Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih

Authors

  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Era Society 5.0, Pemikiran Ibnu Miskawaih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemikiran Ibnu Miskawaih mengenai pendidikan karakter dan memahami relevansinya dalam konteks Era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan konten analisis pada tulisan-tulisan Ibnu Miskawaih tentang pendidikan karakter. Analisis literatur fokus pada konsep-konsep kunci dan relevansinya dalam masyarakat Era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran Ibnu Miskawaih memberikan landasan konseptual yang kuat untuk merancang pendekatan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada nilai-nilai etika dan moral, tetapi juga mendorong perkembangan karakter yang tangguh dan adaptif di Era Society 5.0. Kesimpulan penelitian menekankan bahwa konsep-konsep Ibnu Miskawaih, seperti kebajikan, pengembangan nafs, keadilan, kebaikan, dan kebijaksanaan, menjadi pondasi krusial merancang pendidikan karakter. Dalam hal ini, pendidikan karakter bukan hanya responsif terhadap perkembangan teknologi, tetapi juga sebagai instrumen esensial membentuk individu cerdas teknologi dan berakhlak mulia sesuai kebutuhan masyarakat modern

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohim, A. “Pendidikan Berbasiskan Makrifat (Telaah Kitab Misykat al-Anwar Al-Ghazali dan Tahdzib al-Akhlaq Ibnu Miskawaih).” Madinatul Iman, 2022, hal. 1–24, http://madinatul-iman.com/index.php/jurnal/article/view/6.

Abu Ali Ahmad Ibn Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak (Tahdzib Al-Akhlaq). Cetakan Pe, Mizan, 1994.

Ahmad Busroli. “Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.” At-Tarbiyah: Pendidikan Islam, vol. 10, no. 2, 2019, hal. 77.

Ammarnurhandyka, Muhammad, et al. Jurnal Mustanir : Pendidikan dan Islam Vol.1 No.1, Oktober 2023. no. 1, 2023, hal. 1–9.

Busroli, Ahmad. “Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, vol. 4, no. 2, 2019, hal. 236–51, https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583.

Crystallography, X-ray Diffraction. 済無No Title No Title No Title. no. 6, 2016, hal. 1–23.

Felix Siauw. How to Master Your Habits. Al-Fath Press, 2014, hal. 13.

Gultom, Joni Manumpak Parulian. “Peran Teologi Dalam Membangun Humanisasi Peradaban Era Society 5.0.” Temisien: Jurnal Teologi Misi dan Enterpreneurrship, vol. 2, no. 2, 2022, hal. 64–85.

Huda, Khairul. “Relevansi Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih Terhadap Pendidikan Era Modern.” Jurnal Penelitian Keislaman, vol. 17, no. 1, 2021, hal. 71–86, https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3374.

Ibnu Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak (Buku Daras Pertama Tentang Filsafat Etika), (Bandung: Mizan, 1999), terj dari buku Tahzib Al-Akhlak wa Tathirul A’roq (Dar al-Kutub, Beirut : 1985)

Ibnu Rusydi, Ma. “Filsafat Politik Islam Universitas Islam Negeri.” Risalah, vol. 1, no. 1, 2015, hal. 110–23.

Imawan, Muhammad, et al. Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era. 2023, hal. 323–28.

Javadikasgari, Hoda, et al. “Surgery for Atrial Fibrillation.” Atlas of Cardiac Surgical Techniques, 2018, hal. 479–88, https://doi.org/10.1016/B978-0-323-46294-5.00028-5.

Kaliongga, Adrisal, et al. “Reintegrasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal Sintuwu Maroso: Upaya Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no. 2, 2023, hal. 117–27, https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p117-127.

Ketut, Ni, et al. mertayasa,+8.+Ni+Ketut+Erna+Muliastrini.docx. no. 3, 2021, hal. 79–85.

M. Furqon Hidayatullah. Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih. Pertama, Dio Media, 2018.

M. Hidayat. Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Ibnu Miskawaih. Repositori UIN Alauddin Makassar, 2017.

Marzuki, Halimatun Sakdiyah. “Paradigma Integratif Pendidikan Islam sebagai Modal dalam Menghadapi Era 4.0.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, vol. 8, no. 1, 2023, https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/3507.

MS Mubin. “Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, 2020.

Mu’minah, Najwa. “Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau Dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih.” Jurnal Filsafat, vol. 25, no. 1, 2016, hal. 100, https://doi.org/10.22146/jf.12616.

Mulia, H. R. “Pendidikan Karakter: Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 15, no. 1, 2019, hal. 39–51.

Nurman, Muhammad. “Dosen Tetap pada Jurusan PBA FITK IAIN Mataram.” El-Tsaqâfah, vol. 7, no. 2, 2016.

NZ Salim, M Siregar, MT Mulyo. “Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 1, 2022.

Pattiasina, Petrus Jacob, et al. “Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya Di Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 5, 2022, hal. 2446–54.

S. B. Merriam and E. J. Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation, 4th ed. CA: Jossey-Bass, 2016.

Sopian, Adi, et al. “Kegiatan Penyuluhan Untuk Penguatan Kapasitas Pendidik Menyongsong Era Society 5.0 Melalui Pendekatan Profetik Leadership.” Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2023, hal. 16–23, https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no02.366.

Sugiarto, dan Ahmad Farid. “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 3, 2023, hal. 580–97, https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603.

Sukma, Hanum Hanifa. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, vol. 1, no. 01, 2021, hal. 85–92, https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini. "Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 110-127.

Tambak, Syahraini. "Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam." Yogyakarta: Graha Ilmu (2014).

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Tahar, Achmad, et al. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, 2022, hal. 12380–94, https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4428.

Zaidi Salim, N., M. . Siregar, and M. . Teguh Mulyo. “Reconstruction of Character Education in the Global Era (Ibnu Miskawaih Concept Analysis Study)”. Journal Research of Social Science, Economics, and Management, vol. 1, no. 9, Apr. 2022, pp. 1473 -, doi:10.59141/jrssem.v1i9.151.

Additional Files

Published

31-12-2023

How to Cite

Herlini Puspika Sari. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 348–361. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/15026