Penggunaan Media Pembelajaran Keragaman Budaya Nasional Berbasis Multimedia Interaktif: Respon Guru dan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ade Sri Madona Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Eni Dasfitri Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Risa yulisna Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Hidayati azkiya Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Farhan Elbi Rosyid Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran IPS, Multimedia, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa kelas 5 SD terhadap penggunaan media pembelajaran IPS pada materi “Mengenal Keragaman Budaya Nasional” dalam kurikulum merdeka. Populasi dan Responden penelitian 2 orang guru dan 20 orang siswa kelas V SD IT Permataku Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket respon guru dan angket respon siswa, teknik pengolahan data menggunakan Teknik Deskriptif dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan Media Pembelajaran IPS Pada materi pelajaran “Mengenal Keragaman Budaya Nasional” berbasis multimedia interaktif. Dimana dari data yang di peroleh, respon 2 orang guru menunjukkan rata-rata respon, sebesar 80% dengan kategori praktis, kemudian rata-rata respon siswa juga menunjukkan kategori praktis dengan rata-rata sebesar 83,9%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Media Pembelajran IPS Mengenal Keragaman Budaya Nasional” berbasis multimedia interaktif sudah praktis dan dengan menggunakan media IPS berbasis Multimedia Interaktif. Dengan demikin media Media Pembelajran IPS Mengenal Keragaman Budaya Nasional” berbasis multimedia interaktif dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SDIT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Firdaus. Daniel Rutjiono. Bambang Suhartono. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Semester 2 Studi Kasus di TK Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis: 12.1 (2019).

Ainia, D. K. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3.3 (2020). 95-101.

Arsyah, U. I., Yusuf, M., Arsyah, R. H., & Astri, L. Penerapan Aplikasi Multimedia Mengenal Bahasa Isyarat Sebagai Pendukung Pembelajaran Bagi Tuna Rungu: Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 3.2 (2018): 90-94.

Batubara, H. H. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing. 2020.

Edy Surahman dan Mukminan. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP: Jurnal Pendidikan IPS 1-13. (2017)

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 3.2 (2020). 524–532.

Graha, Gita Kurnia. Radio Edukasi. https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3432/keberagaman-budaya-indonesia-dalam-semangat-nasionalisme.html. (2023).

Hadijah, Siti. Analisis Respon Siswa Dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy 5.2 (2018):179.

Hasan, S., Wahono, W., Siti, N. H., Ernita, V. A., Muhamad, A. M. Media Interaktif Berbasis Gawai: Cara Praktis Pengembangan Media Pembelajaran Sains di Era Pandemi. Gresik: Graniti. 2021.

Herman, Dwi Surjono. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press. 2017.

Hermawan, M.A., Supriyadi, Masturi, Ellianawati, Susilo, Marwoto P, Mindyarto B. Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika: Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 122 (2021): 138-142.

Indrawan, I., Wijoyo, H., Wiguna, I. M. A., & Wardani, E. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Banyumas: Pena Persada. 2020.

Irjus, Indrawan., Hadion Wijoyo., I Made Arsa Wiguna., Edi Wardani. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Banyumas: Pena Persada. 2020.

KBBI Daring. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.https://kbbi.kemdikbud.go.id/. 2016.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Batusangkar: Ghalia Indonesia. 2011.

Made, Antara., Made Vairagya Yogantari. Keragaman budaya indonesia sumber inspirasi Inovasi Industri kreatif. Senada (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur). 1 (2018).

Madona, A. S. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Tematik Melalui Modul IPS berbasis multimedia interaktif Di SDN 12 Ulak Karang Utara Padang: Jurnal Cerdas Proklamator, 2.2, (2014): 205-202.

Madona, A.S., Khairi, A. Perancangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiri untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi. 10.2 (2018): 56-62.

Putri, Ludvyah Ekawati. Achmad Zakki Falani. Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android: JURNAL LINK. 22.1. (2015)

Pribadi. B. A. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2017.

Rahmatul Husna Arsyah, Agung Ramadhanu, Fiki Pratama, "Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer (Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang )", 1. 2 Juli 2019.

Rosidah, Ani. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajran IPS: Jurnal Cakrawala Pendas 03. 2 (2017): 32-33.

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11.1 (2021). 1–12.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana, 2016.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan: Jurnal Dinamika Pendidikan, 14.2 (2021). 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53peran.

Sugiyono. "Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D", Bandung: Alfabeta, 2014.

Sujana, I. W., Bagus, I., & Surya, G. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media permainan TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Dalung. 2017.

Abdul, Aziz Aceng. et.al. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam". Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.

Abror, Mhd. "Moderasi beragama dalam bingkai toleransi." Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 1.2 (2020): 143-155. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Akhmadi, Agus. "Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia." Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan 13.2 (2019): 45-55.

Ali, Nuraliah. "Measuring religious moderation among Muslim students at public colleges in Kalimantan facing disruption era." INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 14.1 (2020): 1-24. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.1-24

Ami, Mucharommah Sartika. ‘Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI’. BioEdu 1, no. 2 (2012): 10–13.

Aqib, Zaenal. Model-Model Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRama Widya, 2013.

Azwar, Syaifudin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Baragay, F. E. K., (2016). Efektivitas DHE Dengan Media Booklet dan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Jurnal e-Gigi Volume 4 Nomor 2. Hlm 76-82.

Daryono, Rihab Wit. "Validation and Development of Video-Based Learning Media to Increase Competency Achievement in Civil Engineering Education." Technium Education and Humanities 1.1 (2021): 15-25. https://techniumscience.com/index.php/education/article/view/6125

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi Ke-9. Universitas Diponegoro, 2018.

Harahap, Sumper Mulia, Fatahuddin Aziz Siregar, and Darwis Harahap. "Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.1 (2023): 65-102. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i1.16187

Harianto, Eko. "Publication trends of journal articles about religious moderation in recent years: Bibliometric analysis." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 11.2 (2022): 125-138. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i2.375.

Hoiroh, A’an Muhajar Mawaddatul, and Isnawati Isnawati. ‘Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA’. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9, no. 2 (31 May 2020): 292–301. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301.

Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama.Jakarta: Badan Litbang dan dikat Badan Kementrian Agama RI, 2019.

Kemenag. ‘Menag Sebut Moderasi Beragama Salah Satu Solusi Terbaik Antisipasi Potensi Konflik’. https://kemenag.go.id. Accessed 12 June 2023. https://kemenag.go.id/nasional/menag-sebut-moderasi-beragama-salah-satu-solusi-terbaik-antisipasi-potensi-konflik-hhdodu.

Muhlisin, Muhlisin, Nur Kholis, and Juwita Rini. "Navigating the Nexus: Government Policies in Cultivating Religious Moderation Within State Islamic Higher Education." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.1 (2023): 207-236. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i1.12677

Mulyadi, Rahmat, Nandang Faturohman, and Lukman Nulhakim. "Pengembangan Media Prezi Video dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 174-188. DOI:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12563

Mustakim, Zaenal, Fachri Ali, and Rahmat Kamal. ‘Empowering Students as Agents of Religious Moderation in Islamic Higher Education Institutions’. Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (30 June 2021): 65–76. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.12333.

Nor, S. "Jemi’an. 2020. Pemikiran Tasawuf Said Aqil Siroj. Dari Narasi Sufistik ke Komitmen Kebangsaan." Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 1: 20-36.

Nurdin, Fauziah. "Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist." Jurnal Ilmiah Al-Mu ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif 18.1 (2021): 59-70. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Prasojo, Zaenuddin Hudi, and Mustaqim Pabbajah. ‘Akomodasi Kultural Dalam Resolusi Konflik Bernuansa Agama Di Indonesia’. Aqlam: Journal of Islam and Plurality 5, no. 1 (15 March 2023). https://doi.org/10.30984/ajip.v5i1.1131.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2014.

Puspita, Avisha, Arif Didik Kurniawan, and Hanum Mukti Rahayu. "Pengembangan media pembelajaran booklet pada materi sistem imun terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Pontianak." Jurnal Bioeducation 4.1 (2017). https://doi.org/10.29406/524.

Saputra, Muhammad Nur Adnan, et al. "Deradikalisasi Paham Radikal Di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6.2 (2021): 282-296. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109

Shihab, M. Quraish. Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati Group, 2019.

Sucipto, Sigit Dwi, Rani Mega Putri, and Silvia Ar. "Development of E-Booklet Media to Improve Students’ Self-Regulated Learning." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.3 (2022): 2823-2828. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1397

Sulhan, Muhammad, and Muhammad Rizal Januri. "ESENSI AGAMA DALAM KONFLIK SOSIAL DI KABUPATEN POSO MENGGUNAKAN TEORI KARL MARX: SEBUAH LITERATUR REVIEW [THE ESSENCE OF RELIGION IN SOCIAL CONFLICT AT POSO REGENCY USING THE THEORY OF KARL MARX: A LITERATURE REVIEW]." Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications 2.1 (2022). https://jurnal.pabki.org/index.php/aiccra/article/view/171.

Suryadi, Rudi Ahmad. ‘Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam’ 20, no. 1 (2022).

Sutrisno, Edy. ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan’. Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (27 December 2019): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini. "Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 110-127.

Tambak, Syahraini. "Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam." Yogyakarta: Graha Ilmu (2014).

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Yamin, M., & Syahrir, S. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6.1 (2020). 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Additional Files

Published

31-12-2023

How to Cite

Ade Sri Madona, Pebriyenni Pebriyenni, Eni Dasfitri, Risa yulisna, Hidayati azkiya, Arlina Yuza, & Farhan Elbi Rosyid. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Keragaman Budaya Nasional Berbasis Multimedia Interaktif: Respon Guru dan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 329–347. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14692