Penilaian Keterampilan Menulis Guru: Melibatkan Pengetahuan Budaya Melayu dalam Pembelajaran di Madrasah

Authors

  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia
  • Alber Alber Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia
  • Nope Ramadani Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia

Keywords:

Pengetahuan Budaya Melayu, Penilaian Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan budaya terhadap penilaian keterampilan menulis guru di sekolah Madrasah pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini melibatkan 50 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan teknik analisis  data menggunakan uji normalitas, deskriptif, dan regresi  linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan pemahaman dan penguasaan pengetahuan budaya Melayu yang dimiliki oleh guru Madrasah di Kota Pekanbaru dan penilaian keterampilan menulis guru berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan budaya terhadap penilaian keterampilan menulis guru di sekolah Madrasah pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan nilai signifikansi 0.000. Selanjutnya, besar pengaruh adalah sedang (0.664 atau 66,4%). Hal ini dapat disampaikan bahwa pengetahuan budaya Melayu berpengaruh terhadap penilaian keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini berimplikasi pada teori pengembangan penilaian keterampilan menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Fahad, Muhamad Firman, et al. “Analisis Penyuntingan Aspek Kebahasaan dalam Karya Ilmiah.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2023, doi:10.31943/bi.v8i1.421.

Askarial, Askarial, et al. “Upaya Penanaman Nilai Pancasila melalui Pendekatan Budaya Melayu.” BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2022, doi:10.36378/bhakti_nagori.v1i2.2613.

Aslan, Aslan, and Ari Yunaldi. “Budaya Berbalas Pantun sebagai Media Penyampaian Pesan Perkawinan dalam Acara Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sambas.” Transformatif, 2019, doi:10.23971/tf.v2i2.962.

Assyahbana, Gadies Malina. “The Implementation of Project-Based Learning through Poster in Teaching Writing Narrative Text for Senior High School.” Retain Journal, 2019.

Basri, Fairuzah, et al. “Cabaran Dan Pemantapan Budaya Melayu Dalam Penerusan Tamadun Melayu.” Researchgate, 2019.

Finndahl, Ingela. Young Students’ Language Choice in Swedish Compulsory School–Expectations, Learning and Assessment. 2023.

Hardiyanto, Farudin Eko. “Model Penilaian Produktif Mata Kuliah Menulis Berbasis Nilai Humanis.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2020, doi:10.15294/jpbsi.v9i1.38686.

Huang, Sharron, and Annette Shideler. “Leveraging Student Strengths through Project-Based Learning and Authentic Assessment in an Integrated ENL Classroom.” Journal Leadership and Instruction, 2021.

Janah, Radikah Roudhotul, and Vevy Liansari. “Pengaruh Media Quiziz Terhadap Aspek Menulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2023, doi:10.33084/tunas.v8i2.5105.

Kristiyani, Ary. “Penilaian Aktif Produktif Kompetensi Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa: Suatu Kajian Deskriptif.” Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 2023.

kurniati fatia, Nurmalinda. “Aktualisasi Nilai-Nilai Pada Tradisi Maulidin Nabi Dalam Budaya Melayu Riau.” Jurnal Koba , 2023.

Lase, Mitra Jayanti, and Ernie Bertha Nababan. “Penggunaan Rubrik Sebagai Instrumen Penilaian dalam Kegiatan Menulis Teks Editorial Siswa Sekolah Menengah Atas [The Use Of Rubrics as an Assessment Instrument In High School Students’ Editorial Text Writing Activities].” Polyglot: Jurnal Ilmiah, 2023, doi:10.19166/pji.v19i2.6279.

Maryani, Eni, and Detta Rahmawan. “Nilai-Nilai Islam Dan Keragaman Budaya Melayu dalam Situs www.melayuonline.com.” Communication, 2017, doi:10.36080/comm.v8i2.638.

Muhajir, Muhajir, Syahraini Tambak, and Desi Sukenti. "Learner-Centered Education Affect for Madrasah Teacher Personality Competence: The Cases of Project-Based Learning Methods." International Journal of Religion 5.11 (2024): 947-959. https://doi.org/10.61707/yp2mxp11

Nufus, Hayatun, et al. “Literasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V SD.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2023, doi:10.54371/jiip.v6i9.2285.

Rahayu, Wening Patmi, et al. “Development of a Project-Based Learning Assessment System to Improve Students’ Competence.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 2020, doi:10.21009/jpeb.008.2.1.

Rahmawati, Rosa, et al. “Pengembangan Rubrik Penilaian Menulis Puisi Di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 3, Sept. 2021, pp. 663–74, doi:10.17509/pedadidaktika.v8i3.39236.

Rizqy, Shabrina Nola. “Pengintegrasian Pendidikan Berkarakter Berbasis Multikultural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Prosiding SenasBasa, 2019.

Sari, Indah kartika, et al. “The Meaning of Home: Privacy, Modesty and Hospitality in Traditional Malay House, West Borneo, Indonesia.” ISVS E-Journal, 2019.

Suharsimi Arikunto. “Suharsimi Arikunto.” Suharsimi Arikunto, 2014.

Sukmasari, Vidya Putri, and Dadan Rosana. “Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2017, doi:10.21831/jipi.v3i1.10468.

Supriyana, Asep. “Penyuntingan Aspek Kebahasaan.” Program Sturdi Sastra Indionesia Universitas Negeri Jakarta, 2018.

Susilawati, -, et al. “Efektivitas Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPA Calon Guru SD.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2018, doi:10.17509/eh.v10i1.8871.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Islamic Teacher's Ethical Behavior, Identity Formation, and Writing Assessment: A Phenomenological Inquiry." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4943-4952. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4570

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Case-Based Learning Method in Learning: Is it Effective to Improve Teaching Skills of Madrasa Teachers in Indonesia?." Journal of Learning for Development 11.1 (2024): 151-164. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.763

Tambak, Syahraini, et al. "Development of Madrasah Teacher Leadership Competency: Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning." Pegem Journal of Education and Instruction 14.3 (2024): 243-255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Student Involvement Within Islamic Teacher Education: For a Future Profession." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.2 (2024): 317-352. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i2.8141

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Trismayanti, Ni Komang. “The Effectiveness of Formative Assessment in Improving Students’ Writing Skill.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2021, doi:10.23887/jippg.v4i2.34291.

Widiastuti, Ni Putu Kusuma, et al. “Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2022, doi:10.23887/jp2.v5i1.42473.

Yamtinah, et al. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2021, doi:10.23887/jurnal_pendas.v5i1.26.

Zulfiani, Yanti Herlanti, Ahmad Sofyan. “Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi dan Sekolah.” Cakrawala Pendidikan, vol. XXXV, no. 2, 2016, pp. 273–83, doi:10.21831/cp.v15i2.8054.

Zulkifli, Afni, et al. “Nilai-Nilai Budaya Melayu Riau Pada Kebijakan Mitigasi Perubahan Iklim.” Ijd-Demos, 2022, doi:10.37950/ijd.v4i3.335.

Zunita Binti Mohamad Maskor. “Penllaian Pengetahuan Kosa Kata Bahasa Arab dalam Kemahiran Menulis Pelajar Sekolah Menengah Kebangsaan Agama.” Tesis PhD UKM, 2020.

Additional Files

Published

30-06-2024

How to Cite

Desi Sukenti, Alber Alber, & Nope Ramadani. (2024). Penilaian Keterampilan Menulis Guru: Melibatkan Pengetahuan Budaya Melayu dalam Pembelajaran di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 80–94. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/16528