Efektivitas Belajar Kelompok Terhadap Peningkatan Keterampilan berbicara bahasa Arab Bahasa Arab

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).15852

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Belajar kelompok, Keterampilan berbicara bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar kelompok terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Riau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik yang digunakan dalam menganalisa datanya yaitu uji validitas, uji normalitas dan uji hipotesis. populasi penelitian ini sebanyak 150 orang dan Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yaitu dengan satu kelompok yang berisikan delapan orang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode one-group dimana kelompok tersebut berisikan 8 orang mahasiswa dan didapati hasil dari pengujian hipotesis bahwa Sig. (2-Tailed) 0,950 lebih besar dari 0,05 (1/2 nilai). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Ho dapat diterima. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa hasil dari belajar kelompok pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Riau dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab dianggap efektif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alam, F. N. S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Siswa Untuk Meningkatkan Maharah Kalam. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 2(1), 1–12.

Almi, A. (2021). Efektivitas Praktikum Agama Islam Terhadap Pengetahuan Agama Islam Pada Mahasiswa Baru. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 799. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V9i4.6721

Ansori, A., & Samsudin, A. (2013). Transformasi Pembelajaran Di Pendidkan Non Formal (Upaya Mempersiapkan Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Menghadapi Tantangan Global Untuk Menjadi Manusia Pembelajar). Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 1–15.

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Faridah, L. U. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Dini. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 411–419.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida’, 37(1), 82–88.

Kayatun, S., & Kresnadi, H. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4).

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Masrifah, K. (2019). KORELASI ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM KREMBUNG. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Nurkhasanah, D. (2017). Penerapan Metode Bercerita Untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini Di Tk Satya Dharma Sudjana Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah. Uin Raden Intan Lampung.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Samin, S. M. (2018). دور غرس الثقة بالنفس لدى متعلمي اللغة العربية في نجاح تعليمهم. (الطموحات ) EL-THUMUHAT. https://doi.org/10.25299/elthumuhat.2018.vol1(2).2180

Samin, S. M. (2019a). Heutagogy Approach for the Teaching of Arabic Language in Islamic Education at Universitas Islam Riau. ALSINATUNA, 5(1), 20–29.

Samin, S. M. (2019b). Heutagogy in Arabic Class: How It Is Applied in The Islamic Education Study Program of Universitas Islam Riau. Journal of Arabic Linguistics and Education, 5(1), 20–29.

Samin, S. M. (2019c). Kemandirian Belajar Bagi Pembelajar Bahasa Arab Di Tingkat Perguruan Tinggi Di Era 4.0. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 613–618. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5630269

Samin, S. M., Akzam, I., & Supriady, H. (2022). Strategies of Arabic Students’ Self-Regulated Learning Improvement in Language Proficiency in The Disruption Era. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(2), 165–177. https://doi.org/10.15408/a.v9i2.22828

Samin, S. M., Pebrian, R., & Zulkifli, A. (2020). Heutagogy Approaches for Arabic Learning in Higher Education in Industrial Revolution 4.0. ICoSEEH 2019, 454–457. https://doi.org/10.5220/0009382304540457

Samin, S. M., Yunita, Y., & Akzam, I. (2021). Strategi Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Era Revolusi Industri 4.0. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 113–120.

Samin, S. M., Zulkifli, A., & Supriady, H. (2023). Concepts of Informal Arabic Language Environment for Higher Education. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 28–38.

Saputra, A. (2019). Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasantri Program Study Pendidikan Bahasa Arab Di Pon-Pes Madarijul ‘Ulum: Indonesia. Prosiding At Ta’dib Stit Pringsewu, 1(1).

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Syamaun, N. (2016). Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. لسـانـنـا (Lisanuna): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 343–359.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Syarif, M. U. (2021a). Pembelajaran Bahasa Arab Daring Berbasis Strategi Karrona Di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 14(2), 116–132. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i2.982

Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 1(1), 1–8.

Yunita, Y., & Pebrian, R. (2020). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 56–63.

Zakir, M. (2016). Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi). Serambi Tarbawi, 4(2).

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Yusri, S. A., & Muhammad Samin, S. (2024). Efektivitas Belajar Kelompok Terhadap Peningkatan Keterampilan berbicara bahasa Arab Bahasa Arab. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(1), 67–72. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).15852
Received 2024-01-10
Accepted 2024-04-29
Published 2024-04-30