Membentuk Generasi Pemimpin Masa Depan: Eksplorasi Pendidikan dan Pengasuhan Anak Perspektif Islam

Authors

  • Yovi Carina Zenaida Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
  • Dedi Ardiansyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
  • Wahyu Widodo Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Pembentukan Pemimpin, Pola Asuh anak, Perspektif Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan mendeskripsikan konsep Islam dalam membentuk generasi pemimpin masa depan melalui pendidikan dan pola asuh pada anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan  studi kepustakaan. Dalam pandangan Islam, pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan saja, tetapi juga pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam menekankan pentingnya mengembangkan akhlak mulia, keadilan, dan kepedulian sosial dalam diri anak sebagai landasan utama membentuk jiwa kepemimpinan masa depan. Pola asuh dalam Islam ditemukan sebagai instrumen penting dalam membentuk kepribadian anak. Melalui pendekatan yang penuh kasih sayang, didukung oleh prinsip dan nilai-nilai Islam, seperti keadilan dalam memberikan perhatian, tanggung jawab dalam mendidik, dan keteladanan dalam perilaku, orang tua dan pendidik dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk kepemimpinan masa depan yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini menekankan bahwa pendidikan dan pola asuh berbasis Islam memiliki peran integral dalam membentuk pemimpin masa depan yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga memiliki moralitas dan kepedulian sosial yang tinggi. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum pendidikan dan panduan praktis bagi orang tua serta pendidik dalam mengimplementasikan pola asuh yang berlandaskan ajaran Islam, guna menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal anak menuju kepemimpinan yang bermartabat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, L. Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid.(2022):11.

Akrim. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. (2022).174-223

Alfulana, M. W., Rapsjani, M. F. A., & ... Kepemimpinan Membentuk Karakter dalam Pendidikan. (2021): 253-915.

Ardiansyah, D. Implementasi Nilai-Nilai Kesalehan Sosial Di Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. (2023) : 86–90.

Ardiansyah, D. Konsep al-Tilmidz dalam Menuntut Ilmu : Perspektif Ahmad Tsalby dalam Kitab At-Tarbiyah Islamiyah. (2023): 11988

Ayun, Q. Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. Attarbiyah. (2016): 91–118.

Ayun, Q.. Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. (2016): 91–118.

Ayun, Q.. Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. (2017): 102-122.

Basyar, M. K. Membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian pada siswa boarding school dengan strategi musyrif. Journal Of Administration and Educational. (2020): 1375

Bullah, H., & Rokhman, M. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Perspektif Al Qur’an dan Hadis.: Jurnal Pendidikan (2020): 709

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. (2021): books.google.com.

Darwin, M. Resensi Buku: Menjadi Pemimpin yang Inspiratif dan Inovatif. Populasi. (2020): 63390-30487

Fiah, R. El, & Hizri, M. Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial. (2020): 54-59

Hakim, H. L. Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin Di Era Global. Civics Education and Social Science Journal (Cessj). (2020):, 129–143.

Hasnahwati, H. Implikasi Pendidikan Islam Sejak Anak Dalam Kandungan. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan.(2021): 675.

Helmy, Z., & Jamil, A. S. Restrukturisasi Sistem Pelatihan Kepemimpinan dalam Membentuk Calon Pemimpin Masa Depan: Pendekatan Studi Literatur. AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies.1.1. (2020): 1–17.

Jarbi, M. Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais. (2021): 1051.

Kurniati, M., Surur, M., & Rasyidi, A. H. Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik Dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat. Al-Bayan. (2019): 80.

Mahyudin, M. Karakter dan Konsep Pemimpin dalam Perspektif al-Qur’an. Takuana: Jurnal Pendidikan (2022): 36.

Mansyur, A. R. Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal. (2022): 131.

Muhammad, D. H., Deasari, A. E., & ... Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. Pendidikan Islam . (2021): 821

Mustajib, N. M. Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Studi di MTs An Nawawiyyah Ringinagung Keling Kepung.. 81822462. (2021): 42.

Nurrita, T. Pendidikan anak dalam konsep Islam. In MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist SyariAh. 126. (2021): 85.

Pahlawati, E. F. Peranan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak Dalam‎ Perspektif Pendidikan‎ Islam. In Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial.3980. (2020): 2947.

Permady, G. C., & Zulfikar, G. Pembentukan Karakter Kepemimpinan melalui Social Movement pada Organisasi Kemahasiswaan. 11. (2021). 964–972.

Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta’lim. http://journal.uml.ac.id/TL/article/view/284

Rasyid, S. Sistem Pendidikan Tahfidzul Qur’an Dalam Membentuk Karakter Pemimpin Berintegritas Di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (2022): 83306

Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. … Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak. (2021): 2928

Rohimah, R. B., Atqiyya, P. Y., & Peran Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Islam. Karakter JAWARA.(2021): 11605

Rosyid, M. A. N., & Zahro, A.. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Perspektif Quraish Shihab. Jurnal MUDARRISUNA. (2020): 5251.

Safi’i, I. Model kepemimpinan kyai dalam membentuk santri mandiri di era 4.0. (2020): 2364.

Salsabila, F. Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia (2022): 267.

Santosa, S. Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak Di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD. (2021).61.

Saputra, W. Pendidikan anak dalam keluarga. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam. (2021): 1609.

Sukatin, E. R. Z., Tasifah, S., Triyanti, N., & Pendidikan anak dalam Islam. (2020): 7345.

Supriani, Y., & Arifudin, O. Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu. (2023): 326.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Tambak, Syahraini. "Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 110-127.

Tambak, Syahraini. "Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam." Yogyakarta: Graha Ilmu (2014).

Tambak, Syahraini, et al. "Islamic Professional Madrasa Teachers and Makarim Syari’ah in Teaching: A Phenomenological Approach." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4343-4354. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3475

Tambak, Syahraini, and Rahmayani Siregar. "Development of Higher Order Thinking Skills Through Project-Based Learning Methods." Halaqa: Islamic Education Journal 7.1 (2023): 45-56. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1623

Thaib, H. Pendidikan dan Pengasuhan Anak Menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Perdana Publishing. (2012).

Thaib, M. H., & Hasballah, Z. Pendidikan dan Pengasuhan Anak Menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Perdana Publishing. (2012).

Yunita, N. Y., & Irsal, I. L. Komunikasi Dalam Pendidikan Anak. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. (2021): 2045.

Zed, M. Metode Penelitian Kepustakaan. Buku Obor. (2014).

Additional Files

Published

30-12-2023

How to Cite

Yovi Carina Zenaida, Dedi Ardiansyah, & Wahyu Widodo. (2023). Membentuk Generasi Pemimpin Masa Depan: Eksplorasi Pendidikan dan Pengasuhan Anak Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 257–274. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14282