Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak

Penulis

  • Mayang Sari Ramadani Universitas Islam Riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).11319

Kata Kunci:

Pedgogic Competency, Learning Outcome, Biology Teacher

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar biologi  siswa kelas X SMAN 3 Tualang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, metode korelasional adalah salah satu yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sebagai strategi pengambilan sampelnya. Koefisien korelasi (rhitung) untuk analisis data yang memiliki tingkat signifikansi 5% adalah 0,69, menempatkan korelasi pada kelompok rendah dari hasil evaluasi hipotesis diperoleh thitung (9,78) > ttabel (1,97). Ini menunjukkan bahwa sementara Ho diterima, Ha tidak. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik (X) memberikan kontribusi positif sebesar 42% terhadap hasil belajar siswa (Y), sedangkan variabel atau faktor lain berikut juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa: 58% dari koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Terdapat hubungan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Biologi kelas X SMAN 3 Tualang  Kabupaten Siak  Tahun ajaran 2021/2022 dengan kategori tinggi sebesar 0,65”

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nurul Fauziah, Universitas Islam Riau

 

 

 

 

Referensi

Alfiana, Rahmawati. (2021). Analisis Kemampuan Pedagogik Guru dan Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 1 KARANGGEDE Tahun Pelajaran 2020/2021 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Salatiga.

Kardila, I., Aminuyati, & Genjik, B. (2015). Pengaruh kompetensi pedagogik guru

terhadap motivasi belajar siswa xi ips 4 mata pelajaran ekonomi. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–8.

Laras, Wati,. Moh., Masnun, dkk. 2021. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas V di MI PUI KodasarI KEC.Ligung KAB. Majalengkang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.Cirebon. Vol 02 (01) April , 2021 156-174.

Pundi ,Restu. Dkk. 2021. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 Karang Tengah. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro. Lampung. JBE 6 (3) (2021) 209-225.

Ridwan. 2011. Dasar-dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tauhidah, Bachtiar.(2020). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MTs Sultan Hasanuddin. https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/147-153/9696

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf

Yekti, Yunigsih. 2020. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi Meningkatkan Aktifitas Belajar Peserta didik Kelas XI di MA AN-NUR Karang Rejo Lampung utara. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Sari Ramadani, M., & Fauziah, N. (2023). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(2), 117–124. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).11319
Received 2022-12-15
Accepted 2023-03-14
Published 2023-10-30