Nilai-Nilai Pendidikan Pembelajaran Matematika dari Perspektif Islam: Telaah Materi Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat

Penulis

  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Hasanah Ritonga Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9780

Kata Kunci:

Islam, library research, matematika, operasi bilangan bulat.

Abstrak

Efek dari pergaulan bebas saat ini menyebabkan generasi muda menjadi rusak. Selain itu juga membuat nilai-nilai karakter atau akhlaq yang ada pada anak mulai terkikis secara perlahan. Dalam pembelajaran matematika, guru dapat membangun karakter religius untuk siswa melalui integrasi nilai-nilai pendidikan dalam pembelajaran matematika guna membentuk insan yang Islami. Karakter religius sangatlah dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi perubahan zaman dan kemerosotan moral. Bukan hanya melalui pendidikan agama, akan tetapi melalui pembelajaran matematika Islami khususnya pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam pembelajaran operasi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif sedangkan untuk menganalisisnya peneliti menggunakan cara content analysis atau analisis isi. Hasil analisis data yang dilakukan terdapat enam nilai-nilai karakter yang ada pada materi operasi bilangan bulat yaitu nilai disiplin, nilai tolong-menolong, nilai teliti, nilai kerja keras, nilai religius, dan nilai jujur. Dengan diterapkannya nilai-nilai Islam terbentuklah karakter atau akhlaqul karimah pada siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aksara, D. R. (2013). Al-Quran dan Terjemahnya. Pena Pundi.

Arrasaail. (2020). Kumpulan Terjemahan Hadist dalam Bahasa Indonesia. https://idhadits.wordpress.com/category/hadits-riwayat-at-tirmidzi/

Budiarti, M. C. P., & Aziz, D. K. (2021). Mengungkap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Tanah Surga Katanya Karya Danial Rifki dan Relevansinya terhadap Pendidikan Anak Madrasah Ibtidaiyah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 88–111.

Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3993

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 346–352.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Toeritis dan aplikatif. Literasi Nusantara.

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Khalisa, A. M., Herlina, S., Suripah, S., & Yolanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 128–136.

Kholil, M. (2018). Matematika Akhlak: Internalisasi Sikap-Sikap Terpuji (Akhlak Mahmudah) dalam Sistem Bilangan Melalui Strategi Analogi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 50–64.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Rifai, A. (2018). Pendidikan Karakter dan Pendidikan Akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajaGrafindo Persada.

Santosa, A. B., & Zuhaery, M. (2021). Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 84–89. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(1).7552

Sari, W. P., & Hamdy, M. I. (2021). Pengamalan Nilai Sosial dan Pendidikan Keagamaan pada Kehidupan Masyarakat Muslim Riau. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(1), 67–73. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(1).6705

Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1247

Syafri, U. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. RajaGrafindo Persada.

Wahyudi, M. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 351–360. https://doi.org/10.37481/sjr.v2i3.84

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2022-07-12

Cara Mengutip

Firdaus, F., & Ritonga, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Pembelajaran Matematika dari Perspektif Islam: Telaah Materi Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9780
Received 2022-06-21
Accepted 2022-07-07
Published 2022-07-12