Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG)
DOI:
https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045Keywords:
Peningkatan, Profesionalisme Guru, Kelompok Kerja GuruAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan profesionalisme guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Tulisan ini bermanfaat bagi para guru, pentingnya mengikuti kegiatan KKG PAI untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan, dan profesionlaisme guru dalam proses belajar-mengajar. Pertama, Peningkatan kemampuan profesioanal guru PAI menuntut adanya wadah, antara lain untuk komunikasi, informasi, diskusi dan pembinaan sesama guru PAI. Kedua, Peningkatan kemampuan Guru KKG sebagai guru profesional adalah guru yang menguasai karakteristik bahan ajar dan karakteristik peserta didik. Karakteristik bahan ajar meliputi konsep, prinsip, teori yang terdapat dalam bahan ajar. Karakteristik peserta didik meliputi potensi, sikap, minat, akhlak mulia, dan personaliti peserta didik. Ketiga, Kelompok Kerja Guru PAI bertujuan untuk Meningkatkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab sebagai pendidik agama islam yang bertujuan menanamkan keimanan (tauhid) dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Menumbuhkan kegairahan Guru PAI untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Bafadal, Ibrahim. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Dairi, Rizal. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UIR Pres. 2008.
Danim, Sudarwan. Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006.
Faisah, Hasnah. Menulis Karangan Ilmiah, Pekanbaru: Cendikia Insani, 2011.
Harnalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Http: Hidayatiramli. blogspot. Com /2016/11/ peningkatan- profesional- guru- melalui-kkg. Karya ilmiah Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Etika Profesi, Jakarta: Depertemen Agama, 2009. html.
Http: Hucokhs. Blog. spot. com /2016/12/14/pengertian-dan-sejarah berdirinya-kkg.html).
Http: Sayyidridlo 27.blogspot. com/2016/06/ Karya ilmiah: Pedoman Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Pada Sekolah Dasar. Departemen Agama Jawa Timur.blogspot.com.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.
Nafis, Ahmadi H. Syukran. Pendidikan Madrasah Dimensi Profesional Dan Kekinian Yogyakarta: LeksBang Presindo, 2010.
Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta. 2010.
Suwatra, I Wayan. Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Tambak, Syahraini. Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Tim Dosen, Pedoman penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Pekanbaru. 2010.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.