Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menghadapi Learning Loss Pasca Pandemi: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah di Kalimantan Tengah

Authors

  • Nurul Hikmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Sulistyowati Sulistyowati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Sapuadi Sapuadi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Setia Utama Rizal Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Keywords:

Upaya, Learning Loss, Al-Qur’an Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru al-Qur’an Hadits dalam menghadapi learning loss pasca pandemi pada Madrasah Aliyah. Jenis penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan informan tiga orang guru Al-Qur’an Hadits, tiga orang Kepala Madrasah Aliyah dan 3 orang wakil kepala madrasah di Kalimantan Tengah. Pengumpulan data adalah wawancara terstruktur mendalam dan dianalisis dengan rekduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam menghadapi learning loss pasca pandemi pada Madrasah Aliyah di Kalimantan Tengah adalah dengan melakukan pembiasaan tadarus pagi, mengadakan program tahsin Al-Qur’an, tahfidz Al-Qur’an dan bimbigan intensif dalam pembelajaran. Penelitian ini masih terbatas pada tiga madrah Aliyah, sehingga diperlukan penelitian yang lebih luas pada madrasah yang ada di Indonesia sehingga dapat mengembangkan kemampuan guru dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardington, Cally, Gabrielle Wills, and Janeli Kotze. "COVID-19 learning losses: Early grade reading in South Africa." International Journal of Educational Development 86 (2021): 102480.https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102480

Assya’bani, Ridhatullah, et al. "Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu." Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2021): 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v1i1.697.

Budi, Setia, et al. "Deteksi potensi learning loss pada siswa berkebutuhan khusus selama pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di sekolah inklusif." Jurnal Basicedu 5.5 (2021): 3607-3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342

Cahyani, Nadia Saphira, Neila Sakinah, and Nur Nafisatul Fithriyah. "Efektivitas Tahfidh dan Tahsin Al-Quran pada Masyarakat di Indonesia." Islamic Insights Journal 2.02 (2020): 95-100. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.iij.2020.002.02.03

Dari, Wulan, et al. "Bimbingan Belajar Sebagai Upaya untuk Menghindari Learning Loss di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang, Kotabumi Lampung Utara." Griya Cendikia 7.1 (2022): 39-45. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191

Donnelly, Robin, and Harry Anthony Patrinos. "Learning loss during Covid-19: An early systematic review." Prospects (2021): 1-9.https://link.springer.com/article/10.1007/s11125-021-09582-6.

Dwilamiisa, Tasha Dwilamiisa Putri, et al. "Pengaruh Pelatihan Quantum Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Pasca Pandemi Covid 19." Pusako: Jurnal Pengabdian Psikologi 1.1 (2022): 1-7. https://pusako.ppj.unp.ac.id/index.php/pusako/article/view/1.

Efendi, Muhammad Abdurrahman, et al. "Manajemen Pembelajaran Seni Baca Alquran di Pondok Pesantren Alquran Al-Itqon Bogor." Jurnal Manajemen Pendidikan 8.1 (2020): 31-35.DOI: 10.33751/jmp.v8i1.1961

Fadilah, Nurul, Siti Rahmi Rahmi, and Feri Monitasari. "PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI LEARNING LOSS DI SDN 023 TARAKAN." Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 8.1 (2022): 8-11. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.5984.

Fadilah, Nurul, Siti Rahmi Rahmi, and Feri Monitasari. "PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI LEARNING LOSS DI SDN 023 TARAKAN." Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 8.1 (2022): 8-11. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.5984.

Fahmi, Fahmi, et al. "Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 931-940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Febriyanti, Meliyana, Hindun Hindun, and Rina Juliana. "IMPLEMENTASI PROGRAM METODE PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA." Islamic Education Studies: an Indonesia Journal 5.1 (2022): 15-29. DOI: https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36

Hikmah, Nurul, and Mualimin Mualimin. "Tahsin Method as an Effort of Islamic Religious Education Teachers in Facing Learning Loss." Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 5.2 (2022): 180-193.https://doi.org/10.33367/ijies.v5i2.2911.

Illahi, Nur. "Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial." Jurnal Asy-Syukriyyah 21.1 (2020): 1-20.https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Maemunawati, Siti, and Muhammad Alif. Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya, 2020.

Nurkarima, Rima. "Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Kelas VIII di SMPIT Qordova Rancaekek." (2015).

Pier, L., Hough, HJ, Christian, M., Bookman, N., Wilkenfeld, B., & Miller, R. “Covid-19 dan krisis pemerataan pendidikan: Bukti kehilangan pembelajaran dari kolaboratif data CORE. Kebijakan untuk Pendidikan California”. (2021). https://edpolicyinca.org/newsroom/covid-19-and-educa tional- equity-crisis.

Saifudin, Ahmad. "Pendampingan Penggunaan Metode Usmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran dengan Melalui Halaqoh Mu’alimil Qur’an (HMQ) di TPQ Tarbiyatul Athfal Sumberasri." Maslahat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.1 (2022).http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/maslahat/article/view/107

Sary, Noorita Ardian. Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan perilaku islami siswa di SMKN-5 Palangka Raya di SMKN-5 Palangka Raya. Diss. IAIN Palangka Raya, 2019.

Skar, Gustaf Bernhard Uno, Steve Graham, and Alan Huebner. "Learning loss during the COVID-19 pandemic and the impact of emergency remote instruction on first grade students’ writing: A natural experiment." Journal of Educational Psychology 114.7 (2022): 1553. https://doi.org/10.1037/edu0000701.

Sovayunanto, Riski. "Learning loss dan faktor-faktor penyebab di sekolah menengah pertama (SMP)." Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 8.1 (2022): 12-17. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6001

Sucipto, A. "Mengoptimalkan Literasi Fisik Siswa Pasca Pandemi." Efektivitas Pembelajaran Selama Pelaksanaan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) (2021).

Sudrajat, Akhmad. "Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran." Online)(http://smacepiring. wordpress. com) (2008).

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini. "The method of counteracting radicalism in schools: Tracing the role of Islamic religious education teachers in learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v45i1.761

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Uno, Hamzah B., and S. E. Nina Lamatenggo. Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Bumi Aksara, 2022.

Additional Files

Published

30-12-2023

How to Cite

Nurul Hikmah, Sulistyowati Sulistyowati, Sapuadi Sapuadi, & Setia Utama Rizal. (2023). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menghadapi Learning Loss Pasca Pandemi: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah di Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 317–328. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14668