Penerapan Konsep Belajar Islam Menurut Al-Quran di TK Islam YLPI Marpoyan
DOI:
https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1621Keywords:
Konsep, Belajar, Islam, Alqur'anAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya bermunculan sekolah-sekolah yang berbasiskan Islam ditengah-tengah masyarakat. Hal ini menjadi suatu hal yang positif bagi pendidikan di dunia Islam. Tetapi tidak sedikit pula lembaga-lembaga yang mengatas namakan Islam hanya untuk sekedar menarik simpati ataupun menarik minat dari masyarakat. Jadi, supaya tidak terjebak dengan kata-kata Islam itu sendiri, maka alangkah baiknya dilihat apakah sekolah tersebut berlandaskan Islam ataukah sekolah tersebut hanya mengatas namakan Islam semata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan focus permasalahan penerapan konsep pendidikan menurut Alquran di TK Islam YLPI Marpoyan. Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana TK YLPI Marpoyan menerapkan konsep-konsep belajar dalam dunia pendidikan. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa TK YLPI Marpoyan telah berupaya untuk menerapkan konsep-konsep belajar menurut alquran dalam dunia pendidikan. Akan tetapi belum ada pembelajaran yang mengajak anak untuk menganalisa terhadap objek kejian, walaupun analisa sederhana yang sesuai dengan kemampuan peserta didik.
Downloads
References
Arifin, M. Kapita Selecta Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1999.
Ash Shobuni, Muhammad Ali. Shofwatu at-Tafasir, Makkah Mukarromah, 1401 H.
Dalyono. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Djamarah, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Hamka. Tafsir al-Azhar, Yayasan Nurul Islam, 1981.
Harahap, Musaddad, and Lina Mayasari Siregar. "Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna." Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2.2 (2017): 148-163.
Lembaga Studi Islam, Tafsir Alquran Juz 1, Bandung: LSI Unisba, 2012.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Nashwaty, Abdul Majid. Ilmu Nafs al-Tarbawi. tt.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Pembelajaran Cet 1, Jakarta: Prenadamdia, 2009.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1989.
Usman, Moch Uzer. Menjadi guru Profesional. Cet XI;Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2005.
Utsman, Abdul Karim. Al-Nizami al-Siyasi fi al-Islam, Beirut: Dar Irsyad, 1968.
Yusuf, Kadar M. Tafsir Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2013.