Edmodo Sebagai Media Alternatif Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi

Penulis

  • Prisuna Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9429

Kata Kunci:

edmodo, media, online learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran edmodo sebagai media alternatif pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar selama masa pandemi. Pada penelitian ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis dari artikel ilmiah yang berasal dari jurnal nasional dan internasional serta dokumen-dokumen yang dianggap relevan dengan kajian dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Edmodo memiliki peran sebagai media pembelajaran daring dapat ditinjau dari fitur-fitur yang ada didalamnya, antara lain: note (catatan), assignment (tugas), poll (pemilihan), quiz (kuis), library (perpustakaan). Dengan demikian Edmodo adalah salah satu media alternatif yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar selama masa pandemi. Salah satu kendala yang dihadapi peserta didik sekolah dasar dalam penggunaan edmodo sebagai alternatif media pembelajaran daring selama masa pandemi adalah cenderung pembelajaran satu arah dan kurangnya interaksi antar peserta didik ke guru serta antar sesame peserta didik yang mengakibatkan pembelajaran tidak berjalan sesuai harapan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Said, K. M. (2015). Students’ perceptions of edmodo and mobile learning and their real barriers towards them. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 167–180.

Almatrody, A., & Alhassan, R. (2017). The effect of teaching using cooperative learning through educational social network Edmodo on the academic achievement in a computer course. International Journal for Research in Education, 41(4), 115–148.

Arum, A. E., & Susilaningsih, E. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA UNNES, 438–444. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/578/496

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311

Brazendale, K., Beets, M. W., Weaver, R. G., Pate, R. R., Turner-McGrievy, G. M., Kaczynski, A. T., Chandler, J. L., Bohnert, A., & von Hippel, P. T. (2017). Understanding differences between summer vs. school obesogenic behaviors of children: The structured days hypothesis. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0555-2

Danver, S. L. (2016). The SAGE encyclopedia of online education. SAGE Publications.

Fahrudin, E., & Rohmani, M. (2016). PENERAPAN METODE E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO DI SMK GEMA BANGSA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI BIDANG IPTEK. PROSIDING TEMU ILMIAH NASIONAL GURU (TING) VII, November, 379–388.

Hafni, R. N. (2020). Matematika online : peran edmodo dalam pembelajaran. Jurnal Analisa, 6(2), 153–162.

Holttum, S. (2020). Research watch: Coronavirus (COVID-19), mental health and social inclusion in the UK and Ireland. Mental Health and Social Inclusion, 24(3), 117–123. https://doi.org/10.1108/MHSI-05-2020-0032

Kongchan, C. (2008). How a Non-Digital-Native Teacher Makes Use of Edmodo. International Conference ICT for Language Learning, 5th Edition.

Kuntarto, E. (2017). Journal Indonesian Language Education and Literature. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820 99

Magomedov, I. A., Khaliev, M. S.-U., & Khubolov, S. M. (2020). The negative and positive impact of the pandemic on education The negative and positive impact of the pandemic on education. Journal of Physics: Conference Series, 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1691/1/012134

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95–105.

Moore, J. L., Dickson-deane, C., & Galyen, K. (2010). Internet and Higher Education e-Learning , online learning , and distance learning environments : Are they the same ? Internet and Higher Education, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Oktaviani, A., Siswandari, & Muchsin, B. (2019). KEEFEKTIFAN PENERAPAN E-LEARNING EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA. Jurnal “Tata Arta,” 5(2), 75–87.

Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Mendikbud RI 2020 No. 4. (2020). Surat Edaran Mendikbud RI 2020 No. 4, Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

UNESCO. (2020). Covid-19 Educational Disruption And Response. UNESCO Report.

Wankel, C. (2012). Educating Educators with Social Media. Development and Learning in Organizations, 26(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1108/dlo.2012.08126caa.012

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Diterbitkan

2022-05-26

Cara Mengutip

Prisuna, B. F. (2022). Edmodo Sebagai Media Alternatif Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9429
Received 2022-05-11
Accepted 2022-05-25
Published 2022-05-26