Gaya Belajar dan Kreatifitas Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Authors

  • M. Arif Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
  • Najmi Hayati Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Afrinaldi Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
  • Siti Saputri Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia
  • Ridwan Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).10029

Keywords:

Gaya Belajar, Kreatifitas

Abstract

Dewasa ini gaya belajar dapat menjadi permasalahan urgent pada setiap mahasiswa maka sangat diperlukan kreatifitas dalam meningkatkan minat belajar agar meningkat pula sistem pendidikan di Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti menawarkan desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei. Penelitian yang dilakukan di IAIN Bukittinggi ini melibatkan 44 mahasiswa dengan instrumen penelitian yaitu mengumpulkan data berupa angket dengan skala likert. Penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif terdiri dari nilai min, standar deviasi, persentase dan frekuensi. Sedangkan statistik inferensial melibatkan penggunaan teknik statistik MANOVA dan Korelasi Pearson. Adapun hasil dari penelitian ini ialah tingkat gaya belajar kompetitif, menghindar dan bebas berada pada level tinggi, sedangkan gaya belajar kolaboratif berada pada level rendah. Serta kreatifitas keaslian, kelenturan dan kelancaran mahasiswa berada pada tahap yang dominan atau tinggi. Tes MANOVA menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan jenis gaya belajar dan kreatifitas mahasiswa berdasarkan gender. Namu pada analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan kreatifitas mahasiswa. Penelitian seperti ini diharapkan dapat dilakukan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan guna mengetahui perubahan gaya belajar dan kreativitas mahasiswa seperti dapat mengaitkan dengan variabel lain di antaranya gaya belajar, strategi belajar dan prestasi akademik, karakteristik kepribadian dan prestasi akademik,. Ketiga variabel tersebut tidak dibahas dalam penelitian ini. Padahal, akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa jika ketiga variabel ini dipelajari dan diidentifikasi penyebabnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Indah Mawarni. “Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah Dalam Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 222–43, doi:10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7382.

Altun, Fatma, and Hikmet Yazici. “Learning Styles of the Gifted Students in Turkey.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 9, Elsevier, 2010, pp. 198–202.

Amir, Ruslin. “Stail Berfikir, Stail Pengajaran Dan Stail Pembelajaran Pensyarah Dan Pelajar UKM.” Ijazah Kedoktoran Fakulti Pendidikan, UKM Bangi, 2007.

Buntat, Yahaya, et al. “Faktor-Faktor Yang Mendorong Kreativiti Di Kalangan Pelajar, Universiti Teknologi Malaysia.” Journal of Educational Psychology and Counseling, vol. 2, no. 1, 2011, pp. 175–208.

Chuenjitwongsa, Supachai, et al. “Competence, Competency‐based Education, and Undergraduate Dental Education: A Discussion Paper.” European Journal of Dental Education, vol. 22, no. 1, Wiley Online Library, 2018, pp. 1–8.

Darmuki, Agus, and Ahmad Hariyadi. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.” KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 62–72.

Gagne, Faby M., and John E. Lydon. “Mind-Set and Close Relationships: When Bias Leads to (in) Accurate Predictions.” Journal of Personality and Social Psychology, vol. 81, no. 1, American Psychological Association, 2001, p. 85.

Grasha, Anthony F. Teaching with Style: A Practical Guide to Enhancing Learning by Understanding Teaching and Learning Styles. Alliance publishers, 1996.

Hasanudin, Cahyo, and Ayu Fitrianigsih. “Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Flipped Classroom.” Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 6, no. 1, 2019, pp. 31–36.

Irawan, Deddy. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Melalui Pembelajaran Model 4K Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII.” Skripsi. Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang, 2015.

Isnanda, Romi, et al. “Teks Berwawasan Kecerdasan Ekologis Dalam Pembelajaran Bahasa Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 354–66, doi:10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7926.

Lian, Ivy. Pengaruh Tret Personaliti Dan Motivasi Terhadap Kreativiti Pelajar: Satu Kajian Di Sebuah Sekolah Di Kota Kinabalu, Sabah. Universiti Malaysia Sabah, 2016.

Liu, Elaine S. C., et al. “Effects of Approach to Learning and Self-Perceived Overall Competence on Academic Performance of University Students.” Learning and Individual Differences, vol. 39, Elsevier, 2015, pp. 199–204.

M. Sudrajat & Tjuju S. Achyar. Statistika Konsep Dasar Dan Pengolahan Data. Widya Padjadjaran, 2012.

Mariani, Azhari, and Zaleha Ismail. “Pengaruh Kompetensi Guru Matematik Ke Atas Amalan Pengajaran Kreatif.” 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013), vol. 2020, 2013, pp. 2006–10.

Mohamad, Baharom, and Iliyas Hashim. Gaya Pengajaran & Pembelajaran. PTS Professional Publishing, 2010.

Munandar, Utami S. C. “Kreativitas.” Jakarta: Dian Rakyat, 1998.

Norizan, E., et al. Kajian Tinjauan (Secara Kuantitatif). Dlm Noraini, I.(Ed.) Penyelidikan Dalam Pendidikan, Ms 196–214. Kuala Lumpur: McGraw-Hill, 2010.

Nurmasari, Nina. Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas Xi IPA Sma Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. UNS (Sebelas Maret University), 2014.

Pallant, Julie. SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Routledge, 2020.

Papilaya, Jeanete Ophilia, and Neleke Huliselan. “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Undip, vol. 15, no. 1, 2016, pp. 56–63.

Piaw, Chua Yan. “Effects of Gender and Thinking Style on Student’s Creative Thinking Ability.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 116, Elsevier, 2014, pp. 5135–39.

Pratitis, Niken Titi. “Peran Kreativitas Dalam Membentuk Strategi Coping Mahasiswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Gaya Belajar.” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, vol. 2, no. 3, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2013.

Restanto, Rudi, and Helti Lygia Mampouw. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Numeracy, vol. 5, no. 1, 2018, pp. 29–40.

Rhodes, Mel. “An Analysis of Creativity.” The Phi Delta Kappan, vol. 42, no. 7, JSTOR, 1961, pp. 305–10.

Sagone, Elisabetta, and Maria Elvira de Caroli. “Creativity and Thinking Styles in Arts, Sciences, and Humanities High School Students.” Revista INFAD, Universidad de Extremadura, 2012.

Sugiyono, Dr. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2013.

Supardi, U. S. “Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 2, no. 2, 2015.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tanjung, Wisudatul Ummi, and Dian Namora. Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri. Vol. 7, no. 1, 2022, doi:10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796.

Turki, Jihad. “Learning Styles of Gifted and Non-Gifted Students in Tafila Governorate.” International Journal of Humanities and Social Science, vol. 4, no. 5, Citeseer, 2014, pp. 114–24.

Additional Files

Published

27-07-2022

How to Cite

M. Arif, Hayati, N., Afrinaldi, Saputri, S., & Ridwan. (2022). Gaya Belajar dan Kreatifitas Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 231–245. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).10029