Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas Pada SMP Muhammadiyah Ambon
DOI:
https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10592Kata Kunci:
Latar belakang pendidikan, proses pembelajaran, SMP MuhammadiyahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap proses pembelajaran di kelas pada SMP Muhammadiyah Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas control untuk pembandingnya. Hasil yang ditemui adalah, berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap proses pembelajaran di kelas pada SMP Muhammadiyah Ambon studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari Dari data perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan guru yang sudah menempuh sarjana . Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ekonomi pada siswa
Unduhan
Referensi
Akmal, Nurul. 2017. ‘PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENCERNAAN Nurul Akmal’. 1: 280–84.
Haryanti, Tri. 2012. ‘Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Inpres 5 Birobuli’. Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa kelas V SDN Inpres 5 Birobuli 4(7): 247–56.
Jakaria, Yaya. 2014. ‘Analysis of Appropriateness and Suitability of Primary School Teachers’ Educational Background and Their Taught-Subject-Matter’. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20(4): 499–514.
Junaedi, Ifan. 2019. ‘Proses Pembelajaran Yang Efektif’. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 3(2): 19–25.
Kamsinah, Kamsinah. 2008. ‘Metode Dalam Proses Pembelajaran: Studi Tentang Ragam Dan Implementasinya’. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 11(1): 101–14.
Malisa, Shella, Iriani Bakti, and Rilia Iriani. 2018. ‘Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa’. Vidya Karya 33(1): 1.
Mutakin, Tatan Zaenal. 2015. ‘Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru’. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2): 145–56.
Ntt, Kabupaten Manggarai. 2003. ‘TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ( Studi Kausal Terhadap Guru TK Se-Kecamatan Langke Rembong’. : 16–24.
Padangsidimpuan, Iain. 2017. ‘BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang’. 03(2): 333–52.
Satuan, Pada, Pendidikan Mi, S D Dan, and Mts Smp. 2009. ‘PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU PADA SATUAN PENDIDIKAN MI/SD DAN MTs/SMP Wahidmurni Staf Pengajar Pada Program Pasca Sarjana UIN Malang’. II(1).
Septiarti, Kiki, Wanto Rivaie, and Gusti Budjang. ‘PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SOSIOLOGI’. : 1–8.
الشعراني, إياد فؤاد, and غسان جميل الوزير. 2006. ‘No Titleالتعويضات المتحركة الكاملة و التعويضات الفكية الوجهية’. منشورات جامعة دمشق 1999(December): 1–6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Accepted 2022-10-10
Published 2022-10-11