Pengembangan Booklet Pendidikan Islam sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa

Authors

  • Anista Ika Surachman Sekolah Tinggi Agama Islam Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

booklet, moderasi beragama, media pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet sebagai media edukasi dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragana dan mengetahui efektivitas penerapan booklet sebagai media edukasi dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama pada siswa SMA/MA/SMK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama pada siswa SMA/MA/SMK. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji kelayakan produk dari 3 orang ahli termasuk sangat layak dibuktikan dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,50, penilaian dari 3 orang guru PAI menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk sangat layak dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,38. . Penerapan booklet sebagai media pendidikan dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama bagi siswa SMA/MA/SMK dapat dikatakan efektif. Hal ini terlihat dari hasil uji komparasi dengan U Mann Whitney yang menunjukkan bahwa nilai p-significance masing-masing variabel lebih rendah dari taraf signifikansi 5% (p-value<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Aziz Aceng. et.al. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam". Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.

Abror, Mhd. "Moderasi beragama dalam bingkai toleransi." Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 1.2 (2020): 143-155. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Akhmadi, Agus. "Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia." Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan 13.2 (2019): 45-55.

Ali, Nuraliah. "Measuring religious moderation among Muslim students at public colleges in Kalimantan facing disruption era." INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 14.1 (2020): 1-24. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.1-24

Ami, Mucharommah Sartika. ‘Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI’. BioEdu 1, no. 2 (2012): 10–13.

Aqib, Zaenal. Model-Model Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YRama Widya, 2013.

Azwar, Syaifudin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Baragay, F. E. K., (2016). Efektivitas DHE Dengan Media Booklet dan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Jurnal e-Gigi Volume 4 Nomor 2. Hlm 76-82.

Daryono, Rihab Wit. "Validation and Development of Video-Based Learning Media to Increase Competency Achievement in Civil Engineering Education." Technium Education and Humanities 1.1 (2021): 15-25. https://techniumscience.com/index.php/education/article/view/6125

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi Ke-9. Universitas Diponegoro, 2018.

Harahap, Sumper Mulia, Fatahuddin Aziz Siregar, and Darwis Harahap. "Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.1 (2023): 65-102. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i1.16187

Harianto, Eko. "Publication trends of journal articles about religious moderation in recent years: Bibliometric analysis." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 11.2 (2022): 125-138. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i2.375.

Hoiroh, A’an Muhajar Mawaddatul, and Isnawati Isnawati. ‘Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA’. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9, no. 2 (31 May 2020): 292–301. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301.

Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama.Jakarta: Badan Litbang dan dikat Badan Kementrian Agama RI, 2019.

Kemenag. ‘Menag Sebut Moderasi Beragama Salah Satu Solusi Terbaik Antisipasi Potensi Konflik’. https://kemenag.go.id. Accessed 12 June 2023. https://kemenag.go.id/nasional/menag-sebut-moderasi-beragama-salah-satu-solusi-terbaik-antisipasi-potensi-konflik-hhdodu.

Muhlisin, Muhlisin, Nur Kholis, and Juwita Rini. "Navigating the Nexus: Government Policies in Cultivating Religious Moderation Within State Islamic Higher Education." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.1 (2023): 207-236. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i1.12677

Mulyadi, Rahmat, Nandang Faturohman, and Lukman Nulhakim. "Pengembangan Media Prezi Video dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 174-188. DOI:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12563

Mustakim, Zaenal, Fachri Ali, and Rahmat Kamal. ‘Empowering Students as Agents of Religious Moderation in Islamic Higher Education Institutions’. Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (30 June 2021): 65–76. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.12333.

Nor, S. "Jemi’an. 2020. Pemikiran Tasawuf Said Aqil Siroj. Dari Narasi Sufistik ke Komitmen Kebangsaan." Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 1: 20-36.

Nurdin, Fauziah. "Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist." Jurnal Ilmiah Al-Mu ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif 18.1 (2021): 59-70. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Prasojo, Zaenuddin Hudi, and Mustaqim Pabbajah. ‘Akomodasi Kultural Dalam Resolusi Konflik Bernuansa Agama Di Indonesia’. Aqlam: Journal of Islam and Plurality 5, no. 1 (15 March 2023). https://doi.org/10.30984/ajip.v5i1.1131.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2014.

Puspita, Avisha, Arif Didik Kurniawan, and Hanum Mukti Rahayu. "Pengembangan media pembelajaran booklet pada materi sistem imun terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Pontianak." Jurnal Bioeducation 4.1 (2017). https://doi.org/10.29406/524.

Saputra, Muhammad Nur Adnan, et al. "Deradikalisasi Paham Radikal Di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6.2 (2021): 282-296. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109

Shihab, M. Quraish. Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati Group, 2019.

Sucipto, Sigit Dwi, Rani Mega Putri, and Silvia Ar. "Development of E-Booklet Media to Improve Students’ Self-Regulated Learning." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.3 (2022): 2823-2828. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1397

Sulhan, Muhammad, and Muhammad Rizal Januri. "ESENSI AGAMA DALAM KONFLIK SOSIAL DI KABUPATEN POSO MENGGUNAKAN TEORI KARL MARX: SEBUAH LITERATUR REVIEW [THE ESSENCE OF RELIGION IN SOCIAL CONFLICT AT POSO REGENCY USING THE THEORY OF KARL MARX: A LITERATURE REVIEW]." Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications 2.1 (2022). https://jurnal.pabki.org/index.php/aiccra/article/view/171.

Suryadi, Rudi Ahmad. ‘Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam’ 20, no. 1 (2022).

Sutrisno, Edy. ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan’. Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (27 December 2019): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini. "The method of counteracting radicalism in schools: Tracing the role of Islamic religious education teachers in learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v45i1.761

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Utami, Annisa Tri, and Erfahmi Erfahmi. "FENOMENA REMAJA DALAM MASA TRANSISI." Serupa The Journal of Art Education 9.1 (2020): 11-21. https://doi.org/10.24036/stjae.v9i1.107986

Violla, Rahma, and Reno Fernandes. ‘Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi’. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (30 September 2021): 13–23. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i1.144.

Winarni, Endang Widi. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara, 2021.

Zada, Khamami, Agus Muhammmad, and Hasibullah Satrawi. Membentengi Sekolah Dari Radikalisme. Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama RI, 2016.

Zaduqisti, Esti, et al. "On being moderate and peaceful: Why Islamic political moderateness promotes outgroup tolerance and reconciliation." Archive for the Psychology of Religion 42.3 (2020): 359-378. https://doi.org/10.1177/00846724209312

Additional Files

Published

30-12-2023

How to Cite

Surachman, A. I. (2023). Pengembangan Booklet Pendidikan Islam sebagai Media Edukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 230–256. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/14230