Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP

Penulis

  • Riska Aprilia Universitas Islam Riau
  • Zetriuslita Zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan
  • Lilis Marina Angraini Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9374

Kata Kunci:

4-D, lembar kerja peserta didik, mmodel Problem based learning, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi statistika kelas VIII SMP yang valid. Dalam pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define (pendefenisian), tahap Design (perencanaan), tahap Develop (pengembangan), dan tahap Disermination (penyebaran). Tetapi dikarenakan situasi pandemi Covid-19 model pengembangan 4-D yang dilakukan hanya sampai tiga tahapan saja, yaitu: tahap Define (pendefenisian), tahapi Design (perencanaan), dan tahap Develop (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi Silabus, RPP, dan LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes berupa angket lembar validasi yang diberikan kepada tiga orang validator, yaitu dua orang dosen Pendidikan Matematika FKIP UIR dan satu orang guru matematika SMP Negeri 1 Singingi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi Silabus sebesar 88,71% dengan kategori isangat valid, untuk RPP sebesar 85,05% kategori sangati valid, dan untuk LKPD sebesar 86,85% kategori sangat valid. Berdasarkan penelitian pengembangan ini diperoleh perangkat pembelajaran denganimodel Problem Based Learnin ipada materi statistika kelas VIII SMP yang teruji kevalidannya

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lilis Marina Angraini, Universitas Islam Riau

 

 

Referensi

Alvionita, Abdurrahman, & Herlina, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMA. Aksiomatik, 7(1), 48–55.

Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Badan Standar Pendidikan Nasional. (2016). Model Penelitian Kelas. BNSP.

Instrumen Perangkat Pembelajaran. (Remaja Ros). (n.d.).

Kosasih, E. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). (PT.Raja Gr).

Ningsih, S. I. P. (2020). Penerapan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA 5 SMAN 7 Padang. Pillar of Physics Education, 13(3).

Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, (2014).

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putri, E. Y., & Suripah, S. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 02 Meral. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 43–54. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%25p

Sari, S. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 211–228.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Bumi Aksara.

UU RI. (2003). Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 pasal (1) ayat (1).

Widyanti, W., Zetriuslita, Z., Suripah, S., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 47–57.

Zetriuslita, ., & Andrian, D. (2020). Constructivism of Problem-Based Learning Failure in Increasing Students Critical Thinking and Strategy of Cognitive Conflict. 367–372. https://doi.org/10.5220/0009158703670372

Zetriuslita, ., & Ariawan, R. (2020). The Development of Integration Technique Teaching Materials based on Problem Based Learning in Integral Calculus Course. 123–129. https://doi.org/10.5220/0009094701230129

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Aprilia, R., Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Angraini, L. M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 21–27. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9374
Received 2022-04-24
Accepted 2022-04-28
Published 2022-04-28