Kompetensi Kepribadian Berbasis Makarim Al-Syari’ah serta Implikasinya pada Profesionalisme Guru Madrasah

Authors

  • Dian Namora Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  • Amril M Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  • Syahraini Tambak Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Makarim Al-Syari’ah, Kompetensi Kepribadian, Profesionalisme guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkonstruk konsep Makarim Al-syariah sebagai basis kompetensi kepribadian serta mengkonstruk bagaimana implikasi konsep Makarim Al-syariah sebagai kompetensi kepribadian dalam profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Informan dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih 4 orang, guru bidang studi al-Qur’an Hadits 4 orang, Akidah Akhlak 4 orang, dan Sejarah Kebudayaan Islam 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi nonpartisapasif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Kompetensi kepribadian daya mufakkara adalah: memiliki sifat berfikir kritis, kemampuan menggunakan informasi, memberikan nasehat, bijaksana dalam bersikap, memiliki wawasan, tidak pernah merasa puas, menyebarkan kebenaran, bersunguh-sungguh, disiplin, memiliki bersikap, bertanggung jawab, ikhlas menyebarkan ilmu, independent. Pada kompetensi kepribadian pada daya syahwiya  adalah: keinginan kuat, tangguh, rendah hati, tidak pelit menyampaikan ilmu. Pada kompetensi kepribadian pada daya hamiyya adalah: menahan amarah,  pemberani, porporsional, tegas dan Jujur. Hasil implikasi konsep Makarim Al-Syari’ah sebagai konsep kompetensi kepribadian diantaranya: memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa, mendistribusikan ilmu secara merata kepada siswanya, memperlakukan siswa tanpa membeda-bedakan. Dan memiliki ouput yaitu memberikan pemahaman dan pembinaan mendalam secara konteks Islam, karena tuntutan konsep Makarim Al-syari’ah adalah membentuk dan melatih jiwa-jiwa yang ada pada kepribadian dan sosial guru PAI dan memiliki outcome yaitu konsep Makarim Al-syari’ah memiliki dampak positif bagi seluruh guru pendidikan agama Islam, peserta didik, lembaga sekolah dan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Aṣfahanī, al-Rāghib Al-Dharī‘. “Ah Ilā Makārim Al-Sharī ‘Ah.” Cairo: Dār Al-Salām, 2007.

Al-Isfahani, Raghib. Al-Dhari`a Ila Makarim Al-Shari`a, `Abd. Yazid Al-Ajami (Ed.). Dar al-Wafa`, 1987.

Amril, M. PENDIDIKAN NILAI AKHLAK Telaah Epistemologis Dan Metodologis Pembelajaran Di Sekolah. 1st ed., Rajawali Press, 2021, pp. 44–45.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 2010.

Beyer, Barry K. Critical Thinking. Fastback 385. ERIC, 1995.

Creswell, John W. “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Darmawan, Cecep. “Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Perspektif Hukum Pendidikan.” Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, vol. 19, no. 2, 2020, pp. 61–68.

Informan. Wawancara Dengan Salah Satu Guru PAI Di MAN Kota Pekanbaru, Tanggal 10 Mei 2023.

Kementerian Agama. Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2010.

Lubis, Zulkifli, and Dewi Anggraeni. “Paradigma Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional.” Jurnal Online Studi Al-Qur’an, vol. 15, no. 1, 2019, pp. 133–53, doi:10.21009/jsq.015.1.07.

McMillan, James H., and Sally Schumacher. Research in Education: A Conceptual Introduction. Little, Brown, 1984.

Muhmidayeli. Filsafat Pendidikan. Refika Aditama, 2018, p. 63.

Muzakki, Zubairi. “Teacher Morale and Professionalism : Study On Improving the Quality of Islamic Education.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2022, pp. 339–52, doi:10.30868/ei.v11i01.2170.

Pemerintah, Peraturan. “Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2005.

Pendidikan, Kementerian. “PERMENDIKNAS No. 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.” Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI, 2010.

Qadhi, Saba, et al. “The Impact of a Teacher Preparation Programs on Professional Teaching Competencies–Female Novice Teachers’ Perspectives.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 1, 2020, pp. 118–35.

Rahman, Saifur. “Konstruksi Genealogi Pemikiran Raghib Al-Isfahani.” Palita: Journal of Social Religion Research, vol. 7, no. 1, 2022, pp. 1–26.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Ruswandi, Dede. “Pengaruh Persepsi Mengenai Kompetensi Kepribadian, Sosial, Dan Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa (Studi Di SMA Negeri Se-Kota Bandung).” Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, no. 15, 2021.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Dien Nurmarina Malik Fadjar. “Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al-Qur’an.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 01, 2022.

Solong, Najamuddin Petta, and Luki Husin. “Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru PAI.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 3, no. 2, 2020, p. 57, doi:10.30659/jpai.3.2.57-74.

Sugiyarta, Stanislaus, et al. “Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak Di Karesidenan Semarang.” Jurnal Profesi Keguruan, vol. 6, no. 2, 2020, pp. 215–21.

Sugiyono. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, 2010.

Syofyan, Harlinda, et al. “Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial Dan Kepribadian Guru.” International Journal of Community Service Learning, vol. 4, no. 4, 2020, pp. 338–46, doi:10.23887/ijcsl.v4i4.29840.

Syukkur, Ahmad, and Fauzan Fauzan. “Improving The Quality of Education Through The Principal’s Strategy to Develop Teacher Competence.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 3, 2021, pp. 563–74.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini. "The method of counteracting radicalism in schools: Tracing the role of Islamic religious education teachers in learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v45i1.761

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Wulandari, Winda Susanti, et al. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Smk Sunan Kalijaga Randuagung Lumajang.” Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, vol. 6, no. 1, 2022, pp. 9–23, doi:10.46773/imtiyaz.v6i1.247.

Yuniarti, Ira, et al. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah.” Modeling, vol. 9, no. 1, 2022, pp. 182–207, http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1148.

Additional Files

Published

04-01-2024

How to Cite

Dian Namora, Amril M, & Syahraini Tambak. (2024). Kompetensi Kepribadian Berbasis Makarim Al-Syari’ah serta Implikasinya pada Profesionalisme Guru Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 295–316. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14619