Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif berbasis Edpuzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Siti Rohmah Kurniasih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Hafid Muslih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

Bahan ajar, Media edpuzzle, Pendidikan Agama Islam, Video interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengembangan bahan ajar video interaktif berbasis Edpuzzle dan mengidentifikasi kelayakan pengembangan bahan ajar tersebut dalam pembelajaran PAI, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode research and development (RnD) model ADDIE. Penelitian bertempat di SMP Darmayanti Cimaung dengan jumlah sampel 25 peserta didik kelas VIII A. Adapun proses validasi media dilakukan 2 orang ahli media dan 3 orang guru SMP Darmayanti Cimaung untuk validasi materi. Sumber data diperoleh melalui studi dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan media adalah 87.73% (sangat layak), kelayakan materi adalah 90.30% (sangat layak), dan respons peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar video interaktif berbasis edpuzzle adalah 87% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar video berbasis Edpuzzle sangat layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Naskia, et al. “Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal.” Ujmes, vol. 06, no. 02, 2021, p. 2.

Afifah, Diana Iffatul, et al. Penggunaan Media Edpuzzle Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA. 2023, pp. 339–47.

Anam, Oleh Choirul. Pengembangan Bahan Ajar Pai Dengan Model Pendidikan Berparadigma Profetik. no. 1, 2016, p. 72.

Arfa, Avini Nurazhimah, et al. “Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Edpuzzle Di SMPN 11 Bekasi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, vol. 1, no. 2, 2022, pp. 15–24, https://doi.org/10.30998/jpmbio.v1i2.1294.

Ayuningrat, Nadia. Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif Berbasis Youtube Tema 4 Semester 2 Pada Pembelajaran Daring Di Kelas 1 SD. 2019, pp. 1–8.

Baihaqi, Achmad, et al. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, vol. 07, no. 01, 2020, pp. 74–88, http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana.

Enco Mulyasa. Kurikulum Yang Disempurnakan. Rosda karya, 2006.

Hafizah, Syarifah. “Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, 2020, p. 225, https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656.

Heistyka, Risma, and Putri Nur Malasari. “Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Menggunakan Edpuzzle Berbantuan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa.” LINEAR: Journal of Mathematics Education, vol. 3, no. 1, 2022, p. 85, https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4827.

Hendriyani, Yeka, et al. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, vol. 11, no. 2, 2018, pp. 85–88, http://tip.ppj.unp.ac.id.

Hidayat, Fitria, et al. Model ADDIE (Analysis , Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning. 2021, pp. 28–37.

Indrawari, Karliana, and Sayyid Habiburrahman. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Al-Qur`an Tematik.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 1, 2019, pp. 17–35, https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i1.1357.

Jayantika, I. Gusti Agung Ngurah Trisna, and Ni Made Putri Andini. “Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, vol. 11, no. 2, 2022, pp. 85–96.

Kurniawati, Fitri Erning. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Penelitian, vol. 9, no. 2, 2015, p. 367, https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326.

Mardhiyana, Dewi, et al. “Penggunaan Video Interaktif Edpuzzle Dalam Pembelajaran Matematika Dan Bahasa Pada Era Merdeka Belajar Di SMP Al Fusha Kedungwuni.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 4, 2022, p. 1671, https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6139.

Marlina. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. 2020.

Niswa, Auliyah. Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. 2016, pp. 1–23.

Nurna L. Purnamasari. Metode ADDIE Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. pp. 23–31.

Padmawati, Ni Nyoman, and Erni Suryati Pihung. “Mengembangkan Pembelajaran Digitalisasi Di Era Society 5.0.” Widyadari, vol. 23, no. 2, 2022, pp. 378–88, https://doi.org/10.5281/zenodo.7190220.

Prasetiowati, Tanti, et al. “Pengembangan Modul Al-Quran Hadits Menggunakan Canva Pada Materi Keseimbangan Hidup Dunia Dan Akhirat.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 8, no. 1, 2023, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12207.

Qadriani, Nanda Lailatul, et al. “Pemanfaatan Youtube Dan Edpuzzle Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, vol. 4, no. 1, 2021, p. 1, https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841.

Ratih, Tirtanawati, et al. “Pelatihan Penggunaan Video Interaktif Pembelajaran Bahasa Dengan Aplikasi Audacity Dan Edpuzzle Bagi Guru Mts. Darut Tauhid, Desa Ngablak, Bojonegoro.” Jurnal PADI – Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, vol. 4, no. 1, 2021, pp. 26–33.

Silverajah, V. S. Giit., and Anandraj Govindaraj. “The Use of Edpuzzle to Support Low-Achiever’s Development of Self-Regulated Learning and Their Learning of Chemistry.” ACM International Conference Proceeding Series, no. October 2018, 2018, pp. 259–63, https://doi.org/10.1145/3290511.3290582.

Sirri, Evi Latifatus, and Puji Lestari. Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsaap Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemic. no. September, 2020, pp. 67–72.

Sudrajat, Ajat. Pengembangan Bahan Ajar Materi Pembelajaran Mapel Pendidikan Agama Islam. 2008, pp. 1–13.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini. "The method of counteracting radicalism in schools: Tracing the role of Islamic religious education teachers in learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v45i1.761

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Wahyudi, Adip. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips.” JESS: Jurnal Education Social Science, vol. 2, no. 1, 2022, pp. 51–61.

Yeni, Çantanızda, et al. “Interactive Videos in Foreign Language Instruction: A New Gadget in Your Toolbox* Yabancı Dil Eğitiminde Etkileşimli Videolar: Takım.” Mersin Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, vol. 13, no. 1, 2017, pp. 124–37, http://dx.doi.org/10.17860/mersinefd.305769.

Yolanda, Graciella. Pengembangan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Kompetensi Dasar Fusion Pastry Bakery Pada Siswa SMK. no. 1, 2023.

Yulaika, Nina Fitriya, et al. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 67–76, https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.

Additional Files

Published

30-12-2023

How to Cite

Siti Rohmah Kurniasih, Mulyawan Safwandy Nugraha, & Hafid Muslih. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif berbasis Edpuzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 275–294. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14513