Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Blended learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Penulis

  • Arifudin IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9474

Kata Kunci:

Aktivitas pembelajaran, Model Blended Learning, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model blended learning dan untuk mengungkap kendala yang dihadapi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tempat penelitian berada di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pontianak. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan model Blended learning dilakukan dalam dua sistem yaitu sistem tatap muka dan sistem online. Pembelajaran tatap muka dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Google Meet. Sedangkan pembelajaran online dilakukan dengan menggunakan aplikasi E-learning dan You Tube. Kendala yang dihadapi siswa saat mengikuti pembelajaran adalah kesulitan dalam memahami materi, apalagi jika pembelajaran dilakukan secara online. Selain itu, terbatasnya jaringan internet juga membuat siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Pembelajaran bahasa Arab dengan model blended learning hendaknya menyesuaikan dengan kebutuhan komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran keterampilan yang ekspresif harus dilakukan dengan sistem tatap muka. Sedangkan pembelajaran keterampilan reseptif dapat dilakukan secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifudin. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Ditinjau dari Asal Sekolah Mahasiswa (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Prodi PAI). An-Nizom, 5(3), 139–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/nz.v5i3.3891

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Dariyadi, M. W. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA), 980–987. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/743/705

Hadiansyah, M. H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Kemahiran Menyimak di MAN 1 Tulungagung. Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA), 207–215. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/130

Handayani, O. I. & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503

Hanifah, U., & Hajib, Z. A. (2020). Ahdāfu Ta’līmi al-lughah al ‘arabiyāh fī manhaji alfaīn wa tsalātsata ‘asyara (dirāsah tahlīlīyah ‘ala ma’āyīr ‘ālamīyah: aurūbīyah wa amrīkīyah). Al Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 155–147. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.01

Kemendikbud. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved October 5, 2020, from https://kbbi.web.id/sekolah

Khaerunnisa, F. (2019). Evaluasi Penerapan Blended Learning pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ibadurrahman: Studi Kasus di Kelas VII Akhwat. ALSUNIAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 2(2), 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i2.24808

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mufidah, N., Isyaty, I., Kholis, N., & Tahir, S. Z. Bin. (2018). ICT For Arabic Learning: A Blended Learning in Istima’ II. LISANUNA, 8(2), 174–183. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v8i2.4561

Sa’diyah, H. (2019). Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbasis Blended Learning Di Tingkat Perguruan Tinggi. Lugawiyyat, 1(1), 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/lg.v1i1.7880

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sulistio, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Penerapan Pembelajaran Sinkrong dan Asinkron melalui Google Classroom, Google Meet dan Aplikasi E-Learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 63-69

Sulistiono, M. (2019). Implementasi Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo pada Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2794

Supriyatno, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 112-129

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017

Uti, H. Y., Munir, & Said, S. D. (2021) JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(3), 10-17

Widodo, S. A. (2020). Pengembangan Dan Pemertahanan Bahasa Arab Melalui Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Al Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 195–216. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.03

Diterbitkan

2022-06-09

Cara Mengutip

Arifudin. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Model Blended learning pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9474
Received 2022-05-24
Accepted 2022-06-08
Published 2022-06-09