Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII Di SMP Kartika Ambon

Penulis

  • Aminah Rehalat Universitas Pattimura Ambon
  • zuhria nurul 'ainy Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12404

Kata Kunci:

Keterampilan Bertanya Guru, Guru Ekonomi, Sekolah Menengah Pertama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan bertanya guru yang terdiri dari 2 bagian yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu keterampilan bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menyajikan data tiap variabel yang diteliti dan melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Observasi, Wawancara dan Dokumen. Observasi dan Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keterampilan bertanya guru sedangkan dokumen digunakan untuk mengumpulkan data mengenai gambaran umum lokasi penelitian. Proses pengambilan data yang dilakukan dengan menghubungkan kajian materi dengan penelitian lapangan, dimana penulis dibantu oleh 1 teman sejawat yaitu guru ekonomi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru ekonomi kelas VII_(1 ) pada SMP Kartika Ambon sudah melaksanakan ketrampilan bertanya dengan baik. Hal ini terlihat dari ke 2 indikator dan 8 sub indikator yang harus dikuasai oleh seorang guru yang mana indikator pertama yaitu keterampilan bertanya dasar berada pada kualifikasi baik dan indikator yang kedia yaitu keterampilan bertanya lanjut berada pada kualifikasi cukup baik. Dengan demikian, keterampilan bertanya guru pada lembaga pendidikan tersebut dikategorikan baik.

 

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Aminah Rehalat, Universitas Pattimura Ambon

 

 

 

zuhria nurul 'ainy, Universitas Pattimura Ambon

 

 

Referensi

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amiasih, Tri, Slamet Santosa, and Sri Dwiastuti. 2017. “Peningkatan Kemampuan Bertanya Dan Keaktifan Berkomunikasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Improvement of Student ’ s Asking Question Ability and Communication Activeness Through Inquiry.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 10: 7–11.

Bahasa, Jurnal, Analisis Kemampuan, Guru Menerapkan, Keterampilan Bertanya, Mata Pelajaran, I P S Pada, Siswa Kelas, et al. 2023. “Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Antar Baru 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala,” no. 2: 148–58.

Dewi Dyah Widyastuti. 2020. “KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR Dewi Dyah Widyastuti,” 76–77.

Fauziatun, Nurlaily, and M Misbah. 2020. “Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dengan Pendidikan Karakter.” Jurnal Kependidikan 8 (2): 142–65. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260.

Hamid, Abd. 2020. “Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran.” AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan 10 (Juni): 1–17.

Hansen, Seng. 2020. “Investigasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi.” Jurnal Teknik Sipil 27 (3): 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10.

Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi” 8 (1): 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Junaid, Ilham. 2016. “Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Pariwisata.” Nurnal Keprawisataan 10 (01): 65–66. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374.

Konsep, Strategi Peta. 2018. “SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Mukmin SD Negeri 58 Balai Makam Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis PEMDAHULUAN Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Terpusat Pada Guru Sampai Saat Ini Masih Menemukan Beberapa Kelemahan . Kelemahan Tersebut Dapat Dili” 7 (April): 149–58.

Kristiana, Dini, and A. Muhibbin. 2019. “Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaranmatematika Di SMP.” Manajemen Pendidikan 13 (2): 204–9. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7488.

Nilamsari, Natalina. 2014. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 13 (2): 177–81.

Nurmalasari, Yuli, and Rizki Erdiantoro. 2020. “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier.” Quanta 4 (1): 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Pratiwi, Dewi Ika, Nur Wandiyah Kamilasari, Dama Nuri, and Supeno. 2019. “Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember.” Pembelajaran Fisika 8 (4): 269–74.

Pratiwi, nuning. 2017. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.” Jurnal Ilmiah DInamika Sosial 1: 213–14.

Purwanto, Nfn. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik 6115: 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Taufik, Ramadhani, and Prodi Pendidikan Sosiologi. n.d. “Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pelajaran Sosiologi Di Kelas Xi Sma Islamiyah Pontianak,” no. 3: 1–12.

Yusra, Zhahara, Rufran Zulkarnain, and Sofino Sofino. 2021. “Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19.” Journal Of Lifelong Learning 4 (1): 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22.

Diterbitkan

2023-04-09

Cara Mengutip

Rehalat, A., & nurul 'ainy, zuhria. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII Di SMP Kartika Ambon. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 37–44. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12404
Received 2023-03-07
Accepted 2023-03-30
Published 2023-04-09