Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 23 Ambon

Penulis

  • Aminah Rehalat Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14565

Kata Kunci:

Problematika, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan sosial

Abstrak

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa pendidiakan seorang manusia akan sulit menyesuaikan hidupnya dengan individu, kelompok individu maupun lingkungannya. Pendidikan mengajarkan kita untuk menjadi seorang individu yang berkarakter sesuai dengan potensi yang dimiliki. Pendidikan bukan hanya sekedar memberi pengetahuan dan mencerdaskan seseorang tetapi juga akan membangun karakter dalam menerapkan hal-hal yang benar dalam kehidupan kita. Selain itu pendidikan juga berfungsi sebagai investasi kita untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Hal yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana Problematika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang terjadi di SMP Negeri 23 Ambon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Problematika apa yang terjadi saat proses pembelajaran IPS di kelas. 2) Mengapa problematika terjadi saat pembelajaran IPS berlangsung. 3) Bagaimana guru dan siswa mengatasi problematika yang terjadi saat pembelajaran IPS di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yakni dengan mengumpulkan data dari guru dan siswa menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Guru masih menggunakan metode pembelajaran dengan ceramah. 2) Kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat kegiatan belajar mengajar IPS di kelas. 3) Ketidak kondusifan kelas menghambat kegiatan belajar mengajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, Lif Khoiru dan Amari, Sofan. 2017. Mengembangan Pembelajaran IPS TERPADU. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Bogdan & Biklen. 2017. Qualitative Research For Education: An Introdusction To Theories And Methods. Toronto: Alyn and Bacon

Creswell, J.W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desan riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Djamarah, Syaiful Bahri .Zain ,Aswan. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmansyah. 2019. Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran, SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA., Yogyakarta; Ar-Ruzz Media

Fitri. 2016. Pengertian IPS, Ruang Lingkup dan Tujuan. (online) (https://www.google.com/amp/s/fitri4950.wordpress.com/2016/01/15/pen gertian-ips-ruang-lingkup-dan-tujuan/amp/ ) diakses tanggal 1 Oktober 2023.

Hamalik, Oemar. 2017. Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ilyas, M. Syahid, A. 2018. Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia

Marzuki, Parwanti. 2015. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Permainan Pada Siswa Smpn 1 Bantarsari Cilacap. Jurnal Pendidikan IPS

Mulyono. 2016. Strategi Pembelajaran. Ambon: Univeristas Pattimura Press.

Muchith. 2017. Pembelajaran kon- tekstual. Semarang: RaSAIL Media Group.

Senji, P. 2018. “Problematika Pembelajaran IPS Terpadu Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Kurikulum 2013 Kelas VII MTs Sunan Kalijogo”, (Ambon: Universitas Pattimura)

Sulistyawati. 2017. Pentingkah IPS Diberikan Pada Siswa SD?. (online) (https://radarsemarang.com/2018/04/15/155687/pentingkah-ipsdiberikan-pada-siswa-sd/)

Sumiati, A. 2021. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Supriya. 2021. Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran.

Susilana, R. dan Riyana, C. 2016. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Suyono dan Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsito, B. 2019. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ambon: Surya Pena Gemilang.

Wahidmurni. 2018. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif; Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Ambon: Sulawesi Press.

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Rehalat, A. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 23 Ambon. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 139–144. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14565
Received 2023-10-13
Accepted 2023-10-23
Published 2023-10-30