Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Rokok Elektrik (VAPE) Pada G VAPE Jember
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).12045Kata Kunci:
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Rokok Elektrik (Vape),Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal, faktor yang menjadi peluang dan ancaman eksternal, dan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada G Vape Jember. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah responden 25 orang, penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dengan pemeriksaan penggunaan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal pada G Vape Jember yaitu Lokasi G Vape yang strategis, Produk yang dijual berkualitas, Pelayanan toko yang ramah, Harga yang ditawarkan kepada konsumen terjangkau, Tersedianya member card untuk medapatkan gratis produk liquid jika pembelian sebanyak 10 kali. Sedangkan kelemahan pada G Vape yaitu: Variasi produk kurang lengkap, Kurangnya keamanan, Kurangnya karyawan. 2) faktor yang menjadi peluang dan ancaman eksternal pada G Vape Jember yaitu Trend Vape yang semakin berkembang, Meningkatkan gaya hidup konsumtif masyarakat, Teknologi yang semakin canggih. Sedangkan ancaman pada G Vape yaitu: Semakin banyak toko vape yang sejenis, Produk pesaing memiliki harga bersaing. 3) Strategi yang tepat untuk diterapkan G Vape Jember dalam memasarkan produknya berdasarkan teori analisis SWOT.
Unduhan
Referensi
Aipama, W. (2019). Analisis SWOT Pada PT. Media Pajak Indonesia (TAXMEDIA). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1.
Alma, B. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta.
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Bandung: Alfabeta.
Amstrong, Kottler., (1997), “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Jakarta, Erlangga.
Apri Budianto, 2015. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit Ombak
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Budiwati, Hesti. (2012). Implementasi Marketing Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung Di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA Vol. 2 No. 2
Esterberg, Kristin G. (2002). Qualitative Methods In Social Research. New York : Mc Graw Hill. Sebagaimana dikutip oleh Sugiyono dalam bukunya yang berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. CV. Alfabeta, Bandung 2013, hlm 231.
Fahmi, Syaifuddin. 2015. “Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT.Hapeel Pharmindo”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia. Volume 2.Nomor 3
Faitihudin . D & Anang . F. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta : CV Budi Utama
Fandy Tjiptono, 1996, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andi,.
Farida, Ida & Yogi November, Achmad Tarmizi, ”Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online”, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol.1, No.1, Juni 2016.
Freddy Rangkuti. 2018. ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hitt, Michael A, et al. (2001). Strategic management competitiveness and globalization, 4th ed., United States of America: Thomson Learning.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA
Kotler, Philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta : penerbit Erlangga.
Kotler dan Keller. (2012). Marketing Managemen. (edisi 14). Global edition: Pearson Education.
Longenecker, Justin G, Crlos W. Moore dan J. William Petty. 2001. Kewirausahaan : Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salemba Empat,.
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia
Rachmawati, R.(2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2
Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabeta
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabeta
Sukirno, Sadono, dkk, 2004, Pengantar Bisnis, Jakarta : Prenada Media
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2023-03-14
Published 2023-10-29