Analisis Kebijakan Program Ekstrakurikuler Pramuka Pada Kurikulum Merdeka terhadap Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMPN 4 Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir

Penulis

  • Dedi Surahman Pasca Sarjana Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10509

Kata Kunci:

Ekstrakurikuler, Pramuka, Kurikulum Merdeka, Sikap, Cinta Tanah Air

Abstrak

Riset ini bertujuan guna menganalisa kebijakan program ekstrakurikuler pramuka terhadap perilaku cinta tanah air siswa di SMPN 4 Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini merupakan pendekatan kualitatif dengan tipe riset desktriptif. Subjek dalam riset ini siswa/i Kelas VII serta Kelas VIII, satu orang Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, satu orang Pembina OSIS, dan dua orang pembina pramuka. Metode pengumpulan informasi memakai metode observasi serta wawancara yang setelah itu dianalisis dengan sesi reduksi informasi, Penyajian Informasi, serta penarikan kesimpulan. Hasil riset membuktikan jika aktivitas ekstrakurikuler kepramukaan dalam meningkatkan perilaku cinta tanah air terdapat 3 aktivitas berbentuk aktivitas bergotong royong, berkemah, dan bertualang. Dalam aktivitas bergotong royong siswa diajarkan guna bertabiat sama- sama menolong sahabat guna bersama- sama mensterilkan kawasan, sebaliknya dalam aktivitas berkemah siswa diharuskan memelihara kebersihan dikala melaksanakan aktivitas perkemahan, dan dalam aktivitas bertualang siswa diharuskan guna senantiasa memelihara alam supaya tidak rusak. Bisa disimpulkan jika dengan melakukan pembiasaan guna memelihara kawasan sekeliling ataupun kawasan alam supaya senantiasa bersih dalam aktivitas bergotong royong, aktivitas berkemah serta aktivitas bertualang perilaku yang didapat oleh siswa menggambarkan perilaku cinta tanah air terhadap kawasan yang ada. Supaya siswa bisa mengoptimalkan perilaku cinta tanah air hendaknya siswa dibantu oleh pembina pramuka guna melatih diri dalam aktivitas kepramukaan sehingga aktivitas yang dilaksanakan membawa imbas positif untuk siswa paling utama dalam mengembangkan perilaku cinta tanah air.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kemendikbud. (2003, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN TENTANG NASIONAL, SISTEM PENDIDIKAN.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i1.17467

Bahtiar, R. S. (2018). Pengembangan Kepramukaan. In Penerbit UWKS PRESS (Vol. 185, Issue 1).

Erwanti, N. (2011). Mengembangkan Rasa Cinta Kepada Tanah Air Dan Bangsa (Issue November 2011). Https://Www.Researchgate.Net/Publication/277195002_MENGEMBANGKAN_RASA_CINTA_KEPADA_TANAH_AIR_DAN_BANGSA

Hartika, D. (2016). PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DI SEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 8, 274–282.

Lutfiatuzzahroh, L. (2018). Peran Kegiatan Kepramukaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Kota Bogor [UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA]. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/43170

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 1 (2014).

Negara, K. S. (2019). UU RI Nomor 63 Tahun 2014. Permendikbud No 63 Tahun 2014, 53(9), 1689–1699. Www.Journal.Uta45jakarta.Ac.Id

Noor Yanti, Rabiatul Adawiah, H. M. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM RANGKA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA UNTUK MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK DI SMA KORPRI BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. Http://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/PSNPD/Article/View/1069

Priyoutomo, S. D. (2016). Penanaman Sikap Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Dabin 5 UPTD Pendidikan Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobongan. July, 1–23.

Rahmawati, D. P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Penguatan Karakter Disiplin Dan Mandiri Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Tambirejo. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramadhan, G. (2012). Implementasi Rasa Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Kesiswaan Di Sevilla International School (Studi Kualitatif Kegiatan Kesiswaan Di Sevilla International School) [Universitas Negeri Jakarta,]. Http://Repository.Unj.Ac.Id/1837/1/Skripsi Lengkap Full Pdf-Dikompresi.Pdf

Ratri, L. R. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Ekstrakulikuler Musik Keroncong Di SMA Negeri 2 Purworejo. Universitas Negeri Semarang.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Saputra, A. O. (2018). MEMBANGUN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 2 TERASAN. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Setiawan, M. F. (2013). Peran Pramuka Dalam Menananmkan Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi Fakultasilmu Tarbiah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1–50.

Sho’im, A. N., & Ihyani., L. (2014). HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN JIWA NASIONALISME SISWA KELAS IV DAN V SDN BANYUBIRU 01 KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Waspada UNDARIS, 84–96.

Suti. (2017). PENANAMAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA ’ ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN).

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

Upik Isriyanah. (2007). Kegiatan Kepramukaan Sebagai Sarana Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Smp N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. In Skripsi. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Utami, M. F. L. B. (2018). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dan Kebhinekaan Melaui Lomba Kebersihan Dan Keindahan Kelas Dengan Tema Adat Nusantara. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(4), 462. Https://Doi.Org/10.28926/Riset_Konseptual.V2i4.89

Widan, R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Di SD Negeri Menayu 1 (Penelitian Pada Kelas III Dan V, Di Sekolah Dasar Negeri Menayu I … (Vol. 1) [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG]. Http://Eprintslib.Ummgl.Ac.Id/1627/

Widayani, N. E. (2016). Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Di SD Negeri Sedayu 1 Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 313–323.

Yahdi, A. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SMP N 23 BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG.

Diterbitkan

2022-09-18

Cara Mengutip

Surahman, D. (2022). Analisis Kebijakan Program Ekstrakurikuler Pramuka Pada Kurikulum Merdeka terhadap Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMPN 4 Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 8–16. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10509
Received 2022-09-12
Accepted 2022-09-16
Published 2022-09-18