The Implementation Management of Inclusive Education Programs at SDN 002 Pulau Palas, Tembilahan Hulu, Indragiri Hilir Regency

Penulis

  • Linda Melia Pasca Sarjana Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10596

Kata Kunci:

Manajemen Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  menganalisis  implementasi Manajemen  Pendidikan Inklusi di SD Negeri 002 Pulau Palas, meliputi: 1) Perencanaan pendidikan,  2). Pelaksanaan pendidikan, 3). Evaluasi pendidikan,  4) Faktor-faktor  pendukung dan penghambat manajemen pendidikan  peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) di SD Negeri 002 Pulau Palas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 002 Pulau Palas. Subjek penelitian ini meliputi: 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas, 1 guru pendamping khusus, dan 1 orang tua murid. Pada Bulan Agustus 2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Setelah data terkumpul kemudian peneliti menganalisisnya secara kualitatif. Hasil penelitian manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri 002 Pulau Palas yang saat ini sudah berjalan sesuai dengan peraturan dengan perencanaan pada kurikulum yang berisi visi misi SD Negeri 002 Pulau Palas. Penggunakan kurikulum K13 dengan memodifikasi RPP, materi, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran pada rombongan belajar yang ada PDBK sesuai dengan ketunaannya. PDBK yang ada di SDN 002 Pulau Palas 2022 ada 24 siswa dengan rincian ketunaan Faktor   pendukung   pelaksanaan   pendidikan   anak berkebutuhan  khusus  di  SD Negeri 002 Pulau Palas  adalah  sekolah  masih melaksanakan program pendidikan inklusi, terdapat siswa berkebutuhan khusus di sekolah,  bantuan  dana  dari  pemerintah  pusat,  guru-guru  konsisten  melaksanakan tugas  dan  fungsinya,  tersedia  media  belajar  yang  memadai,  komunikasi  dengan orang  tua  cukup  baik.  Sedangkan  faktor  penghambatnya  adalah  kurangnya  guru pembimbing khusus, guru belum pernah mengikuti pelatihan, masih ada orang tua kurang  peduli  terhadap  program  pendidikan  inklusi,  dan media  belajar  yang  masih kurang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Lestari, F. D. P. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusif Di Sekolah Menengah Pertama [Management of Inclusive Education in Junior High Schools]. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(4), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/20536/18825
Tamela, B., Bungai, J., & Kartika, W. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Environment and Management, 1(2), 134–142.
Trimo. (2012). MANAJEMEN SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF: KAJIAN APLIKATIF PENTINGNYA MENGHARGAI KEBERAGAMAN BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. JMP, 1(2), 224–239.
Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIV(2), 368–378.
Alimin, Z., (2005). Memahami Pendidikan Inklusif dan Anak Berkebutuhan Khusus, Makalah diterbitkan, Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Bafadal, I. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, PLB, (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
Hasbullah. (2007). Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. http://rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=18636&tit=Berita%20Utama
%20-%20%20Sekolah%20Inklusi%20Pilihan%20Tepat
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Barbais 1ekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Makawimbang, Jerry H., (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfa Beta
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 70. (2009). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi.
Qanun Aceh Nomor 5, (2008). Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Banda Aceh.
Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers.
Satori, D. dan Aan Komariah. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenada Media Group, 2012.
Smith, J. D, (2009). Inklusi: Sekolah Ramah Untuk Semua, Bandung: Nuasa, 2009. Soejipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, www. hukumonline.com, 2003.
Usman Husaini, (2009). Manajemen Teori Praktik dun Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
www.serambinews.com/.../sd-inklusi-tolak-terima-anak-berkebutuhan-khusus diakses tanggal 23/05/2009

Diterbitkan

2022-10-11

Cara Mengutip

Melia, L. (2022). The Implementation Management of Inclusive Education Programs at SDN 002 Pulau Palas, Tembilahan Hulu, Indragiri Hilir Regency. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 70–80. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10596
Received 2022-09-27
Accepted 2022-10-10
Published 2022-10-11