fatia, Nurmalinda. “Aktualisasi Nilai-Nilai Pada Tradisi Maulidin Nabi Dalam Budaya Melayu Riau.” Jurnal Koba , 2023.

Lase, Mitra Jayanti, and Ernie Bertha Nababan. “Penggunaan Rubrik Sebagai Instrumen Penilaian dalam Kegiatan Menulis Teks Editorial Siswa Sekolah Menengah Atas [The Use Of Rubrics as an Assessment Instrument In High School Students’ Editorial Text Writing Activities].” Polyglot: Jurnal Ilmiah, 2023, doi:10.19166/pji.v19i2.6279.

Maryani, Eni, and Detta Rahmawan. “Nilai-Nilai Islam Dan Keragaman Budaya Melayu dalam Situs www.melayuonline.com.” Communication, 2017, doi:10.36080/comm.v8i2.638.

Muhajir, Muhajir, Syahraini Tambak, and Desi Sukenti. "Learner-Centered Education Affect for Madrasah Teacher Personality Competence: The Cases of Project-Based Learning Methods." International Journal of Religion 5.11 (2024): 947-959. https://doi.org/10.61707/yp2mxp11

Nufus, Hayatun, et al. “Literasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SD.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2023, doi:10.54371/jiip.v6i9.2285.

Rahayu, Wening Patmi, et al. “Development of a Project-Based Learning Assessment System to Improve Students’ Competence.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 2020, doi:10.21009/jpeb.008.2.1.

Rahmawati, Rosa, et al. “Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Puisi Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 3, Sept. 2021, pp. 663–74, doi:10.17509/pedadidaktika.v8i3.39236.

Rizqy, Shabrina Nola. “Pengintegrasian Pendidikan Berkarakter Berbasis Multikultural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding SenasBasa, 2019.

Sari, Indah kartika, et al. “The Meaning of Home: Privacy, Modesty and Hospitality in Traditional Malay House, West Borneo, Indonesia.” ISVS E-Journal, 2019.

Suharsimi Arikunto. “Suharsimi Arikunto.” Suharsimi Arikunto, 2014.

Sukmasari, Vidya Putri, and Dadan Rosana. “Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2017, doi:10.21831/jipi.v3i1.10468.

Supriyana, Asep. “Penyuntingan Aspek Kebahasaan.” Program Sturdi Sastra Indionesia Universitas Negeri Jakarta, 2018.

Susilawati, -, et al. “Efektivitas Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPA Calon Guru SD.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2018, doi:10.17509/eh.v10i1.8871.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Islamic Teacher's Ethical Behavior, Identity Formation, and Writing Assessment: A Phenomenological Inquiry." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4943-4952. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4570

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Case-Based Learning Method in Learning: Is it Effective to Improve Teaching Skills of Madrasa Teachers in Indonesia?." Journal of Learning for Development 11.1 (2024): 151-164. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.763

Tambak, Syahraini, et al. "Development of Madrasah Teacher Leadership Competency: Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning." Pegem Journal of Education and Instruction 14.3 (2024): 243-255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Student Involvement Within Islamic Teacher Education: For a Future Profession." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.2 (2024): 317-352. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i2.8141

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Ucup Supriatna, PutriRahayu. „Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa“. Journal of Nusantara Education, том 1, бр 1, 2021, с-ци 19–26, https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.2.

Udin, Muhammad Diak. „Analisis Perilaku Sosial Masyarakat Dusun Plosorejo Desa Kemaduh Kab. Nganjuk Dalam Tradisi Yasinan Dan Tahlilan (Study Deskriptif Melalui Pendekatan Teori Pertukaran Sosial)“. Jurnal Pemikiran Keislaman, том 26, бр 2, 2016, с-ци 342–61, https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.221.

Ulfah, Rahmalia. „Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di smp negeri 1 dolok masihul“. Imamah, том 1, бр 1, 2023, с-ци 93–100, https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah.

Widari, Ni Putu, Adellia MeiditaDarmasari. „Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sosial Anak Usia Prasekolah Di Tk Mentari Surabaya“. Jurnal Keperawatan, том 10, бр 1, 2021, с-ци 48–54, https://doi.org/10.47560/kep.v10i1.270.

Widiawati, Ratih, Yoyo ZakariaAnsori. „Pentingnya Nilai-Nilai Sosial Dan Perilaku Sosial Pada Siswa“. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, том 2, бр 1, 2023, с-ци 27–34, https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.313.

Yuyun, Qurotun „Penguatan Akhlak Melalui Kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Entrepreneur Muhammadiyah“. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, том 8, бр 2 SE-Articles, 2023, с-ци 189–99, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).12038.

Zakiyah, Nurotuz. Hanif Muhammad. A’yun Qurroti. „Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Mulia Pada Siswa Di Mts El-Jasmeen Singosari“. Jurnal Pendidikan Islam, том 8, бр 8, 2023, http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index.

Additional Files

Published

30-06-2024

How to Cite

Abdul Rohim, Ali Iskandar Zulkarnain, & Aghnaita Aghnaita. (2024). Pengembangan Perilaku Sosial Santri Madrasah: Analisis Pengaruh Ketaatan Ibadah dalam Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 95–109. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/16593