Integrasi Nilai Local Wisdom Bugis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Rustan Efendy Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Istiqamal Istiqamal Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Abdul Rahim Karim Institut Agama Islam Negeri Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

Abstract

Integrasi pengetahuan local wisdom Bugis ke dalam pengajaran agama Islam menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran rinci tentang bagaimana program pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama memasukkan pengetahuan tradisional ke dalam kurikulumnya. Dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, metode penelitian ini mengandalkan sumber data kualitatif. Teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman, khususnya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan, dimasukkan ke dalam teknik analisis data. Selain itu, teknik induksi analisis yang ditingkatkan juga digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Nilai-nilai local wisdom pembelajaran pendidikan agama Islam mencakup nilai kebudayaan Bugis yaitu alempureng, amaccang, assitinajang, agettengeng, reso, dan siri', (2) Proses integrasi nilai-nilai local wisdom melalui proses pembelajaran berbasis local wisdom, Silabus berbasis local wisdom, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis local wisdom, dan (3) Dampak nilai-nilai local wisdom terhadap pembentukan akhlak dilakukan melalui penanaman karakter peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah integrasi nilai local wisdom pada pembelajaran pendidikan agama Islam telah dilakukan melalui kegiatan akademik. Saran atau rekomendasi penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan nilai local wisdom ke dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Fuad Ali. Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Dan Minat Belajar Siswa Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Diss. IAIN Ponorogo, 2021. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17270

Amin, Nasrul, Feri Siswanto, and Lukman Hakim. "Membangun Budaya Mutu yang Unggul dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam." Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2.1 (2018): 94-106. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V2I1.308

Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications, 2016.

Efendy, Rustan, and Irmwaddah Irmwaddah. "Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa." Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.1 (2022): 28-33. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1976

Elmahady, Muhaemin. "Islam dan Kearifan Lokal di Sulawesi Selatan Pasca Islamisasi." Hikmah: Journal of Islamic Studies11.1 (2020): 83-104. http://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/146/110

Erawati, Desi, and Rahmayanti Rahmayanti. "Development of local wisdom-based islamic education learning material for secondary school students: A design-based research." Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan 6.2 (2021): 148-165. https://doi.org/10.25217/JI.V6I2.1601

Nuwa, Gustav Gisela. "Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam." Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.2 (2020): 1-17. https://doi.org/10.30863/ATTADIB.V1I2.945

Firman, Firman, et al. "Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13.3 (2021): 2146-2158. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.843

Geertz, Clifford, and Amri Marzali. "Mojokuto: dinamika sosial sebuah kota di Jawa." Grafity Press (1986).

Hasibuan, Lias, and Kasful Anwar US. "Pendidikan Islam, Perubahan Sosial, dan Pembangunan di Indonesia." Asatiza: Jurnal Pendidikan 3.1 (2022): 48-59. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V3I1.469

Handayani, Titik. "Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global." Jurnal Kependudukan Indonesia 10.1 (2015): 53-64.

Huda, Miftahul. "Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial." Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10.1 (2015): 165–188. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V10I1.790

Agustang, K. "Korelasi Petuah Bugis Pappaseng dengan Hadis-Hadis Tarbawi (Telaah Catatan Mappiasse Gule Dalam 100 Ada-Ada Pappaseng Toriyolo)." Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 18.01 (2018): 1-18. https://doi.org/10.32939/ISLAMIKA.V18I01.269

Karim, Abdul Rahim. "Strategy for strengthening the characteristics of students in tsanawiyah madrasa." Pappaseng: International Journal of Islamic Literacy and Society 1.1 (2022): 13-22.

Kaso, Nurdin, and Ervi Rahmadani. "Correlation of Learning Methods with Learning Styles of Junior High School Students in Bulukumba Regency." Jurnal Sinestesia 12.1 (2022): 190-200. https://sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/170

Khayyira, Aafiya. Nilai-Nilai Budaya Bugis dalam Sastra Bugis Klasik oleh Nur Azisah Syahril. Diss. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 2020. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17222

Khoiriyah, Siti, et al. "Sustainable Islamic Education: Literature Study Towards Achieving the Vision of Sustainable Development Goals (SDGs)." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 8.1 (2023): 12-28. https://doi.org/10.35316/JPII.V8I1.492

Layaliyana, Aifatun, Sigit Santosa, and Dini Octoria. "Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share dengan Course Review Horay." Jurnal Tata Arta, UNS 2.2 (2016): 121-131. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/9251

Maryaningsih, Novi, Oki Hermansyah, and Myrnawati Savitri. "Pengaruh infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia." Bulletin of Monetary Economics and Banking 17.1 (2014): 62-98. https://doi.org/10.21098/BEMP.V17I1.44

Mashuri, Saepudin. "Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Daerah Pasca Konflik." Pendidikan Multikultural 5.1 (2021): 79-119.

Mattulada, Latoa. "Satu Lukisan Analitis terhadap Antropologi Politik Orang Bugis." Universitas Hasanuddin (1985).

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. "Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd." (2014).

Moleong, Lexy J. "Metodologi Penelitian Kualitatif . Remaja Rosdakarya." (2018).

Muhardi, Muhardi. "Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia." Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 20.4 (2004): 478-492. https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Muslich, Masnur. Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara, 2022.

Novida, Ade. "Analisis Nilai Pendidikan dan Nilai Budaya dalam Film ‘Kartini’Sutradara Hanung Bramantyo." Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra) 1.1 (2020): 19-30. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/153

Oka, Ida Bagus. "Penggunaan model pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite, review) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris." Journal Of Education Action Research 4.3 (2020): 256-263. https://doi.org/10.23887/JEAR.V4I3.27175

Rahayuningsih, Fajar. "Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila." SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1.3 (2021): 177-187. https://doi.org/10.51878/SOCIAL.V1I3.925

Rangkuti, Rizki Kurniawan, Wahyu Azhar Ritonga, and Sangkot Idris Ritonga. "Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran ekspositori berbantuan media autograph." Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika 1.1 (2020): 7-14. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/121

Ridder, Hans-Gerd. "Book Review: Qualitative data analysis. A methods sourcebook." (2014): 485-487. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Riza, S. "Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam". Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 12.1 (2022): 131–142. https://doi.org/10.22373/JM.V12I1.13299

Rohimah. "Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai Upaya Guru dalam Menangani Siswa Underachiever". Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 6.2 (2023): 247–262. https://doi.org/10.34005/TAHDZIB.V6I2.3303

Safitri, Auliah, and Suharno Suharno. "Budaya Siri’Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan." Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 22.1 (2020): 102-111. https://doi.org/10.25077/JANTRO.V22.N1.P102-111.2020

Sari, Ikke Pradima. "Integrasi Wawasan Global Dan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Islam (Studi tentang Konsep dan Strategi Glokalisasi di Afkaaruna Islamic School Yogyakarta)." (2021). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31965

Setiawati, Delvia Rini, and Nanang Heryana. "Nilai Budaya dalam Novel Lontara Rindu Karya S. Gegge Mappangewa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4.1 (2015): 1–14. https://doi.org/10.26418/JPPK.V4I1.8738

Suwartini, Sri. "Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan." Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4.1 (2017). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V4I1.2119

Syarif, Erman, et al. "Integrasi nilai budaya etnis Bugis Makassar dalam proses pembelajaran sebagai salah satu strategi menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA)." Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 1.1 (2016): 13-21. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/221

Sistem Pendidikan Nasional, JDIH BPK RI (2003).

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Islamic Teacher's Ethical Behavior, Identity Formation, and Writing Assessment: A Phenomenological Inquiry." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan15.4 (2023): 4943-4952. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4570

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Case-Based Learning Method in Learning: Is it Effective to Improve Teaching Skills of Madrasa Teachers in Indonesia?." Journal of Learning for Development 11.1 (2024): 151-164. https://doi.org/10.56059/jl4d.v11i1.763

Tambak, Syahraini, et al. "Development of Madrasah Teacher Leadership Competency: Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning." Pegem Journal of Education and Instruction 14.3 (2024): 243-255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Student Involvement Within Islamic Teacher Education: For a Future Profession." QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 11.2 (2024): 317-352. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i2.8141

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, et al. "Problem-based learning methods: Is it effective for developing madrasa teacher social competence in teaching?." Journal of Education and Learning (EduLearn)17.3 (2023): 342-353. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20796

Tambak, Syahraini, Mardhiyah Hayati, and Mujahid Mustafa Bahjat. "Academic Writing Skills in Islamic Higher Education: Engaging Inquiry-based Learning Methods." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8.1 (2023): 18-34. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12882

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher Identity, Islamic Behavior, and Project-Based Learning Methods for Madrasah Teachers: A Phenomenological Approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17396

Ulfatin, Nurul. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.

Widodo, Faizal. "Merawat Eksistensi Nilai-Nilai Budaya Nasional melalui Penguatan Kearifan Lokal." Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya 1.2 (2020): 17-31. https://doi.org/10.55623/AD.V1I2.29

Wirawan, Zose, M. Agus Martawijaya, and Ahmad Yani. "INTEGRASI KEARIFAN LOCAL KE DALAM BAHAN AJAR FISIKA DI SEKOLAH." Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science 4.1 (2022): 126-138. https://doi.org/10.52208/KLASIKAL.V4I1.135

Wulandari, Wahyu Trias, and Mundilarto Mundilarto. "Pengembangan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo." Jurnal Cakrawala Pendidikan 35.3 (2016). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10433

Yasin, Ilyas. "Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management." Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)2.3 (2021): 239-246. https://doi.org/10.54371/AINJ.V2I3.87

Yin, Robert K. Case study research: Design and methods. Vol. 5. Sage, 2009..

Yusuf, Munir, Muhammad Yaumi, and Moh Sain Hanafi. "Elementary Teacher Professionalism and Workload: Case Study at Palopo City Elementary School." International Journal of Asian Education 2.4 (2021): 581-588. https://doi.org/10.46966/IJAE.V2I4.248

Zainiyati, Husniyatus Salamah, Suryani Suryani, and Abdul Rahim Karim. "Reaffirmation of Student Religiosity through Religion Teacher Strategies: An Exploratory Study in the Era of Globalization." QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 16.1 (2024): 49-64. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V16I1.3204

Additional Files

Published

30-06-2024

How to Cite

Rustan Efendy, Istiqamal Istiqamal, & Abdul Rahim Karim. (2024). Integrasi Nilai Local Wisdom Bugis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 1–15. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/11173