Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana

Penulis

  • Indri Rochmatika SMA Negeri 1 Tukdana_Indarmayu
  • Enceng Yana Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491

Kata Kunci:

digital literacy, gaya belajar, berpikir kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan gaya belajar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Tukdana Kabupaten Indramayu pada tahun 2022 sebanyak 150 siswa. Sampel terpilih sebanyak 71 siswa sebagai responden, selanjutnya siswa dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan deskripsi data penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) literasi digital secara parsiap berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Tukdana, (2) gaya belajar siswa SMA Negeri Tukdana berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Tukdana , dan (3) literasi digital dan gaya belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan secara simultan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aktoprak, A., & Hursen, C. (2022). A Bibliometric And Content Analysis of Critical Thinking In Primary Education. Thinking Skills and Creativity, 10(10), 29.

Asran, Nadiroh, & Solihatin, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng Kota Makassar). Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 251–265.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126-133.

Dicky Ramadhan Sudrajat, Disman Disman, I. W. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Khz Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 122–132.

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas penerapan literasi digital bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1397.

Miri B, D. B. &’Uri’ Z. (2007). Purposely Teaching For The Promotion Of Higher-Order Thinking Skills: A Case Of Critical Thinking” Research In Science Education. Research In Science Education, 37, 353–369.

Moyer, L. A. (2016). Engaging students in 21st century skills through non-formal learning (Doctoral dissertation Virginia Tech).

Nasrullah, R. et. a. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional.

Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi Hasil Penelitian yang Terintegrasi Teknologi Informasi dan komputer (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11762

Rahmawanty, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 201–210.

Suripah, S., & Susanti, W. D. (2022). Alternative Learning During A Pandemic: Use Of The Website As A Mathematics Learning Media For Student Motivation. Infinity Journal, 11(1), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p17-32

Yana, E. (2021). E-Learning, Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 147–152.

Yunsirno. (2013). Keajaiban Belajar. Pontianak: Jenius Publishing.

Diterbitkan

2022-07-07

Cara Mengutip

Rochmatika, I., & Yana, E. . (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491
Received 2022-05-28
Accepted 2022-06-09
Published 2022-07-07