Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Koordinasi
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(1).16462Keywords:
analisis, hots, sistem koordinasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Bangkinang Kota pada materi sistem koordinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 104 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bangkinang Kota pada materi sistem koordinasi pada indikator menganalisis (C4) mendapatkan rata-rata 67,92% pada kategori rendah, indikator mengevaluasi (C5) mendapatkan rata-rata 59,96% pada kategori sangat rendah, dan indikator mencipta (C6) mendapatkan rata-rata 63,79% pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bangkinang Kota pada materi sistem koordinasi berada pada kategori rendah dengan persentase 63,89%. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru agar guru terlatih untuk membuat soal HOTS, serta terbiasa memberikan soal HOTS kepada siswa dan bagi siswa agar terbiasa menyelesaikan soal HOTS sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Downloads
References
Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472
Anggraini, N. S., Hamidah, D., & Rahayu, D. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas Viii Di Smpn 1 Tanjunganom. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 79–86. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp79-86
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. In Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf
Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ipa Berorientasi Hots. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 170–180. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18675
Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Muf’idah, L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Jurnal Buana Pendidikan, 18(1), 49–60.
Hamidah, L. (2018). HIGHER ORDER THINKING SKILLS: Seni Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Irawati, T. N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Jurnal Gammath, 03(02), 1–7.
Isbandiyah, S., & Sanusi, A. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills).
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Mbayowo, R., & Pasaribu, M. (2021). Analisis Kemampuan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Bentuk Representasi Gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Morowali Utara. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(1), 96–103.
Miaz, Y. (2020). Paradigma Pembelajaran Terintegrasi HOTS, 4C Dan Technology: Suatu Keharusan Bagi Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 25.
Milenia, D., Resti, N. C., & Rahayu, D. S. (2022). Kemampuan Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Hots Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(2), 100–108.
Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21009/1.03201
Pasaribu, L., & Siregar, R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia Berbasis Hots ( Higher Order Thinking Skills ) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga Tahun Pembelajaran 2020/2021. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 120–132.
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Pusparini, F., & Mistiani, L. (2023). Profil Kemampuan HOTS Siswa SMP Plus Ma ’ arif NU Ciamis pada Pelajaran Biologi PENDAHULUAN Hasil studi Programme for International Student Assessment ( PISA ) 2018 yang dirilis oleh The Organisation for Economic Co-operation and Development ( OECD ) menu. Bioed:Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 150–160.
Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Jurnal.Stiq-Amuntai.Ac.Id, 4(1), 51–76.
Sari, R. R., Lufri, L., Selaras, G. H., & Darussyamsu, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas Xi Sma Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 91–101. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i2.4649
Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Melalui Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2591
Sujudi, M. S., Idris, T., S, S., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9023
Sukmawati, A., Haris, H., & Mustari. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum & Pengajaran, XIV, 157–169.
Wardany, K., & Anjarwati, S. (2020). Kelayakan Penilaian Higher Order Thinking Skills pada Materi Lingkungan. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 226–237.
Weni, A., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 408–413. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.622
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–141. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Yusuf, A. M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Mawaddah, Nurul Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-04-24
Published 2024-04-30