The Implementation Management of Inclusive Education Programs at SDN 002 Pulau Palas, Tembilahan Hulu, Indragiri Hilir Regency
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10596Kata Kunci:
Manajemen Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Siswa Berkebutuhan KhususAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di SD Negeri 002 Pulau Palas, meliputi: 1) Perencanaan pendidikan, 2). Pelaksanaan pendidikan, 3). Evaluasi pendidikan, 4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) di SD Negeri 002 Pulau Palas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 002 Pulau Palas. Subjek penelitian ini meliputi: 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas, 1 guru pendamping khusus, dan 1 orang tua murid. Pada Bulan Agustus 2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Setelah data terkumpul kemudian peneliti menganalisisnya secara kualitatif. Hasil penelitian manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri 002 Pulau Palas yang saat ini sudah berjalan sesuai dengan peraturan dengan perencanaan pada kurikulum yang berisi visi misi SD Negeri 002 Pulau Palas. Penggunakan kurikulum K13 dengan memodifikasi RPP, materi, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran pada rombongan belajar yang ada PDBK sesuai dengan ketunaannya. PDBK yang ada di SDN 002 Pulau Palas 2022 ada 24 siswa dengan rincian ketunaan Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 002 Pulau Palas adalah sekolah masih melaksanakan program pendidikan inklusi, terdapat siswa berkebutuhan khusus di sekolah, bantuan dana dari pemerintah pusat, guru-guru konsisten melaksanakan tugas dan fungsinya, tersedia media belajar yang memadai, komunikasi dengan orang tua cukup baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya guru pembimbing khusus, guru belum pernah mengikuti pelatihan, masih ada orang tua kurang peduli terhadap program pendidikan inklusi, dan media belajar yang masih kurang.
Unduhan
Referensi
Tamela, B., Bungai, J., & Kartika, W. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Environment and Management, 1(2), 134–142.
Trimo. (2012). MANAJEMEN SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF: KAJIAN APLIKATIF PENTINGNYA MENGHARGAI KEBERAGAMAN BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. JMP, 1(2), 224–239.
Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIV(2), 368–378.
Alimin, Z., (2005). Memahami Pendidikan Inklusif dan Anak Berkebutuhan Khusus, Makalah diterbitkan, Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Bafadal, I. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, PLB, (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
Hasbullah. (2007). Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. http://rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=18636&tit=Berita%20Utama
%20-%20%20Sekolah%20Inklusi%20Pilihan%20Tepat
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Barbais 1ekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Makawimbang, Jerry H., (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfa Beta
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 70. (2009). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi.
Qanun Aceh Nomor 5, (2008). Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Banda Aceh.
Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers.
Satori, D. dan Aan Komariah. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenada Media Group, 2012.
Smith, J. D, (2009). Inklusi: Sekolah Ramah Untuk Semua, Bandung: Nuasa, 2009. Soejipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, www. hukumonline.com, 2003.
Usman Husaini, (2009). Manajemen Teori Praktik dun Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
www.serambinews.com/.../sd-inklusi-tolak-terima-anak-berkebutuhan-khusus diakses tanggal 23/05/2009
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2022-10-10
Published 2022-10-11