Pendidikan Sufistik dalam Tradisi Islam: Analisis Konsep Pemikiran Sufistik Muhammad Jamil Jaho

Authors

  • Pebri Naldi Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Akhmad Sodiq Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Suwendi Suwendi Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Sufistik, Tasawuf, Tadzkirah al-Qulûb, Jamil Jaho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan sufistik Muhammad Jamil Jaho dalam kitab Tadzkirah al-Qulûb fî Murâqabah ‘Allâm al-Ghuyûb. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan filosofis. Metode yang digunakannya adalah kajian pustaka (library research), dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dan content-analysis. Penulis menganalisis teks kitab Tadzkirah al-Qulûb fî Murâqabah ‘Allâm al-Ghuyûb sebagai sumber primer penelitan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat delapan konsep pendidikan sufistik Muhammad Jamil Jaho, yaitu: merenungi hakikat penciptaan manusia, menjauhi dan mengekang hawa nafsu, muhasabah, taubat, malu, mengingat kematian dan menyadari pedihnya kematian, zikir dan murâqabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, Al-Tarbiyah Al-Islâmiyah wa Falâsifatuha, (Cairo: Isa Babi Al-Halabi, 1975).

Aceh, Abu Bakar. Pengantar Ilmu Tasawuf, Semarang: Ramadhani, 1979.

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran. Konseling Dan Psikoterapi Islam: Penerapan Metode Sufistik, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002.

Alba, Cecep. Tasawuf dan Tarekat Dimensi Esoteris Ajaran Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Asmaran, Pengantar Studi Tasawuf, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur-Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan VVIII, Bandung: Mizan, 1995.

Al-Aziz, Moh. Saifulloh. Risalah Memahami Ilmu Tasawuf, Surabaya: Terbit Terang, 1998.

Daulay, Haidar Putra dkk. Takhalli, Tahalli Dan Tajalli, PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume III, Nomor 3. 2021. H. 356-359.

Al-Ghazali. Ihya’ ‘Ulumuddin Jilid II, Cairo: Dar Al-Hadi, 2004.

Furner, J. ”Conceptual analysis: A method for understanding information as evidence, and evidence as information.” Archival Science, 4(3), 2004: 233-265.

Hamka. Tasawuf Modern, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.

______¬___. Tasawuf: Perkembangan dan Pemurniannya, Jakarta : Pustaka Panjimas, 2005.

Huda, Sokhi. Tasawuf Kultural, Yogyakarta: LkiS, 2008.

Jaho, Muhammad Jamil. Tadhkirah al-Qulu>b fi> Mura>qabah ‘Alla>m al-Ghuyu>b, Bukittinggi: Penerbit Nusantara, 1956.

Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al-Husna Zikra, 2000.

Mahmud, Abdul Qadir. Al-Falsâfah al-shûfiyah fi al-Islâm, Beirut: Da>r al-Fikr, 1996.

Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1984.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2019.

___________. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.

___________. Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

___________. Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Noer, Kautsar Azhari. Tasawuf dalam Peradaban Islam: Apresiasi dan Kritik, Ulumuna, Volume X, No. 2, 2006.

Putra, Apria dan Chairullah Ahmad. Bibliografi Karya Ulama Minangkabau Awal Abad XX. Padang: Komunitas Suluah, 2011.

Salim, Nur Zaidi. “Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih”, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 7, No. 1, 2022: 28-39.

Siregar, A. Rivay. Tasawuf Dari Sufisme Klasik Ke Neo Sufisme, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Syukur, M. Amin dan Masyharuddin, Intelektualisme Tasawuf, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2007.

____________. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Al-Taftazani. Sufi dari Zaman ke Zaman, Terj. Ahmad Rofi' Utsmani, Bandung: Pustaka, 2003.

Tim Islamic Centre. Riwayat Hidup Ulama Sumatera Barat dan Perjuangannya. Padang: ICSM dan Angkasa Raya, 2001.

Al-Thusi, Al-Sarraj. Al-Luma’, Cairo: 1951.

Zarruq, Ahmad. Qawaid al-Tasawwuf, t.t.

Additional Files

Published

30-06-2024

How to Cite

Pebri Naldi, Akhmad Sodiq, & Suwendi Suwendi. (2024). Pendidikan Sufistik dalam Tradisi Islam: Analisis Konsep Pemikiran Sufistik Muhammad Jamil Jaho. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 64–79. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/16519