Implementasi Pendidikan Akhlak Mulia di SMA Setia Dharma Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan akhlak Mulia serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian adalah kualitataif yang dilaksanakan di SMA Setia Dharma Pekanbaru dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Untuk pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan Focus roup Discussion. Tehnik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verifikasi data kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang telah disajikan secara bertahap hingga menjadi temuan penelitian. Tulisan ini menyimpulkan bahwa:kepala sekolah dan para guru sudah berupaya mengimplementasikan pendidikan akhlak mulia kepada para peserta didik baik dari aspek pendidikan keteladanan, pembiasaan, perhatian, pemberian nasehat, dan hukuman yang mendidik. Faktor pendukung dari kepala sekolah yang berupaya mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada warga sekolah dan adanya kerjasama antara kepala sekolah dan komponen lainnya. Faktor penghambat masih kurang memadainya musholla dan alokasi dana untuk kegiatan keagamaan.
Downloads
References
Al-Barik, Haya Binti Mubarok. Mausu’ah al-Mar’atul Muslimah, terj. Amir Hamzah Fachrudin, Ensiklopedi Wanita Muslimah”, Jakarta : Darul Falah, Cet. IV, 1998.
Al-Bashry, Abu al-Hasan Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi. Adab al-Dunya wa al-Diin, Kairo : Dar al-Fikr, tt.
Al-Ghazali, Imam. Ihya’ ulum al-Din, Kairo: al-Mashad al-Husain, tt.
Al-Jumbulati, Ali, alih bahasa: H.M. Arifin, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1994.
Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak), alih bahasa: Farid Ma’ruf, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1995.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Asmaran AS, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Az-Za’balawi, M. Sayyid Muhammad. Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani, 2007.
Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada, 2001.
Daradjat, Zakiah. Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1976.
Djanika, Rachmat. Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia), Jakarta: Pustaka Panji Mas, 1996.
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2012.
Langgulung, Hasan. Azas-azas Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Al-Husna Zikra, Edisi revisi, 2000.
Ma’luf, Luis. Kamus al-Munjid, BeirutL al-Maktabah al-Katulikiyah, tt.
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2015.
Miskawih, Ibn. Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1997.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Quthb, Muhammad. t.t, Terj. Salman Harun “Sistem Pendidikan Islam”, Bandung: Ma-arif, 1993.
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam mulia, 2009.
Shihab, Quraish.Wawasan al-Qu’ran, Bandung: Mizan, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jakarta: Alfabeta, 2012.
Sujadi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka cipta, 2003.
Suryanto dan Djihad Hisyam, Pendidikan di Indonesi Memasuki Millennium III,Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
Syahidin, Metode Pemdidikan Qurani, Teori dan Aplikasi, Jakarta: Misaka Galiza, 2001.
Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, Kairo : Dar al-salam, 2011.
Ya’kub, Hamzah. Etika Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1991.